KEB

BPN

About Me

Diah is here! Mom of three boys.

Berkunjung ke Rumah Teletubbies Di Jogja

Libur panjang tanggal 17-20 April 2014 yang baru lalu berhasil menggoda saya dan keluarga untuk pulang kampung. Pulang ke rumah orang tua saya, tepatnya.Sebenarnya anak sulung saya sudah libur sejak Kamis (17/4), namun berhubung suami saya baru libur hari Jumat (18/4), maka baru pada Jumat pagi lah kami berangkat dari Madiun menuju Jogja.

Perjalanan berjeda di Solo. Suami saya harus berhenti untuk sholat Jumat. Kami beristirahat di Goro Assalam, Solo. Sementara suami sholat Jumat, anak-anak bermain di dalam mall. Si sulung main skuter, si kecil tidur-tiduran di sofa yang dipamerkan di mall. Aduh, deeek...ini barang jualan, lho.
Selepas sholat Jumat kami melanjutkan perjalanan ke Jogja. Kami sampai di rumah orang tua siang sekitar pukul 14.00.

Sejak sebelum keberangkatan, suami saya sudah berencana akan mengunjungi 'rumah Teletubbies'.
"Penasaran", katanya. Maka, pada Sabtu pagi pun kami bergerak ke sana bersama Bapak dan Ibu saya. Ibu saya bertugas sebagai penunjuk jalan sebab beliau sudah pernah ke sana dua tahun yang lalu bersama rombongan santri TPA.

Kami menempuh rute terdekat melalui Berbah, persisnya jalan menuju gerbang AAU, tembus ke Piyungan, kemudian melintas ke wilayah Prambanan. 'Rumah Teletubbies' itu sendiri terletak di Dusun Sengir, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jika masuk dari arah candi Prambanan, silakan mencari arah Balai Desa Sumberharjo. Dari sana masuk ke arah Timur. Selanjutnya silakan bertanya kepada penduduk sekitar, hehehe...
'Rumah Teletubbies' sebenarnya adalah kompleks rumah kubah alias dome yang dibangun pasca gempa Jogja 2006 silam. Bentuknya yang melengkung itu menyebabkannya dikenal sebagai 'Rumah Teletubbies'.

rumah-teletubbies-di-jogja
Rumah Teletubbies Asli. Sumber dari http://arungalamdekatituhan.wordpress.com/tag/gunung/
Rumah Teletubbies versi Jogja. Gambar: koleksi pribadi

Rumah Teletubbies Versi Jogja

Akhirnya, setelah menanyakan arah hingga dua kali kepada penduduk setempat, kami sampai juga di kompleks 'Rumah Teletubbies'. Ada gerbang melengkung di pintu masuk kompleks. Sayang, saya tidak sempat mengambil gambarnya. Masuk gerbang, ada plang tanda parkir. Kami pun parkir di sana. Ternyata kami berhenti di rumah penerima tamu.
Tamu silakan meninggalkan jejak dulu di sini. Setiap tamu dikenai biaya Rp 2.000,00 dan parkir mobil Rp 5.000,00.
Gambar: koleksi pribadi
Kami minta izin masuk ke rumah penerima tamu itu dan melihat-lihat. Rumahnya terdiri dari dua lantai. Lantai dasar diisi ruang tamu, dapur dan satu kamar. Lantai dua berupa lantai kayu dengan pagar kayu. Naiknya pun dengan tangga kayu. Rupanya lantai dua ini ruang serbaguna. Dipakai untuk tidur boleh, dipakai untuk menyimpan barang juga bisa asal tidak terlalu berat. Udara di dalam rumah dometerasa panas meski di puncak kubah sudah diberi lubang udara. Dan yang menarik adalah, saat kita berada di lantai atas, jika ada orang di lantai dasar yang berbicara, maka terdengar seperti berbicara di samping kita. Rupanya efek dinding kubah tadi,.ya, jadi suaranya merambat dekat sekali dengan kita.

Baca juga: Wisata Tubing Di Brumbun Madiun

Gambar: koleksi pribadi
Di tempat parkir ada area bermain untuk anak-anak. Ada 'kolam ikan', kereta mini, sepeda motor dan mobil mini, juga ada kolam bola mini serta sepeda onthel dan sepeda motor empat roda untuk dipakai berkeliling. Disewakan tentunya. Untuk sepeda motor dihargai Rp 30.000,00 untuk 15 menit. Sedangkan permainan anak-anak dihargai Rp 3.000,00 - Rp 5.000,00. Sama deh dengan harga di luaran.

Di kompleks ini terdapat 80 rumah. Lima di antaranya digunakan sebagai ruang MCK, satu masjid dan satu aula. Memang di rumah ini toiletnya berupa toilet komunal. Wajar jadinya jika hanya komunitas ini yang bersedia dibuatkan rumah dome. Terbayang kan repotnya harus antri untuk keperluan MCK? Warga kompleks ini merupakan warga hasil relokasi setelah rumah mereka hancur digoyang gempa.
Tamu yang datang berombongan biasanya memberitahukan dulu kedatangan mereka. Jika mau, ada juga Teletubbies yang menyambut. Biayanya Rp 100.000,00 per Teletubby. Cocok untuk diajak berfoto tentunya.

Stiker kenang-kenangan. Maksudnya: the only one in Asia.gambar: koleksi pribadi

Bagi yang ingin merasakan sensasi tinggal di 'Rumah Teletubbies' bisa juga menginap. Biayanya Rp 120.000,00 per orang per hari dengan fasilitas rumah dome komplit dengan isinya plus dua kali makan. Bagi rombongan mahasiswa, ada harga khusus. Kalau berminat, bisa menghubungi Mas Sulasmono di nomor 085643657751 atau via BBM dengan pin 315O92C3.

Kunjungan kami cukup singkat, mengingat waktu sudah hampir Dhuhur dan anak-anak sudah rewel karena lapar. Sayang juga tak sempat mencicipi sholat di masjid di sana. Ya, mungkin di lain waktu kami bisa berkunjung ke sana lagi. Insya Alloh.