Merawat Bayi Di Cuaca Panas

Madiun sungguh panas di musim kemarau tahun ini. Suhu berada di kisaran 25-32°C. Masya Alloh. 25°C sih sejuk, tapi itu suhu di malam hari. Siangnya? Bayangkan saja. Panas, gerah. Apalagi buat bayi. Ibu-ibu zaman sekarang harus pintar merawat bayi di cuaca panas kayak gini. Kalau ibu-ibu zaman dulu kan hidup dengan cuaca yang masih bersahabat karena alam masih terjaga.

Baca-baca di internet, kalau di negeri yang punya empat musim, di musim panas para bayi rawan terkena serangan panas alias heat stroke. Saya sih belum pernah mengalami musim panas, tapi ketika merasakan musim kemarau kali ini terbayang juga panas menyengat yang lebih intens dan konon dengan kelembaban yang tinggi. CMIIW ya.

Bayi saya saat ini 4 bulan umurnya, baru bisa tengkurap, lagi lucu-lucunya. Iya sih semua tahap perkembangan anak itu selalu lucu. Jadi semua anak itu selalu lagi lucu-lucunya. Saya ga bisa nemu ungkapan lain selain itu sih, hihihi...

Reaksi bayi saya terhadap cuaca panas ini adalah: rewel dan kulit berbintik merah kecil-kecil alias keringat buntet. Begitulah bayi. Keponakan saya yang di Jogja, umur baru sebulan, juga rewel melulu, maunya digendong terus. AC pun tak mampu mengatasi panasnya cuaca, kata mamanya. Masya Alloh.

baby-diapers
Pic source: pixabay

Merawat Bayi Di Cuaca Panas

Agar bayi tetap nyaman selama cuaca panas, apa sih yang bisa orang tua lakukan? Berikut ini beberapa tindakan yang bisa diambil untuk membantu bayi merasa nyaman:

Mandi Tiga Kali Sehari
Kemarin saya sempat bikin survey kecil-kecilan di facebook soal boleh nggaknya memandikan bayi 3 kali sehari agar tidak kegerahan. Sebagian besar menjawab boleh, dan ada satu yang melarangnya.
Alasan yang membolehkan adalah agar bisa menyegarkan tubuh kembali. Yang melarang mandi 3 kali sehari alasannya karena takut badan bayi malah jadi sakit. Maklum kulit bayi kan masih halus. Takutnya malah kehilangan kelembabannya. Juga dikhawatirkan tubuh bayi akan kaget akibat perubahan suhu yang mendadak.

Saya sendiri sih termasuk yang setuju bolehnya mandi 3 kali sehari: pagi, siang, sore. Pertimbangannya ya biar tidak kegerahan banget. Mandinya tetep dengan air hangat tapi sedikit lebih dingin dari biasanya, itupun mandi kilat. Secukupnya, gitu, yang penting bayi merasa segar lagi.
Mandi lagi ini tetap saya usahakan saat tubuh bayi tidak sedang berkeringat heboh. Disejukin dulu badannya, baru setelah hilang keringatnya, nyemplung ke bak mandi.

Sebagai tambahan, apalagi yang berkulit sensitif, bisa pakai sabun cair yang lembut. Dulu anak sulung saya waktu bayi pakai Lactacyd Baby karena kulitnya sensitif sama panasnya udara ibukota.

Memakaikan Pakaian Tipis
Di cuaca panas tubuh memproduksi keringat lebih banyak agar tubuh tidak kepanasan. Namun akibat keringat itu juga badan jadi ga nyaman. Begitu juga dengan bayi. Ketika cuaca panas, pakaikan saja pakaian yang tipis.

Pakaian tipis itu kayak apa? Kalau saya, gampangnya pakai satu lapis pakaian. Baju luar saja tanpa kaos dalam. Pernah sih seorang tetangga menegur saya, kok bayinya nggak dipakein kaos dalam. Jawabnya ya sederhana aja: biar ga gerah. Kesannya ga rapi ya pakai baju luar aja, tapi daripada kegerahan kan ya?

Kadang juga malah kalau panas-panasnya saya cuma pakein bayi saya kaos dalam dan diapers. Ga apa lah. Di rumah aja juga. Hahaha...

Pakaian tipis tidak akan cukup nyaman kalau bahannya bikin gerah. Jadi, selain tipis selapis juga harus yang bahannya sesuai iklim tropis bukan yang asal manis. Berhubung bayi saya jarang ke luar rumah yang jauh, santai aja lah pakai baju minimalis gitu. Hihihi...

Diapers juga harus yang nyaman bikin bebas bergerak. Duluuu dua anak saya jarang pakai diapers. Pakainya popok kain. Diapers pake kalau pas pergi-pergi jauh aja. Alasannya karena kulit mereka sensitif. Merah-merah gitu, bikin ga tega lihatnya. Nah, bayi yang ini saya pakein diapers dan alhamdulillaah ga ruam.

