Skip to main content

Calendar Of Event Madiun 2016

madiun

Madiun, yang terbagi menjadi dua, yakni Kabupaten dan Kota Madiun adalah tempat berlalu-lalangnya arus manusia dari dan ke Jawa Timur. Kota Transit, kata orang. Madiun terus menggeliat di tengah naik-turunnya perekonomian. Tak banyak informasi yang saya dapat perihal Calendar of Event Madiun 2016. Yang saya sajikan di sini merupakan event tahunan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten dan kota. Di samping event berikut tentu banyak event lain yang diselenggarakan masyarakat. Apa saja sih yang ada di Madiun di 2016 ini? Yuuuk, simak.

KABUPATEN MADIUN

Boyong Madiun

Ini acara tahunan yang baru dimulai pada 2014 lalu. Biasanya dilaksanakan pada bulan Juli namun tahun 2016 diadakan pada bulan Juni. Barangkali bertepatan dengan datangnya bulan puasa.

Apa itu Boyong Madiun? Boyong Madiun adalah prosesi pemindahan ibukota Kabupaten Madiun dari Madiun (kota) ke Mejayan, Caruban. Caruban sendiri berada di jalur ramai menuju Surabaya. Selain upacara peringatan boyongan, ada juga festival kesenian. Semua dipusatkan di Caruban.

madiun

Bupati Madiun boyongan dengan kereta kencana pada 2014. Sumber gambar http://megapos.co/2014/09/09/kendarai-kereta-kencana-bupati-h-muhtarom-s-sos/

Kurasan Umbul Madiun

Kabupaten Madiun mempunyai banyak tempat wisata yang masih alami dan bernilai sejarah. Di antaranya adalah sumber air belerang di Desa Umbul, Madiun. Masyarakat lebih akrab dengan sebutan Ngumbul. Di Ngumbul ada taman bermain, kebun binatang mini dan kolam renang. Kolam renang di sini airnya agak kecoklatan karena mengandung belerang (sulfur). Kolam belerangnya khusus untuk berendam juga ada.

Pada bulan Syuro pada penanggalan Jawa (sekitar Oktober 2016), diadakan acara kuras sumber. Tujuannya agar kebersihan sumber tetap terpelihara mengingat sumber ini dimanfaatkan oleh banyak orang dan menjadi aset kabupaten yang bernilai.

Festival Gelang-Gelang

Masih di bulan Syuro, ada festival kesenian di ibukota lama Madiun: Desa Ngurawan, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Acara di Ngurawan ini biasanya berlangsung tiga hari lamanya.

madiun

Parade kentongan di Festival Gelang-Gelang. Sumber dari http://kabupatenmadiun.blogspot.com/2014/12/warga-dolopo-gelar-festival-gelang.html

Ngurawan sendiri dulunya adalah sebuah kerajaan kecil di masa Singasari-Kediri. Lama terlupakan, kini komunitas peduli sejarah mengangkatnya kembali. Dengan adanya Festival Gelang-Gelang, diharapkan masyarakat mengetahui, mengerti dan memahami serta dapat mengambil pelajaran dari sejarah pendahulu mereka.

KOTA MADIUN

Pemilihan Kakang dan Mbakyu

Acara ini dilaksanakan pada bulan Juli 2016 di Kota Madiun. Tujuan pemilihan Kakang dan Mbakyu ini untuk memberikan ruang berekspresi kepada kaum muda Madiun dan untuk mencetak duta wisata yang baru. Diharapkan duta wisata yang masih muda-muda ini punya kreativitas dan semangat tinggi untuk mempromosikan pariwisata Madiun secara outstanding.

Grebeg Maulud

Tahun 2016 ini dilaksanakan pada bulan Desember di Alun-alun Kota Madiun. Grebeg Maulud yang pada intinya memeriahkan Maulud Nabi Muhammad sholallahu alaihi wa sallam, diramaikan dengan dua buah gunungan raksasa yang dinamai gunungan jaler (laki-laki) dan gunungan estri (perempuan).

madiun

Gunungan estri. Sumber gambar http://rri.co.id/post/berita/130013/budaya/ribuan_warga_madiun_rayakan_grebeg_maulud_1436_hijriyah.html

Sebagaimana grebeg di daerah lain, kedua gunungan ini juga dijadikan rebutan. Ada apa di gunungannya? Ada jajanan pasar, hasil bumi berupa sayur-mayur dan buah-buahan tentunya, sebagaimana semangat kerakyatan yang menyertainya.

#

Nah, itu sekelumit Calendar of Event Madiun 2016 yang bisa saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat!

Comments

  1. Kenapa dinamakan gelang-gelang mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh iya. Kelupaan. Inilah efek nulis mepet DL :-(

      Gelang-gelang adalah nama kerajaannya mbak.

      Delete
  2. Wah, kayanya festival gelang-gelang seru ya... Anak-anak jg sampe ikutan :)

    ReplyDelete
  3. Pemilihan putra-putri daerah ini beragam banget namanya, ya.. Kalau di Lamongan namanya pemilihan Yak-Yuk.. :D

    ReplyDelete
  4. Itu gunungannya kok namanya beda? Apakah isinya juga beda? Isinya apa? Apakah sama kaya di Jawa?
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. sama ya sama nganjuk ada boyongnya juga. kalo di nganjuk dari brebek ke kota Nganjuk

    ReplyDelete
  6. Meriah sekali acara kotanya, pastinya acara Grebeg itu heboh ya? @ge1212y

    ReplyDelete
  7. Mau donk naik kereta kencana. Hihiii... berasa di negeri dongeng

    ReplyDelete
  8. ihh.unik-unik agenda kota Madiun. Itu yg pemindahan ibu kota setiap tahun pindah ibu kota ??

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
  9. Mbak, yuk kopdar di Kertosono
    Deket kan ya dari Madiun ^_^

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  10. Kurasan umbul Madiun unik :)

    @gemaulani

    ReplyDelete
  11. Kurasan umbul; inget kurasan gentong di makam imogiri mbak... Mirip mngkin

    ReplyDelete
  12. Acara di Madiun keren-keren, ya? ;D

    ReplyDelete
  13. ternyata ada festival gelang gelang toh, itu acaranya ngapain kak ?
    *padahal saya orang madiun, tapi baru dengar ada festival gelang gelang -__-

    ReplyDelete
  14. saya teramsuk yg baru tahu kalau Madiun sdh berkembang jd Kota dan Kabupaten. eh iya, kebetulan ada kakak yg tinggal di Caruban, berarti ibu kota-nya Kab, Madiun deh

    ReplyDelete
  15. Saya pikir Madiun itu cuma 1. Ternyata dibagi menjadi 2, kota dan Kabupaten, tentu saja dengan budaya, tradisi, dan kekayaannnya sendiri ya Mak...

    ReplyDelete
  16. Festival gelang-gelang itu unik juga. Pasti seru acaranya :)

    ReplyDelete
  17. Upaya yang keren sekali di acara Boyong Madiun itu.. jadi ibukotanya libur dulu ^^

    ReplyDelete
  18. Wah sy baru paham klo madiun pun ada kota n kabupaten mba.
    Sdh ada calendar event tinggal tandain yaa jangan spt kelewat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.