Cara Mengetahui Situs Toko Online Yang Terpercaya

toko-online-terpercaya

Hai, assalamu alaikum.

Hari-hari berhujan sudah datang, ya. Beberapa daerah mengalami bencana banjir, bahkan tanah longsor. Saya ikut berduka cita sembari mendoakan semoga banjir segera surut dan yang terkena musibah segera mendapat pertolongan. Aaamiiin.

Indonesia memang sedang berduka di tengah harapan tumbuhnya perekonomian.

Ada kesempatan bagi pelaku bisnis mengingat sebagian besar masyarakat cukup antusias dalam kegiatan belanja online karena dinilai lebih mudah dan praktis.

Akibat kepraktisannya dan antusiasme masyarakat ini ada juga pelaku bisnis abal-abal yang memancing di air keruh alias menipu secara online.

Sasarannya adalah mereka yang baru dalam dunia berbelanja online dan belum terlalu paham tentang seluk beluk dunia marketplace.

Waduh, kejahatan di mana-mana! Nah, biar tidak tertipu kita perlu tahu cara untuk mengetahui situs toko online yang terpercaya.

Apa Saja Ciri Toko Online yang Terpercaya?


1. Mempunyai Fitur Keamanan

Ciri pertama dari situs toko online yang terpercaya adalah mempunyai fitur keamanan.

Ya, dalam fitur keamanan ini kita diharuskan untuk mencantumkan beberapa data seperti nama, alamat, nomor kartu kredit, dan lain sebagainya.

Situs toko online yang sudah terpercaya juga telah dilengkapi dengan sertifikasi SSL dengan tampilan alamat https:// yang disertai dengan ikon bergambar gembok kecil.

Dengan demikian, semua data pribadi yang kita masukkan tidak akan jatuh ke pihak lain.

2. Melampirkan Foto Produk Asli Dengan Kualitas Tinggi

online-shop-terpercaya
Toko online terpercaya pajang foto produk yang asli.

Hal kedua yang harus kita perhatikan adalah foto produk yang dilampirkan oleh suatu situs toko online.

Pada umumnya, situs online shop yang sudah terpercaya akan melampirkan foto produk asli dengan kualitas tinggi.

Ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang dijualnya itu adalah barang asli.

Berbeda dengan penjual penipu. Mereka akan melampirkan foto produk yang diambil dari Google sehingga tampilan gambarnya agak buram.

3. Selalu Menyediakan Customer Service Selama  Jam Pelayanan

Pada umumnya, petugas customer service inilah yang akan membantu kita saat mengalami kesulitan dalam bertransaksi belanja online.

Itu artinya, kita tidak perlu khawatir lagi bila barang yang dibeli mengalami keterlambatan atau bahkan tidak datang sebab kita bisa langsung mengajukan klaim dan retur (pengembalian).

4. Menyertakan Alamat dan Nomor Telepon Yang Bisa Dihubungi

Situs online shop yang memiliki track record bagus itu selalu menyertakan alamat lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Bahkan, terkadang ada beberapa situs e-commerce yang menyediakan satu halaman khusus untuk memuat alamat, nomor telepon dan email yang dapat dihubungi oleh konsumennya, lho.

Dengan adanya alamat toko online yang jelas kita bahkan dapat mengecek langsung lewat mesin pencarian seperti Google Maps, untuk mengetahui lokasi dan kebenaran alamatnya secara detil.

Jika toko online tidak mencantumkan alamatnya yang jelas, maka urungkan niat kita membeli di situs online shop tersebut.

5. Selalu Menampilkan Halaman Testimonial

situs-toko-online-terpercaya
Ada halaman testimonial di toko online yang terpercaya


Ciri-ciri situs online shop yang sudah terpercaya berikutnya adalah selalu menampilkan halaman testimonial.

Berdasarkan dari hasil survei, sebanyak 67% konsumen selalu membaca lebih dari enam testimoni dari konsumen lain sebelum memutuskan untuk membeli.

Bahkan, sebanyak 80% konsumen akan berubah pikiran saat melihat komentar negatif terkait produk atau layanan dari sebuah situs online shop.

Oleh karena itu, sebaiknya cermati dulu ulasan atau review dari konsumen lain sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu produk.

Nah, itulah ciri-ciri dari situs toko online yang sudah terpercaya. Bagi kamu yang ingin berbelanja produk Jansport pada situs online terpercaya, silahkan kunjungi Blibli.com. Tak hanya lengkap dan terpercaya, Blibli juga selalu memberikan diskon pada setiap bulannya, lho.

Comments

  1. Aku juga klo mau beli via online, liat testimoni para pembeli sebelumnya dl...takut foto lebih bagus dr aslinya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts