Skip to main content

Lime Chicken

Lime-chicken

Masak lagiii. Akhir-akhir ini sering masak yang bisa didokumentasikan. Alhamdulillaah. Berarti makin longgar ya, ga terlalu rempong lagi di dapur. Tapi tetap saja yang dimasak yang simpel-simpel, hehehe... Kali ini masak Lime Chicken.

Masakan ini terinspirasi dari Original Orange Chicken-nya Jimmy Wang dari Panda Express yang saya intip di Pinterest. Iya...belakangan ini suka dengan Pinterest. Boleh dong main ke akun saya id.pinterest.com/diahdwiarti  hehehe...

Masak yang ini juga yuk: Mee N Cheese Panggang

Orange Chicken kenapa jadi Lime Chicken? Soalnya adanya jeruk nipis di dapur, hehe... Kalau lihat videonya sih bahan yang dipakai banyak, tapi saya sesuaikan aja dengan lidah. Pingin sih masak yang betul-betul sesuai resep, tapi kalau rasanya 'asing' bisa berabe karena bukan cuma saya yang makan. Terus kalau pada ga doyan, terpaksa masak yang lain atau beli di warung. Enggak ah...lagian kalau udah susah-susah masak terus ga laku itu rasanya syediiih banget. Iya ga??

Oke, langsung aja ya...yuk.

Bahan ayam goreng:
1/2 kg daging ayam dipotong kecil-kecil
Maizena
Terigu
Air secukupnya
Garam
Merica bubuk
Minyak untuk menggoreng

Lime-chicken


Bahan saus:
1 sdm minyak untuk menumis
1 siung bawang putih diparut
1 ruas jahe diparut
1 sdm kecap manis
1 sdt air jeruk nipis
Garam
Merica bubuk
1 sdm maizena dilarutkan dalam 1 sdm air
Air secukupnya

Masak yang ini juga yuk: Pizza Magic Com

Cara membuat:
Campur garam, merica bubuk ke dalam mangkuk.
Tambahkan maizena dan terigu (terigu lebih banyak daripada maizena).
Tambahkan air secukupnya sambil diaduk rata.
Masukkan ayam, aduk sampai semua potongan tercelup.
Diamkan sejenak. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan. Sisihkan.



Saus:
Tumis parutan bawang putih dan jahe hingga harum.
Tambahkan kecap dan air secukupnya. Aduk-aduk.
Tambahkan air jeruk nipis. Aduk. Saring hingga tak ada ampasnya.
Tambahkan garam dan merica. Cicipi.
Tambahkan larutan maizena. Aduk-aduk hingga matang mengental. Matikan api.
Sajikan.

Lime-chicken



Penyajiannya di versi asli dicampur jadi satu, sedangkan versi saya dipisah. Biar bisa dicocol-cocol hahaha...

Di resep aslinya juga ada cuka tapi ga saya pakai karena jeruk nipis udah kecut. Resep aslinya bisa diintip di sini yaaa...

Jadi...ini ayam goreng tepung pakai saus? Iya...tapi jangan salah lho, sausnya mengejutkan dan lezat. Ga percaya? Cobain yuk bikin Lime Chicken ini terus ceritain hasilnya di sini. Yuk, yuk!


Comments

  1. Save dulu ah resepnya, nanti aja praktek kalau mood bikin masakan, hahaha.

    ReplyDelete
  2. Bikin chicken ditambah jeruk nipis pasti lebih gurih ya

    ReplyDelete
  3. nah pingin coba, cuma takut ga sama. tapi coba aja dulu kali ya

    ReplyDelete
  4. Sausnya kecut2 gurih. Kalo dikasih irisan cabe/paprika gitu..enak ga ya mba?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.

Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo.

Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP."

Naluri saya bekerja, apa maksudnya 'mengunci'? Ternyata betul dugaan saya, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.

Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.

Pernah si Ayah usul supaya si Mas diberi HP saja biar tidak mengusili HP orang tuanya, tapi saya tolak. Begini saja sudah bikin yang aneh-aneh, apalagi kalau punya sendiri. Lagipula bahayanya sangat besar kalau anak yang umurnya saja belum ada 7 tahun sudah punya HP sendiri.

Baca jug…