KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

CARA MERAWAT REM AGAR TETAP AWET DAN AMAN

Rem mobil sangat penting untuk menunjang keselamatan selama berkendara. Rem mobil jugalah yang mampu mengatur kecepatan laju mobil. Komponen ini satu bagian yang sangat wajib dirawat agar bisa tetap awet dan kinerjanya tetap maksimal. Perawatan rem seperti apa yang harus dilakukan? Ini daftarnya.

• Pembersihan Bagian Cakram dan Kampas Rem

Kedua bagian ini merupakan komponen rem yang harus selalu dijaga kebersihannya. Mengingat kedua bagian ini rentan terkena paparan debu dan benda asing apalagi sehabis melewati jalanan berdebu atau jalanan dengan genangan air. Agar kedua komponen ini tetap bekerja dengan maksimal, lakukan pembersihan cakram rem secara rutin.

• Mengecek Kampas Rem & Kualitas Minyak Rem

Kampas rem dan minyak rem memiliki peranan penting agar rem berfungsi dengan maksimal, Saat melakukan servis berkala, mintalah pada teknisi untuk memeriksa ketebalan kampas rem dan kualitas minyak rem. Jika mendapati kampas yang berkurang dan minyak rem yang mulai habis, segeralah ganti dengan yang baru atau menambahkan minyak rem. 

• Bersihkan kampas & kaliper rem

Kedua komponen rem ini wajib untuk selalu dibersihkan dengan cairan khusus yaitu brake & parts cleaner. Setelah bersih tambahkan pelumas atau brake grease agar seluruh sistem rem ini tidak mudah panas saat bekerja dan saling bergesekan.

• Ganti Minyak Rem Secara Berkala

Sistem pada rem cakram bekerja dengan sistem hidrolis atau tekanan dari cairan minyak rem. Agar kualitas minyak rem selalu terjaga, lakukan pengecekan setiap setiap 3 tahun atau 60.000 km sekali. Lakukan juga pemeriksaan terhadap level ketinggian minyak rem, waspadai jika ada kebocoran apabila level minyak rem berkurang drastis

cara-merawat-rem-agar-tetap-awet-dan-aman


• Lakukan Bubut Piringan Rem

Seiring dengan intensitas penggunaan kendaraan yang semakin sering, kampas rem akan semakin menipis. Biasanya kondisi ini ditandai dengan gejala bunyi decitan pada kendaraan. Selain itu gejala dari kampas rem yang semakin tipis permukaannya adalah getaran yang terasa saat rem digunakan. Biasanya ini disebabkan oleh piringan rem yang sudah tidak rata. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan bubut pinggiran rem agar permukaannya kembali rata. Tapi perlu diperhatikan juga batas minimal ketebalan piringan rem sebelum dibubut, sebab pinggiran yang terlalu tipis wajib dilakukan penggantian dengan yang baru.

• Kenali Bunyi Asing

Gejala umum dari rem yang bermasalah juga bisa dikenali dari bunyi asing yang muncul. Segera periksa ke bengkel resmi Suzuki jika Anda merasa bunyi tersebut mulai mengganggu. Pemeriksaan lebih dini akan mencegah kerusakan semakin parah pada komponen rem yang tentunya akan membuat Anda mengeluarkan biaya ekstra untuk perbaikan. Lakukan penjadwalan servis di bengkel resmi Suzuki dengan klik ke halaman ini www.suzuki.co.id/services




Related Posts

Posting Komentar