KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Mengeringkan Cucian Tanpa Mesin Pengering Dalam Semalam

Punya pakaian yang harus sudah kering keesokan hari? Tak punya mesin pengering? Tenang. Saya punya cara mengeringkan cucian tanpa mesin pengering dalam semalam! Gimana caranya?

Masalah cucian yang harus kering dalam semalam biasa dialami orang yang harus berseragam. Katakanlah pelajar. Seragam hari ini harus dipakai lagi esok hari mengacu pada jadwal penggunaan seragam yang menuruti pola A-A-B-B-C-C. Contohnya di hari Senin pakai baju putih-merah; Selasa putih-merah lagi. Rabu pakai baju batik, Kamis batiknya dipakai lagi. Jumat pakai seragam Pramuka, Sabtunya Pramuka lagi. Saya sendiri heran kenapa tidak pakai rumus A-B-C-A-B-C saja, ya?

Ada yang bisa bantu menjawab?

Yang jadi problem adalah ketika di hari Senin, misalnya, seragam menjadi sangat kotor atau basah kehujanan. Selasa pakai apa dong? Mana seragam itu ya cuma satu-satunya. Gimana dong? Ya dicuci. Kering nggak? Nah, ini triknya:

Cuci pakaian seperti biasa.

Peras semaksimal mungkin. Kalau orang Jawa bilang sampai 'apuh' alias air tidak menetes lagi.

Kibas-kibaskan sekuat mungkin 20 kali. Kain cenderung lebih terbebas dari air, namun bergantung kondisi kainnya.

Gantung pakaian tadi beberapa saat sampai benar-benar tak ada air menetes. Pakai gantungan model hanger lebih bagus daripada digantung dengan cara disampirkan sebab air lebih cepat turun tanpa terhalang.

Setelah beberapa saat, remas ujung pakaian. Jika sudah tidak ada air keluar, ambil dan siap disetrika.

Setrika dengan panas secukupnya (lihat petunjuk di setrika). Letakkan setrika beberapa detik sampai terlihat uap air. Angkat setrika. Jika bagian yang disetrika sudah mengering pindah ke bagian lain.

Beri perhatian khusus pada daerah yang lebih sulit kering seperti bagian pinggang. Tak perlu memaksakan sampai kering di tiap ujungnya, yang penting secara umum sudah kering. Bisa-bisa habis banyak listrik untuk nyetrika.

Selesai? Belum. Gantung lagi pakaiannya selama semalam agar kering secara lebih alami dan tidak berbau. Gantung di tempat yang kering, ya. Di dalam rumah, misalnya.

Keesokan harinya, bangunlah lebih pagi untuk menyetrikanya sekali lagi. Sudah. Pakaian bersih dan kering siap dikenakan lagi.

Begitulah, para ibu yang punya anak sekolah atau para pelajar yang mandiri, cara mengeringkan cucian tanpa mesin pengering dalam semalam. Tak ada hasil tanpa pengorbanan. Luangkan waktu dan tenaga untuk melakukannya.

Oh iya, tips ini hanya berlaku untuk satu-dua pakaian, ya. Kalau perlu mengeringkan cucian selemari dalam semalam, sila minta bantuan penyedia jasa laundry terdekat. Sekian. Semoga bermanfaat.

Related Posts

9 komentar

  1. saya sering melakukan hal seperti yang tertulis di atas Mbak, tapi jangan terlalu sering seperti itu nanti cuciannya cepat pudar warnanya..

    BalasHapus
  2. Ha..ha, klo yang ini saat situasi bnr2 kepepet mbak.. Pernah gara2 sragam anak nggak sengaja kecuci, pdhl pagi mo dipake. Ato jaman punya bayi...hujan sepanjang hari. Tapi ada efek buruknya mbak...lapisan bawah setrika cepet rusak * atau krn setrikaku murah, entahlah. Tapi lebih aman sistem kipas angin, atau lampu ruangan yang lebih terang...

    BalasHapus
  3. ini cara yang diajarkan mama juga di rumah. kalau kepepet pakaiannya nggak kering hehe. cara ampuh.

    BalasHapus
  4. Kalau saya mending di simpan di atas api kompor jadi cepat deh keringnya.

    BalasHapus
  5. siiip mantaabz !
    cara tsb ampuh sudah saya praktekkan.
    wanita gak ada matinya ide kreatipnyaaa ...

    BalasHapus
  6. Pernah aku Mbak hehehe
    Tapi kalo jaman SMP dulu, yg paling dilakukan bukan ke baju tapi sepatu. Sepatunya kets trus Minggu dicuci eh ga kering. Ya udah, Minggu malem nongkrongi kompor manggang sepatu hahaha

    BalasHapus
  7. Kalo pas mepet waktunya, kadang saya pakai cara ini. Tapi hasilnya agak ada bau ya, apa langkah2nya yg kurang pas ya?!

    BalasHapus
  8. aku pake hair dryer mengeringkannya, kalo kepepet pas kaos kaki atau baju seragam anak-anak belum kering padahal mau dipake sekolah *gara2 pengering mesin cuci rusak, jadilah cuci pake tangan. Keringnya lamaaa.

    BalasHapus
  9. wah iya, sy jg pernah. celana seragam lupa dicuci. nggak dikibas2 n pake setrika. cuma bolak-balik diperas sampai titik darah penghabisan. alhamdulillah, kering juga :D

    BalasHapus

Posting Komentar