KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Perubahan Pada Bayi 7 Bulan Yang Kadang Bikin Kecewa

Bayi-7-bulan

Bayi 7 bulan sudah lulus dari masa nangis-nenen-nangis-nenen doang. Sebagian bayi di usia 7 bulan sudah bisa bikin dag-dig-dug orang tuanya karena saking aktifnya. Tapi perubahan pada bayi 7 bulan itu kadang bikin kecewa lho. Ah, masak sih? Kecewa gimana? Coba kita perhatikan yuk.

Perubahan Pada Bayi 7 Bulan Yang Kadang Bikin Kecewa Itu Karena Ga Lagi Gendut

Iyaaa...sering banget saya menghadapi pernyataan kecewa yang kadang disusul pertanyaan dan kadang juga sindiran yang ga perlu dimasukkan ke hati.

"Kok kurusan sekarang sih?"

Ada juga yang berkomentar to the point, "Ilang gendutnya, ya."

Sekali lagi, jangan dimasukkan ke hati, ya, komentar-komentar itu.

Bayi 7 bulan bisa mendadak kehilangan 'pesonanya' karena pipinya ga sechubby sebelumnya. Harap maklum ya, bayi 7 bulan itu rata-rata sudah bisa merangkak. Sudah banyak polahnya. Ke mana-mana sudah bisa ngikut. Jadi wajar kalau badannya menyusut.


Asal bobotnya masih masuk wilayah aman di grafik KMS, ga usah galau, berarti masih sehat. Meski, iya sih, ada target penambahan bobot minimal yang harus dicapai per bulannya.

Badan yang kelihatan susut itu juga bisa karena bayi 7 bulan sudah makan MPASI. Nah, yang namanya makan itu gampang-gampang susah. Kalau bayi berselera makan, ga masalah. Kalau bayi susah makan, ya itulah yang bikin masalah. Ibu-ibu pasti paling pusing kalau ini yang terjadi.

Jadi, rasanya ga perlu kecewa kalau ketemu keponakan atau cucu yang mendadak kelihatan kecil badannya setelah umur 7 bulan. Asal masih wajar bobotnya, ga masalah. Lagipula, ketrampilannya bergerak makin canggih kan? 

Perubahan Pada Bayi 7 Bulan Yang Kadang Bikin Kecewa Itu Karena Takut Sama Orang Baru

Ini iya banget deh. Kadang ada bayi yang begitu paham siapa saja orang dekatnya. Jadi, begitu digendong orang yang asing baginya, dia langsung nangis. Ga usah digendong deh, ada juga lho bayi yang baru lihat muka orang baru aja langsung nangis.

Baca juga: Mitos-Mitos Soal Merawat Bayi

Maksud hati merasa gemes sama si bayi, kita dekati deh dia, eh...malah nangis kejer. Jadi kecewa dong kalau gini. Siapa yang pernah ngalamin? Hahaha...

Bayi 7 bulan itu ga terlalu peduli apakah orang yang asing baginya itu kerabatnya atau bukan. Pokoknya yang belum tersimpan di memorinya, ditandai bahaya. Konon, ini adalah salah satu mekanisme alamiah bayi menghindarkan diri dari dibawa orang tak dikenal. Ini juga bukan hal yang harus dicegah. Perasaan tidak nyaman si bayi kepada orang asing itu malah harus dihargai supaya kelak ketika besar dia bisa memilih siapa saja yang boleh dekat dengan dirinya.
Tak perlu kecewa, ya, kalau kita yang masih kerabat si bayi tapi dianggap orang asing. Ya mungkin memang kita jarang ketemu si bayi.  Maklumi sajalah. Kita juga ga mau kan tiba-tiba dipeluk-peluk sama orang yang ga kita kenal, meskipun ternyata itu masih ada hubungan darah sama kita.

Punya bayi memang penuh tantangan. Ya namanya juga membesarkan sesosok manusia ya. Manusia itu makhluk yang sangat kompleks, yang paling bagus bentuknya. Maka Maha Sempurnalah Dia yang Menciptakan manusia, ya.

Perubahan pada bayi 7 bulan adalah sesuatu yang wajar terjadi. Seiring bertambahnya usianya makin banyak pula perubahan yang terjadi. Teman-teman juga punya cerita tentang perubahan pada bayi 7 bulan? Bikin senang, kecewa atau campur aduk? Cerita dong, cerita. Yuk, yuk!

Related Posts

7 komentar

  1. Emang anak kalau tambah gede kadang ga gimbul lagi, suka resah juga sih biasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Trus buntutnya mbandingin sama anak lain. Haha...kasihan si bocah.

      Hapus
  2. Seneng karena tambah gede dan pinter kalau diajak bercanda, hehe. Tapi kalau perubahan fisik emang kadang suka bikin kecewa, tapi gpp lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Gpp ya. Kan emang harus tambah besar n trampil.

      Hapus
  3. Iya Mbak, emang wajar aja kalau tambah gede kadang suka berubah fisiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak. Sudah sewajarnya ya.

      Hapus
    2. Bener banget mbak. Sudah sewajarnya ya.

      Hapus

Posting Komentar