Pas cuaca panas gini bayi kan jadi rewel, susah tidur padahal bayi harus cukup tidurnya. Jadilah bayi saya pakainya Goo.N Excellent Soft biar boboknya nyenyak. Diapers premium ini daya serapnya bagus banget. Bayi 4 bulan itu dalam sehari semalam bisa menghabiskan 6-8 diapers. Itu udah termasuk kena eeknya ya. Satu pak isi 32 ini bisa habis dalam 4-6 hari. Wuihh...banyak juga ya.

 
goo.n-baby-diapers


Pakai diapers premium itu keuntungannya ga bulky alias njebebeg. Eh, apa sih, maksudnya? Ga gembung gitu meski penuh jadi bayi saya ini bisa bebas bergerak dan tetap active and fun gitu. Sangat membantu dalam cuaca panas kayak sekarang. Saya juga berkurang stresnya karena cucian ga numpuk-numpuk. Mohon dimaklumi ya, saya ga ada ART mana anak tiga lagi. Ealah kok malah curhat...

Bobok Di Ruang Yang Sejuk
Ruang yang sejuk versi saya adalah di depan TV, hihihi... Ruang nonton TV itu memang sirkulasinya bagus banget, plong gitu. Digelarin kasur, dedek bayi tiduran dan main di situ.
Bisa juga ruangan dibikin sejuk dengan kipas angin atau AC. Kalau pakai kipas angin, arahkan kipas ke tembok supaya angin ga langsung ke badan bayi. Kasihan kan bisa masuk angin. Pakai AC pun jangan dingin-dingin banget biar badan ga meriang.

Nah, itu tadi versi saya cara merawat bayi di cuaca panas. Kalau teman-teman, biar tetap sejuk di cuaca panas, apa triknya? Cerita dong. Yuk, yuk!

Comments

  1. memang bayi itu gak tahan panas, jd lebih rewel, aku pengalaman, saat ank pertamaku lahir di kuningan yg dingin jarang rewel tdrnya nyenyak, eh anak keduaku lahir di cirebon yg puanasnya, rewel kalau tdr krn dia kegerahan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya mah. cirebon puanas ya. saya pernah nginep di rumah kakak pas dinas di cirebon. huaduh...ga tahan.

      Delete
  2. Memang merawat anak itu susah2 gampang ya mba. Jadi orang tua benar-benar harus ekstra... Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  3. Sip deh. Terimakasih resepnya :)

    ReplyDelete
  4. Masih sedikit mba, bayiku bisa 2-3 jam ganti popok ^^' pipis nya banyak jadi udah menggelembung aja popok nya.. Itu kalau pakai goon. Kalau pakai pampers lumayan 3-4 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur berapa mbak babynya? kasus per kasus kali ya. mungkin pipisnya udah bnyak.

      Delete
  5. Di desa..ada yang namanya bedak dingin mba. Beli di bakul jamu. Di olesin di kulit biasane, ben ra rewel.
    Pernah makein ke Alya..tp.ra tlaten...la dadine malah klumut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. di sini disaranin pake kanji. putih-putih gitu jadinya.

      Delete
  6. terima kasih infonya mbak, cocok buat saya yang istrinya lagi hamil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sedang menunggu buah hati ya. semoga sehat ibu dan bayinya, lancar kelahirannya.

      Delete
  7. Anakku juga pake diapers 24 jam haha. Kalo lagi panas gitu usahain pake baju yg tanpa lengan sih biar ga sumuk hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, banyakan baju tanpa lengan. kadang malah cuma kaos dalam ma diapers doang

      Delete
  8. Makasih ya informasinya. Sangat berguna karena kebetulan baru punya baby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. semoga tetap sehat ya bayinya.

      Delete
  9. Sama mbak aku juga praktekin itu semua, kasian soalnya kalau bayi kegerahan, diaperanya kudu ekstra nyaman buat kulit bayi, aku jg pernah coba goon, tapi pas promo aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. kasihan kalau gerah ya. goon nyaman ya mbak di kulit baby.

      Delete
  10. Semangat ya buibu yg lg pny baby....jaman makin canggih, makin byk diapers yg nyaman buat baby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih dukungannya ya. iya sekarang diapers makin nyaman di bayi.

      Delete
  11. Duh selama liat bayinya mbak-mbakku mandinya Cuma sehari dua kali mbk, pagi sama sore doing, hhee
    Ku belum pernah liat di sekitar rumah yang bayik dimandiin di siang hari, hhee
    Kalo siang cukup pakein baju yang bisa nyerap keringat dan gak bikin gerak si kecil, hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kalau masih ketolong sih palingan cuma dipakein baju tipis yang ga gerah, kalo udah ga ketulungan tu ada alternatif dimandiin lagi.

      Delete
  12. Terima kasih informasinya, bakal saya share ke saudara saya yang sedang punya bayi. :D

    ReplyDelete
  13. Kasihan kalau si dedek sampai kena keringat bentet. Apalagi kalau sampai ruam2 di selangkangan. Untung diapersnya udah bagus

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts