Cara Mengganti Ban Mobil Daihatsu Luxio Yang Bocor

Cara-ganti-ban-mobil-kempes-luxio

Hai, assalamu alaikum.

Sejak wabah Covid-19, kami jarang jalan-jalan jauh. Paling pol keliling pedesaan. Tapi sore itu kepingin keluar ke kota, sekadar melihat suasana. 

Baru berjalan kurang lebih 1 km, pas di lampu merah ada orang memberi kode ke suami. Ban mobil kami kempes. Astaghfirullah. Baru juga mau jalan-jalan.

Ya sudah, acaranya ganti dulu, ya. Bukan keliling kota tapi jadi acara mengganti ban mobil Daihatsu Luxio yang bocor.

Kami jalan sebentar selepas lampu hijau. Menepi, melihat keadaan. Iya betul. Bannya kempes banget. Bocor sepertinya. Ban kiri depan.

Saya keluar, berjalan ke bengkel terdekat. Eee, ternyata bengkelnya sudah tutup karena hari libur.

Suami saya tahu sih cara mengganti ban mobil kempes, tapi ada anak kecil di mobil. Takutnya malah nanti dia ikut 'membantu', haha...

Akhirnya suami saya memutuskan minta bantuan sopir kantor yang kebetulan rumahnya agak dekat situ.

Setelah menunggu sekitar 10 menit, yang ditunggu pun datang. Alhamdulillah. 

Tanpa basa-basi, pak sopir langsung beraksi. Sebagai sopir, pasti tahu seluk-beluk ban kempes. Sudah pernah kena musibah ban mobil bocor dan tahu cara mengganti ban mobil yang bocor sendiri, tentu saja. 

Lihat juga videonya di akhir artikel ini, ya.

Cara Mengganti Ban Mobil Daihatsu Luxio Yang Kempes


Pertama, ambil peralatan dulu di mobil. Ada kunci pas besar yang membengkok gitu yang namanya kunci ban mobil dan juga satu set dongkrak mobil.

Setelah siap, barulah aksi dimulai. Kelima baut ban yang bocor dikendurkan pakai kunci ban mobil ke arah kiri dengan cara diinjak. Ternyata begitu to cara membuka baut ban mobil yang keras. Saya baru tahu, hihihi...

Ambil ban serep. Lokasinya di bawah bagasi. Kendurkan dulu bautnya dari atas, lalu lepas penahannya sambil jongkok. Ambil ban cadangannya.

Cara-ganti-ban-mobil-bocor
Di sini bautnya penyimpanan ban cadangan


Setelah itu, pasang dongkrak di bawah mobil di dekat ban yang mau diganti. Pastikan cara pasang dongkrak mobil yang tepat agar aman. Pak sopir sampai dua kali mengepaskan posisi dongkraknya. 

Cara-pasang-dongkrak-mobil-bocor
Perhatikan cara pasang dongkrak untuk mengganti ban mobil yang bocor


Sambung tongkat besi pengait dongkrak, kaitkan ujung yang melengkung ke dongkrak, ujung satunya dikaitkan ke kunci ban mobil yang besar tadi.

Putar dongkrak ke kanan hingga ban yang dimaksud naik posisinya.

Lalu, lepas baut ban pakai tangan. Copot ban perlahan. Simpan baut biar tidak tercecer. Sisihkan ban itu. (((sisihkan 😁)))

Ambil ban serep. Pasang ke tempat roda. Pasang baut dengan tangan.

Turunkan dongkrak dengan memutarnya ke kiri, lalu lepaskan dari badan mobil dan simpan kembali. 

Kencangkan baut ban yang baru dipasang dengan kunci ban mobil. Lagi-lagi dengan cara diinjak biar kuat. Arahnya ke kanan. Berkebalikan dengan saat mengendurkan.

Sudah selesai?

Belum... 

Jangan lupa simpan ban yang bocor tadi untuk ditambal. Simpan juga peralatannya. Begitulah cara memasang roda mobil. 


Ban cadangan Daihatsu Luxio ternyata beda dengan yang asli. Kok gitu? 

Iya, sengaja dibuat begitu biar pengendaranya tahu kalau itu ban cadangan dan berarti ada ban asli yang harus segera ditambal. 

Kalau sudah ditambal, ban asli dipasang, ban cadangannya disimpan lagi.

Ya, alhamdulillah. Akhirnya selesai juga. Kurang lebih mengganti ban mobil Daihatsu Luxio yang bocor ini memakan waktu 15 menit. Jalan-jalan, ayo kita lanjutkan!




4 Comments

  1. kebayang kalau aku mah pastinya gak bisa, berat

    ReplyDelete
  2. Pernah sekali pergi...ban e trouble gini mba. Waktu itu lokasi di jalan sempit menuju salah satu pantai GK. Untung bapakne bocah2 udah pernah simulasi belajar ganti ban... Dan ndilalah kok ya ban serepnya kondisine agak kempes .karena ga pernah kepake/gak pernah dicek. Untunge, nemu bengkel setelah keluar ke jalan raya..jd bisa isi angin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh sama. Ban serepnya waktu itu agak kempes. Mungkin krn lama ga dipake ya? Dan habis itu langsung dipompain ke spbu.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.