Skip to main content

Selfie Saat Gerhana Matahari Total

Sembilan Maret nanti kita yang di Indonesia berkesempatan memyaksikan sebuah fenomena alam yang menakjubkan: Gerhana Matahari Total. Namun hanya beberapa propinsi yang beruntung menikmati kolaborasi penuh matahari dan bulan ini, antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Meski demikian tidak semua daerah di propinsi-propinsi tersebut dapat menikmati gerhana matahari total. Wilayah di luar itu hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.
Fenomena luar biasa ini juga pernah mampir di Indonesia pada tahun 1983. Saya masih ingat, dulu Bapak saya punya kaos bertuliskan Jangan Tatap Aku Merangsang Buta. Tampaknya kampanyenya gencar sekali sampai menimbulkan kepanikan karena masyarakat dilarang melihat gerhana kecuali dari layar televisi. Padahal sesungguhnya gerhana matahari bisa dinikmati asal tahu alat pendukung yang tepat dan prosedurnya. Berikut ini infografis yang terpercaya yang bisa dijadikan pedoman.



Sumber: http://gerhana.langitselatan.com/infografik-cara-aman-mengamati-gerhana-matahari/

Berhubung sekarang zamannya medsos, tampaknya bakal banyak yang berniat selfie bersama si gerhana. Boleh tidak? Boleh saja asal mengikuti pedoman tadi.
Daaan...inilah pesan dari si mamak:

Comments

  1. Alat yamg aman buat lihat gerhana matahari apa ya?
    @guru5seni8
    Http://hatidanpiliranjernoh.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai kacamata khusus yang ada filternya mbak. Atau teropong juga bisa asal dikasih filter khusus. Bisa juga dengan kotak lubang jarum yang fungsinya membuat refleksi gerhana jadi yang dilihat adalah bayangannya bukan gerhananya.

      Delete
  2. Hihii... jadi tau deh wajahnya. Kalau ketemu di jalan kita bisa saling sapa ya, Mak Dwi

    ReplyDelete
  3. Weiiis ada videonya. Keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'terpaksa' ini mbak gara-gara admin LBI :-D

      Delete
  4. Benar, nih.
    Hati-hati lihat gerhananya. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Jawa cuma GMS aja. Tapi tetap waspada karena pada intinya menatap matahari berlama-lama itu bahaya baik pada saat gerhana atau tidak.

      Delete
  5. kalau mau lihat gerhana matahari, bisa gunakan pantulan air di dalam ember.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mas. Air di ember cuma menyerap sedikit dari radiasi matahari. Takutnya terlena mengamati matahari sampai kelamaan akhirnya retina terbakar.

      Delete
  6. (atasku) Pantulan air dari ember, baru tau :D

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pas SD metode ini ngetop mbak. Tapi ternyata berpotensi bahaya jadi tidak direkomendasikan.

      Delete
  7. Kasihan Bulan, Gerhana tetiba jadi idaman semua orang. *keinget sinetron gerhana* *jebakan umur* XD

    ReplyDelete
  8. Saya juga mau lihat gerhana, apa daya si bocah belum bisa ditinggal

    @amma_chemist

    ReplyDelete
    Replies
    1. GMS juga lumayab mbak. Lihat GMT-nya lewat tv aja. Saya malah berencana ngurung bocah. Takutnya pada amazed trus starring at the sun terus-menerus. Whaaa...bahaya.

      Delete
  9. Suara emak halus kayak pembawa berita di tivi-tivi :) Kalau Gerhana matahari total pasti siang hari jadi gelap gitu ya, ngeri :'(

    @gemaulani

    ReplyDelete
  10. Hi..hi, tumben mbak diah..pake video... Pertama kali deh kayaknya nongol... :-) Biasanya foto aja jarang....

    ReplyDelete
  11. Aku pingin lihat gerhana juga. :( Tapi gak punya TV

    ReplyDelete
  12. Gerhana matahari 83 saya udah mau brojol Mbak. Semua orang ngungsi di rumah warga yang ada plafonnya. Nah takut saya lahir pas ngungsi, emak sama Bapak diumpetin di kamar yang dikasih jarik atasnya. Takut buta katanya

    Ternyata bisa ya liat gerhana asal caranya bener :)

    ReplyDelete
  13. Ah ya, udah mulai rame pembicaraan gerhana bulan dpn.

    ReplyDelete
  14. kalo di kampung saya, saat terjadi gerhana biasanya orang dilarang keluar Mbak, katanya kalo keluar saat gerhana mata kita bisa buta..

    ReplyDelete
  15. Saya belum pernah lihat gerhana. Tungguin ah nanti.

    ReplyDelete
  16. iya ya jaman dulu kalo ada gerhana pasti dikasih tau, "jangan lihat dengan mata telanjang, bisa buta." gitu...

    ReplyDelete
  17. nggak sabar ya nunggu munculnya gerhana :-)

    ReplyDelete
  18. setahu saya urusan gerhana matahari total yang heboh pas saya masih TK sampe diliburkan dan gak boleh keluar rumah. Haduh segitu dangerousnya ya..hehehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.

Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo.

Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP."

Naluri saya bekerja, apa maksudnya 'mengunci'? Ternyata betul dugaan saya, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.

Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.

Pernah si Ayah usul supaya si Mas diberi HP saja biar tidak mengusili HP orang tuanya, tapi saya tolak. Begini saja sudah bikin yang aneh-aneh, apalagi kalau punya sendiri. Lagipula bahayanya sangat besar kalau anak yang umurnya saja belum ada 7 tahun sudah punya HP sendiri.

Baca jug…