Skip to main content

Don't Do Iftar Together

Don't do iftar together! Don't, if you just want to show off.

Iftar means to end daily Ramadhan fasting at sunset, as soon as possible after hearing call for prayer. Iftar together means some people have an arranged iftar at the same place and time.

What's good about iftar together is that iftar can strengthen the bound among the members whether they are collegas or friends or extended family members.

What's bad from iftar together is when the meal is too much. Too much food and drinks lead to too much wasted food. Just don't do iftar together if you just want to show off. Don't!

Iftar together should be something nice and meaningful. Wasting food is bad, very bad. But wasting time is even worse. Having iftar together broaden the risk of doing the pray late. Too many people means too much time to spend for taking wudhu and seeking for the row in sholat. Don't do iftar together unless there's a guarantee that you won't miss your obligation.

So, how can we run a good iftar together? First, make sure that the space is enough for everyone to seat. We don't want to eat without sitting, right? You know it's forbidden to eat by standing.

Second, make sure that the menu is simple. Delicious is a must but it doesn't mean we have to spend too many varieties of food to make them blend deliciously inside our stomach. It's our tongue that tastes, not our stomach, right?

Pic taken from wikipedia https://en.m.wikipedia.org/wiki/Iftar

Third, make sure that there's enough space and time to pray. It's a shame to miss the pray in order to eat, right?

Well, when those rules are here, it's okay to have iftar together. Have a happy iftar, guys.

This article is to answer BEC's Weekly Challenge #25: Iftar Together.

Comments

  1. one thing I often do before iftar together is to have and keep wudhu. You're right that there'll be too many people queing for wudhu

    ReplyDelete
  2. Wasting time is a crime mbak. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh really? I thought that it's killing the time that commits a crime :-D

      Delete
  3. makanya aku ga terlalu sering ambil undangan berbuka puasa mba... hrs liat dulu venuenya di mana, brp irg yg hadir... kalo aku liat tempatnya susah nemuin musholla, biasanya aku tolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalo mukena aja gampang bisa bawa dari rumah ya mbak. Lah kl musholla? Hehe...

      Delete
  4. Almost everyday bloggers come to bukber provided by brands who talk about their products and do the livetweet just before iftar. It will be better if they also include tauziah & sholat together, because iftar is religious moment, now become promotion moment.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow really mak? So some of those events just for dunia not for akhirat. What a sad story.

      Delete
  5. Love the ideas of don't do iftar together >,<

    I agree that if we are going to have an iftar together, we should not miss our pray, but unfortunately some people miss it.

    They miss the point of fasting. What is the purpose of fasting if we miss our pray, right? :)

    That's why I always denies iftar invitation, although as a adolescent, I still wanna have an iftar moment with friends ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Missing the point of fasting. I agree. We should arrange a better iftar together so that we won't miss the essential thing.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.

Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo.

Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP."

Naluri saya bekerja, apa maksudnya 'mengunci'? Ternyata betul dugaan saya, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.

Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.

Pernah si Ayah usul supaya si Mas diberi HP saja biar tidak mengusili HP orang tuanya, tapi saya tolak. Begini saja sudah bikin yang aneh-aneh, apalagi kalau punya sendiri. Lagipula bahayanya sangat besar kalau anak yang umurnya saja belum ada 7 tahun sudah punya HP sendiri.

Baca jug…