Membuat Helm Astronot Dari Kertas Beserta Jetpacknya

membuat-helm-astronot-dari-kertas

“Besok Selasa ada Hari Profesi, Bu. Aku mau pakai batik, jadi (karyawan) swasta,” kata Si Mas Besar.

“Kalau aku mau pakai baju astronot!” ujar si Mas Kecil.


Hari Profesi sebagai peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2017 ini dirayakan untuk menggugah keinginan siswa-siswi SDIT tempat anak-anak saya belajar untuk menjadi seseorang di masa depan. Anak-anak ingin jadi apa, itulah yang diwujudkan dalam kegiatan Hari Profesi kali ini.



Kalau anak ingin jadi polisi, tentara, atlet atau dokter, saya kira bisa cari di persewaan pakaian. Astronot? Rasanya harus membuat helm astronot dari kertas nih!

Langkah pertama yang saya lakukan dalam membuat helm astronot dari kertas adalah cari gambar-gambar baju astronot sebanyak mungkin untuk menjaring ide. Setelah mantap dengan gambaran baju astronot yang akan dibuat, mulailah saya memilah mana yang harus dibuat, mana yang harus dibeli dan mana yang sudah tersedia di rumah. Jadilah saya memutuskan untuk pakaian astronotnya pakai baju koko yang serba putih saja, plus kaos kaki dan sarung tangan putih. Tapi belakangan kaos kakinya pakai seadanya yang ada di rumah saja (hitam-putih) dan sarung tangan putih saya hilangkan dari daftar. Dalam bayangan saya, anak saya nanti malah repot kalau pakai sarung tangan segala. Maklum, masih kelas 1 SD.

Setelah memilih-milih gambar dan cari-cari cara membuatnya di youtube, kini jelas sudah yang harus dibuat: helm astronot dan jetpack-nya.

Langkah Membuat Helm Astronot Dari Kertas

Saya memilih membuat helm dari kertas. Kenapa kertas? Karena yang paling bisa saya cari dengan mudah dan sepertinya mudah membuatnya. Saya ingat cara membuat pinata di film anak Handy Manny. Pak Lopard saat itu membuat pinata berbentuk bola dari balon dan kertas. Setelah saya cari di internet, ketemu juga cara membuatnya.

Bahan:
-    Balon
-    Pompa
-    Gunting dan cutter
-    Lem kertas
-    Koran bekas
-    Kardus bekas
-    Styrofoam
-    Lem putih
-    Kuas
-    Kertas warna-warni
-    Tutup botol bekas
-    Cat semprot

membuat-helm-astronot-dari-kertas



membuat-helm-astronot-dari-kertas


Cara membuat:
Tiup balon dengan pompa sampai ukurannya lebih besar dari kepala. Ikat kuat ujung balon.

membuat-helm-astronot-dari-kertas


Potong-potong koran bekas dengan ukuran kurang lebih 9 x 6 cm.

membuat-helm-astronot-dari -kertas


Rekatkan potongan koran ke permukaan balon dengan lem kertas hingga tertutup rata.
Keringkan sejenak dengan diangin-anginkan. Setelah kering, tambahi lagi lapisan potongan koran di atasnya.

membuat-helm-astronot-dari-kertas


Pada awalnya saya menggunakan kertas koran dan lem kertas, tapi akhirnya suami saya menambahkan potongan kardus dan lem putih agar lebih kuat. Oleskan lem putih dengan kuas (kalau perlu diencerkan dengan air) ke permukaan potongan koran, lalu lapisi dengan potongan kardus bekas agar lebih keras. Oya, jangan lupa sisakan sedikit ruang yang tidak ditutupi lapisan kertas untuk tempat memecahkan balon nantinya.

Agar lebih mudah, sebelum ditempelkan, gepengkan dulu potongan kardus bekas dengan cara menekannya dengan tangan sampai bagian bergelombangnya rata dan celupkan sebentar ke dalam air agar mudah dilengkungkan.

Setelah tertutup rata, jemur hingga kering dan keras. Berhubung ada AC, balonnya saya jemur di dekat AC. Pengeringan tergantung cuaca dan banyaknya lapisan kertas yang ditempelkan, ya. Kalau punya kami makan waktu semalaman karena memang sengaja kami tinggalkan dulu, hehe...

membuat-helm-astronot-dari-kertas


Setelah kering sempurna, kempiskan balon dengan cara menusuk balon pada bagian yang tidak tertutup kertas. Saat dikempiskan, bila lapisan kertas kurang tebal maka kertas akan sedikit menyusut, namun kembali lagi menggembung. Ada juga bagian yang bisa retak akibat proses ini, tapi jangan khawatir, bagian yang retak bisa ditutup dengan lapisan kertas lagi dan bagian yang kurang bagus bisa dibentuk dari dalam.

Langkah selanjutnya adalah mengukur wajah calon pemakai helm untuk menentukan bagian mana yang akan dibuka. Gunting bagian yang harus terbuka, rapikan.

Beri hiasan berupa tombol di sisi kanan dan kiri helm dengan menempelkan tutup botol bekas.



Setelah selesai semua, semprotkan cat secara rata. Jemur hingga kering.

