Skip to main content

Sabtu, 15 Maret 2014, pukul 21.00 WIB.

Rasanya tak sabar menunggu hari Sabtu, 15 Maret 2014, pukul 21.00 WIB tiba. Ada apa sih di tanggal itu? Hari Sabtu. Malam Minggu. Iya. Tapi bukan hanya itu. Ada sebuah acara yang digadang-gadang, setidaknya oleh saya, akan ditayangkan. Ya. Sabtu, 15 Maret 2014, pukul 21.00 WIB, yaitu 'Cosmos, A Spacetime Odissey' di National Geographic TV.

Apa sih yang menarik dari acara tadi? Saya berharap dengan menyaksikan 'Cosmos', saya bisa kembali menuntaskan kerinduan saya memandang bintang yang gemerlap di langit malam meski hanya melalui layar kaca.

Dulu, waktu kecil saya suka berbaring di atas tikar di depan rumah bersama kakak, adik dan teman-teman. Lampu dimatikan, lalu berkhayal sebanyak-banyaknya sampai kedinginan, sampai dikomando Bapak untuk segera masuk rumah. Sungguh berkesan.

Saya kerap melamunkan wajah Bulan yang menyembunyikan separuh wajahnya dan berkhayal menjadi salah satu manusia yang beruntung yang bisa menginjakkan kaki ke sana.

Saya juga suka menanti Venus, si Bintang Kejora terbit di Barat di sore hari atau terbit di Timur seusai waktu subuh berlalu.
venus-bintang-kejora
Sumber gambar http://tdjamaluddin.wordpress.com/2010/04/19/bintang-kejora/




Dan menebak letak si besi angkasa yang berkarat, Mars.
mars
Sumber gambar http://glossi.com/afryer222/57505-mars-by-aj?tkn=0253bdcc7a97423bb60863a3c1c65b77&eb=afryer222


Tak lupa juga untuk menghitung jumlah bintang di rasi favorit saya, Rasi Kalajengking.
Sumber gambar http://basecamppetualang.blogspot.in/2013/03/menentukan-arah-pada-peta-dan-tanda.html

Menantikan hadirnya si bintang kemukus.
Sumber gambar http://firezonex.blogspot.in/2011/06/fakta-tentang-komet-yang-sangat.html

Atau jika Alloh berkenan saya dapat menyaksikan bintang jatuh. Ayo kejar! Kejar!

Sumber gambar http://kulkasrusak.blogspot.in/2011_02_01_archive.html

Menjelang subuh tiba pun langit menampakkan perhiasannya yang menakjubkan. Milky Way!

Sumber gambar http://www.wallsave.com/wallpaper/1920x1080/milky-way-amazing-vi-crispme-2863998.html

Andai saya punya teleskop, mungkin saya akan bisa melihat Saturnus.
Sumber gambar http://m.news.viva.co.id/news/read/401841-4-miliar-tahun--usia-cincin-planet-saturnus

Atau galaksi lain.
Sumber gambar http://en.wikipedia.org/wiki/Galaxy

Ah, terasa begitu kecil Bumi ini. Terasa nisbinya kehidupan ini. Bintang lahir, bintang mati.
Sungguh, Mahasuci Alloh yang telah menciptakan alam semesta ini dengan sangat indah dan sempurna.
Makin tak sabar menunggu hari Sabtu, 15 Maret 2014, pukul 21.00 WIB.

Comments

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.