KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Perlengkapan Yang Perlu Distok Saat Anak Masuk SD

Anak-sd


Tahun Ajaran baru sudah mulai menampakkan ujung hidungnya. Bulan Juli ini, selepas Lebaran, anak sekolah akan memulai petualangan baru mereka. Orang tua pun harus bersiap agar seirama dengan sang buah hati.

Nah, bagi yang akan naik ke jenjang Sekolah Dasar ada baiknya melakukan persiapan lebih. Ada barang-barang penting tapi sering terlupakan yang bisa menjadi penghambat kelancaran bersekolah.

Jadi, yuk buat daftar perlengkapan yang perlu distok saat anak masuk SD bareng saya. Apa saja? Ini dia:

Pensil

Alat tulis satu ini sungguh penting. Tak bawa pensil ke sekolah pertanda kurangnya niat. Yang sering jadi masalah, ada sebagian anak yang belum terbiasa merawat milik pribadinya. Walhasil tiap hari selalu ada kejadian kehilangan pensil.

Pensil ini bisa distok. Beli beberapa sekaligus. Ada banyak model. Bisa dipilih. Ada pensil model klasik yang diraut, ada yang mekanik dengan isian tipis, pensil mekanik dengan isian tebal, pensil dengan ujung yang bisa diganti-ganti dan tak perlu diraut (saya nggak tahu istilahnya pensil apa ini).

Kalau pensil klasik, saran saya pilih yang harganya cukupan. Anak SD pakai 2B sudah cukup saya kira. Boleh juga nyetok pensil yang sewarna supaya anak hapal. Bisa juga bagian atas pensil dikupas sedikit lalu diberi nama agar tidak tertukar.

Baca juga: Jika Ingin Anak Sekolah Di SD Full Day

Untuk pensil mekanik, pastikan juga untuk nyetok isiannya. Bawakan secukupnya ke anak. Jangan dibawakan satu wadah. Karena biasanya ada anak-anak yang begitu dermawan membagi-bagikannya kepada teman-temannya. 😆😆😆

Bagus sih, tapi kalau tiap hari? Pusing juga kan?

Bisa juga pilih pensil yang imut dan lucu kayak koleksinya Carin Stationery ini.



Karet Penghapus


Anak-sd


Ini soul-matenya pensil. Wajib ada. Seperti halnya pensil, ada banyak model karet penghapus. Pilih yang sedang saja, tidak usah yang terlalu mahal, kecuali saat anak sudah benar-benar bisa menjaganya.

Ada trik khusus agar ngirit. Saya biasa beli penghapus yang kotak, bukan yang bentuk karakter tokoh. Lebih murah. Tinggal pilih warna saja.

Kalau perlu potong penghapus yang lumayan panjang jadi dua. Satu dibawa ke sekolah, satu disimpan.

Saya juga biasa beli barang yang ada bonus karet penghapusnya. Kebetulan shamponya anak-anak suka kasih bonus penghapus berbentuk irisan buah. Lumayan kan.😄

Baca juga: Pendidikan Anak Usia Dini Yang Ideal

Benang

Selalu ada kejadian seragam sobek atau jahitannya lepas. Nah, untuk urusan sobek kecil ada baiknya diatasi sendiri, tidak usah minta bantuan tukang jahit. Untuk itu saya menyiapkan stok benang berbagai warna sesuai warna seragam yang dimiliki.


Anak-sd


Ada merah seragam nasional, putih, coklat Pramuka atas dan bawah, hitam serta merah yang sesuai dengan seragam batik.

Kancing dan Pengait


Anak-sd


Peristiwa kancing terlepas lalu hilang biasanya selalu ada. Siapkan stok kancing sesuai warna dan ukuran kancing seragam. Begitu juga dengan pengait. Siapkan beberapa pasang pengait untuk jaga-jaga.

Kaus Kaki


Anak-sd


Aneh tapi nyata. Sebaiknya kaos kaki dimasukkan dalam daftar stok. Kenapa? Karena biasanya masalah yang timbul adalah kaus kaki hilang satu. 😑😑

Terutama bagi yang bersekolah di sekolah terpadu, karena umumnya ada acara buka sepatu di kelas. Kalau sudah hilang satu sisi, tentu saja tak bisa dipakai lagi.

Selain hilang, umur kaos kaki biasanya cepat habis karena berlubang. Ya maklumlah, namanya anak-anak. Gerakan aktif mereka membantu kaus kaki cepat aus.

Baca juga: Anak Masuk SD Seharusnya Sudah Bisa Ini

#

Nah, sambil nyetok, orang tua juga tetap mengedukasi anak agar mampu mengenali dan menjaga barang miliknya. Itulah perlengkapan yang perlu distok saat anak masuk SD. Ada yang mau nambahin? Monggo, boleh komentar di sini. Yuk, yuk!

Related Posts

3 komentar

  1. Lihat kancing dan pengait, jadi ingat, dua benda ini boros banget waktu sekolah dulu hihihi .. soalnya termasuk anak yg lasak, bajunya sering sobek :))

    BalasHapus
  2. sebanyak apapun pensil dan penghapus, pasti cepet abisnya karena tiap hari pasti ilang hiks

    BalasHapus
  3. Iyo mbak. Pensil itu dulu aku pke yang klasik, 2B...boros bgt! Klo nggak ilang...dapetnya barang palsu. Di raut..patah...begitu sampe habis. Setelah nemu track pen ( mekanik)...lmyn irit. Aku nggak nyetok mb, cuma 2...soale klo sistem stok, bnyak sekaligus...anakku merasa aman klo ilang, ketinggalan, dsb. Strategiku...klo ketinggalan, tak suruh nyari dulu paginya. Klo ilang krn keteledoran...berlaku mekanisme potong uang jajan mbak..

    BalasHapus

Posting Komentar