Berhubung helmnya agak kebesaran, bagian dalam helm saya tambal pakai styrofoam di bagian atas kepala, belakang dan kanan-kiri.

membuat-helm-astronot-dari-kertas

Setelah selesai, beri kertas warna-warni pada bagian tombol dan hias secukupnya.

Inilah hasilnya. Jangan bayangkan permukaannya rata, ya. Berkerut-kerut sesuai keterampilan si pembuat, hahaha...

membuat-helm-astronot-dari-kertas

membuat-helm-astronot-dari-kertas
 

Setelah Membuat Helm Astronot Dari Kertas, Kini Saatnya Membuat Jetpack Astronot Dari Kertas

Selesai membuat helm, saatnya membuat jetpack astronot. Mulanya sih idenya ransel besar di belakang yang disambung dengan kotak kecil di bagian dada yang terhubung dengan selang kecil. Pura-puranya tabung oksigen, gitu. Tapi setelah dipikir-pikir, jangan-jangan nanti kurang khayali, ya, untuk anak kecil. Akhirnya saya putuskan membuat jetpack saja. Idenya saya dapat dari youtube. Bisa dicari dengankata kunci 'space suit diy'.

Memang sih, astronot pakai jetpack itu cuma ada di cerita sains ilmiah. Tapi anak saya antusias dengan ide jetpack itu. Baiklah, jetpack, kami memilihmu.

Bahan:
-    1 Kardus bekas susu
-    2 Botol air mineral bekas
-    Cat semprot warna putih
-    Aneka tutup botol plastik bekas
-    Kertas warna-warni
-    Koran bekas
-    Lakban
-    Selotip/double tape
-    Lem kertas

membuat-helm-astronot-dari-kertas


Maaf, ya untuk bahan membuat jetpack ini tidak sempat saya foto semua. Tapi insya Alloh mudah dipahami dan mudah didapatkan.

Cara membuat:
Segel kardus bekas susu dengan rapat menggunakan lem atau selotip.

Tempelkan tutup botol bekas sebagai tombol di bagian depan. Mainkan saja imajinasi kita, ya. Yang besar tombol apa, yang kecil tombol apa. Terserah!

Semprot dengan cat hingga rata. Jemur hingga kering.

Bersihkan botol bekas air mineral. Semprot dengan cat semprot hingga rata. Jemur hingga kering betul.

Setelah semua kering, tempelkan botol bekas di sisi kanan dan kiri kardus dengan bagian mulut botol menghadap bawah.

Selanjutnya untuk membuat tali ransel, pilin kertas atau lipat-lipat kertas koran bekas dengan panjang yang pas dengan tubuh pemakai, lalu lapisi dengan lakban agar kuat. Tempelkan tali ransel tadi ke bagian atas dan bawah kardus. Semprotkan lagi cat untuk menutupi bagian yang tidak berwarna putih. Berhubung cat kami hampir habis, maka hanya bagian yang menempel di kardus saja yang kami semprot cat. Keringkan.

membuat-helm-astronot-dari-kertas



Potong bentuk panjang acak kertas berwarna merah, kuning dan oranye sebagai semburan apinya. Tempelkan di bagian mulut botol dengan double tape.


Gunting kertas warna-warni biru dan merah (atau warna lain) untuk menutup tombol-tombol tadi. Hiasi juga dengan bendera merah putih dan gambar lain sesuai yang diinginkan.

membuat-helm-astronot-dari-kertas
Maafkan penampakannya yang dekil

Reaksi Anak Saat Melihat Helm Astronot Dari Kertas Beserta Jetpacknya 

Heeeboooh... alhamdulillaah karya Ayah dan Ibu disukai anak!

membuat-helm-astronot-dari-kertas
Siap berangkat!



membuat-helm-astronot-dari-kertas
Roketnya belum dibikin, jadi jalan kaki dulu


membuat-helm-astronot-dari-kertas
Disambut teman-teman

Saat sampai di sekolah, astronot kecil pun mendapat sambutan hangat dari teman-temannya. Helm jadi rebutan. Jetpack jadi tidak karuan gara-gara dipinjam sana-sini.

"Betul kata Ibu. Cuma aku yang pakai baju astronot," ujar si Mas Kecil girang. Ibu pun bahagia.

Nah, itulah cara membuat helm astronot dari kertas dan jetpack-nya. Mudah sebenarnya, asal bahan dan ide sudah benar-benar disiapkan. Mau coba?

Comments

  1. Ho oh.mb..sepengetahuanku yo blm ada yamg mke bju astronot. Mungkin mbokne do wegah repot๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    Tak pikir itu helmnya pke bola plastik yang dibelah..
    Ealah, kreatif temen mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga muat kalo pake bola plastik lis.

      Delete
  2. Roketnya belum dibikin, jadi jalan kaki dulu ...
    saya ngakak membaca dan melihat caption/foto ini.

    Tapi yang jelas ini keren banget. Jet Pack nya itu lho ... lain dari pada yang lain ... ada api-api roketnya gituh ... asik bener

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Mas Kecil pasti sangat senang, lha teman-temannya saja ikut senang sampai-sampai jet pack-nya jadi gak karuan karena dipinjam sana-sini. Dan pastinya, ibunya juga senang. Segala kerepotan terbayar :)

      Delete
    2. makasih Om, iya, roketnya belum ada sponsornya, hehehe...

      Delete
  3. Wiih emaknya kreatif banget. Salut, deh :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts