Yang Menarik Di Taman Glugut

Wisata-jogja

Taman Glugut Wonokromo, Pleret, Bantul sebetulnya bukan salah satu tujuan wisata saat pulang kampung ke Jogja akhir Desember 2018 ini.

Awalnya kami mau ke Kebon Pring, tapi karena lokasi Taman Glugut lebih dekat, sedangkan kami saat itu cuma mau memanfaatkan waktu sebelum sore tiba, akhirnya kami pun ke sana.

Berbekal panduan Google Maps, kami pun menyusuri Jalan Jejeran dan Jalan Imogiri Timur.

Baca juga: Petualangan dan Pengalaman Seru Di Taman Buah Mekarsari

Lokasi wisata alam baru ini tidak jauh dari perempatan Jejeran.

Tempatnya masuk jalan kecil dekat pekuburan, tapi mobil bisa masuk meski gantian saat papasan.

Kirain Taman Glugut ini satu lokasi. Ternyata tidak, saudara-saudara. Tempat dolan ini terbagi dua oleh Kali Opak. Inilah bagian menariknya.

Menyeberang Kali Opak Pakai Rakit Bermotor Di Taman Glugut

Taman-glugut

Di pintu masuk lokasi ada banner yang menunjukkan nama Taman Glugut yang rindang oleh pohon bambu ini.

Masuk sedikit, ada lokasi bermain seperti ayunan di sana. Anak-anak pasti suka.

Taman-glugut

Eh, tapi ada yang lebih menarik: naik rakit untuk menyeberang!

Jadi Taman Glugut ini adalah wisata alam dekat sungai. Kita bisa sekadar duduk-duduk ataupun bermain di pinggir kali.

Untuk naik rakit ini tidak dipatok biaya alias seikhlasnya. Rakitnya bermotor satu, beratap seadanya. Orang-orang mengantre untuk menyeberang.

Taman-glugut-bantul

Kami juga ikut antre dong. Terus saya mikir, "Ke sini kok langsung nyeberang?" 😅😅😅

Pas rakit datang, penumpang turun dan kami naik.

"Awas, kepala...kepala..." teriak petugas.

Memang sih, cukup susah mencari keseimbangan. Paling aman ya berpegangan pada atap pas mau naik.

Di rakit tidak ada pegangan. Cuma ada tiang atap yang jadi tempat pegangan. Tapi santai aja, cuma sebentar dan rakitnya jalan pelan. Andai mau duduk, boleh kok.

Baca juga: Piknik Ke Pantai Pasir Putih Trenggalek

Sampai di seberang, kami menemui lokasi bermain juga. Ada bangku untuk leyeh-leyeh di bawah pohon bambu, ada kursi tidur besar menghadap kali yang asyik banget untuk disinggahi. Sayangnya cuma ada satu.

Ada juga rumah pohon yang tidak sempat kami singgahi.

Oya, di situ juga ada perahu yang disewakan. Bisa dipakai untuk menikmati pemandangan dari kali bersama keluarga.

Taman-glugut
Eh ya ampun, ada ayunan di atas kali

Naik ATV Dan Flying Fox di Taman Glugut


Eh, di Taman Glugut ada ATV! Ada juga motor trek kecil. Anak-anak langsung antusias.

Berhubung cuma ada 1 ATV, kami harus antre. Bayarnya 15.000 sekali putar. Bisa dinaiki 1 orang dewasa dan 2 anak.

Baca juga: Dare to Challenge Myself

Rutenya muter aja sih, cuma karena saya ga ikut naik, jadi ga tahu persis rutenya.

Satu putaran habis, anak-anak lanjut eksplorasi Taman Glugut. Tidak jauh dari pos ATV ternyata ada wahana flying fox. Wah, 4 bocah yang saya bawa ini makin bersemangat.

Baca juga: Piknik Asyik Di Wana Wisata Grape Madiun

Biayanya 5.000 per luncuran. Sekitar 45 meter panjangnya. Seru juga. Buktinya anak-anak sampai mengulang naik lagi.

Sayangnya, satu anak ngambek. Jadi cuma 3 anak yang merasakan sensasinya.



Fasilitas Di Taman Glugut


Standar sih fasilitasnya. Ada tempat parkir, toilet, musholla dan tempat wudhu, tempat jajan mie instan dan minuman, juga tempat selfie.

Musholla dan tempat wudhunya ada di tiap sisi.

Tempat sampah juga ada, sayangnya sebagian pengunjung masih kurang tertib buang sampah.😑

Setelah puas berflying fox, kami pun pulang dengan kembali menyeberang sungai dengan rakit bermotor. Kayaknya ini memang bagian paling asyiknya.

Kesan yang didapat dari Taman Glugut adalah penataannya yang masih perlu sentuhan tangan profesional.

Baca juga: Dolan Ke Alun-Alun Magetan

Kalau saja tempat ini lebih rapih dan lebih bersih, serta tidak hingar-bingar dengan musik dangdut yang diputar di beberapa tempat, tentunya sangat menyenangkan. Suara gemericik air sungai saja rasanya sudah cukup.

Tapi kalau untuk piknik tipis-tipis, boleh banget main ayunan di sini, atau sekadar duduk santai menghadap sungai menikmati hari.

Datang pas pagi sepertinya paling pas.

Dan, jangan lupa, seberangi sungai dengan rakit.



Teman-teman ada juga yang sudah ke Taman Glugut? Gimana kesannya? Ceritain dong di kolom komentar. Yuk, yuk!

Comments

  1. Eh..seru juga ya ternyata. Kata mbakku ipar...paling laris bagian naik perahu. Aku malah belum pernah nyobain.

    ReplyDelete
  2. Meski fasilitasnya standar, tapi murahnya itu loh ..., menarik dan pengin nyobain kesana.
    Flyng fox cuma 5K seluncuran untuk sepanjang 45 meter, itu termurah yang pernah aku dengar dari lokasi wisata lainnya.

    ReplyDelete
  3. Waah seru tuh sepertinya, pasti anak-anak suka kalau diajak kesana :)

    ReplyDelete
  4. Seru banget ada flyng fox nya, jadi pingin nyobain hehe

    ReplyDelete
  5. Seru itu naik motor ATV nya, bisa buat bareng-bareng meski harus antri dulu sih hehe

    ReplyDelete
  6. Cocok buat liburan keluarga tuh hehe

    ReplyDelete
  7. Pingin naik perahunya, kayaknya seru tuh :D

    ReplyDelete
  8. Pas banget tuh kalau buat buat santai-santai :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts