Persiapan Semester Baru

Semester-baru


Halo, assalamu alaikum.

Sudah libur sekolah kan, ya? Sudah punya rencana apa bersama anak-anak untuk mengisi liburan ini?

Kalau saya sih insya Alloh akan pulang ke Jogja...yeaaayyy... Mengunjungi ibu saya, tentu saja. Nyekar ke makam bapak saya juga, insya Alloh dan jalan-jalan.

Ibu saya sudah ancang-ancang mau ajak cucu-cucu dari Madiun ini ke tempat wisata baru dekat rumah. Asyiiik...

Tapi selain rencana pulkam dan sederet acara seru itu, saya juga sudah mulai menggelar persiapan semester baru.

Iyes, karena semester dua dimulai segera setelah tahun berganti, rasanya cukup nyelepek alias mepet kalau disiapkannya setelah pulang liburan.

Untuk semester dua ini karena tidak ada biaya tambahan untuk kegiatan sekolah, jadi agak lega. Kan sudah ditagih saat semester satu. Hehe...

Meski begitu, juga karena anak-anak bertambah besar, memang persiapan semester baru ini harus dirancang sejak sebelum liburan biar anggaran tidak habis dimakan acara jalan-jalan.😅😅

Persiapan Semester Baru, Apa Saja?


Semester baru yang mau datang ini adalah semester dua. Tidak sebanyak persiapan semester satu sih, tapi tetap penting. Coba tebak, apa saja?

Tas Sekolah

Betul sekali. Tas ini bebannya lumayan besar.

Tiap hari dibawa, isinya kadang sampai seberat batu pondasi rumah pula. 😅😅

Sudah itu kadang kehujanan dan sering kepanasan.

Belum lagi kadang anak-anak sering meletakkan tas sembarangan. Kotor deh jadinya.

Pulang sekolah pun biasanya tas ini dilempar ke pojokan.

Ya Alloh, nasibmu, taaas...

Tas Mas Besar sudah perlu dijahit ulang di bagian tali pundaknya. Cuma sobeknya ini cukup besar. Tampaknya perlu dibelikan yang baru.

Masih bisa sih dijahit di tukang permak jeans, kalau anggarannya belum ada bulan ini. Ditunda sebulan mungkin masih sanggup dia.

Punya Mas Kecil juga sama saja. Lebih parah malah. Retsleting kantung depannya sudah lama raib. Tampangnya juga sudah kucel. Maklum, sudah dipakai selama 1,5 tahun.

Ya sudah. Sepertinya memang harus dianggarkan segera.

Baca juga: Perlengkapan Yang Perlu Distok Saat Anak Masuk SD

Sepatu

Lha ini.

Penerima beban terbesar setelah tas sekolah adalah sepatu.

Sama dengan tas sekolah, si sepatu ini juga tiap hari dipakai.

Kena debu, lumpur, air, kadang juga pasir. Pokoknya yang kotor-kotor lah. Apalagi anak laki-laki tuh, sepatu kadang dilempar. Ya dilempar ke tempat penyimpanan, ya dilempar-lempar ke teman untuk mainan.

Sepatu juga harus terbebani pas dipakai olah raga.

Keadaan sepatu kedua mas sih masih bagus. Belum ada yang bolong dan yang terpenting: masih cukup. Insya Alloh ga beli dulu.

Semester-baru


Kaus Kaki

Rekannya sepatu ini seringkali ga perlu nunggu satu semester untuk diganti. Bahkan sepertinya tiap bulan harus beli baru.

Problem kaus kaki yang paling sering saya temui adalah kaus kaki bolong. Dibelikan yang mahal atau murah, sama aja.

Umurnya pendek. Cepet bolong, di daerah tumit dan jari-jemari.

Kadang saya jahit aja bagian bolongnya. Ngirit, sekalian melatih anak peduli dengan barang milik sendiri.

Baca juga: Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Anak Bersekolah Di SD Full Day

Tapi kalau sudah kebangetan bolongnya sampai kayak kaus kaki wudhu, ya harus ganti. Ga enak juga kan dilihatnya kalau ga beli yang baru.

Problem kedua kaus kaki adalah hilang. Baik hilang satu maupun hilang keduanya. Aneh banget kan, tiba-tiba anak pulang dan bilang, "Bu, kaus kakiku hilang satu."

"Kok bisa? Emang ga dipake?"

"Iya. Kusimpan di tas, terus hilang satu."

😒

Pakaian Dalam

Ini juga penting. Biasanya jenis pakaian ini cepat kucel karena bersentuhan langsung dengan kulit secara intensif dan menyeluruh. 😁

Meski begitu, kadang pakaian dalam ini sering terlupakan. Giliran mau dipakai, eh udah ga layak.

Pakaian dalam ini juga sodaraan sama kaus kaki. Ga perlu nunggu ganti semester untuk beli.

Seragam Sekolah

Nah, ini juga patut dipertimbangkan untuk beli yang baru.

Seragam, apalagi yang wajib - kayak merah putih dan pramuka - itu paling sering rusak.

Yang sobeklah, yang bolonglah, yang kancingnya hilang dan juga kekecilan.

Ada juga yang penampilannya amoh alias mbladhus a.k.a. pudar warnanya akibat terlalu sering dicuci-kering-pakai.

Semester depan yang tampaknya wajib dibelikan seragam atasan putih itu Mas Besar.

Sebetulnya seragamnya masih cukup sih, cuma bahannya agak kurang nyaman. Saya juga pingin menggantinya dengan seragam putih berlengan pendek.

Baca juga: Anak Masuk SD? Seharusnya Mereka Sudah Bisa Melakukan Ini Agar Mandiri Di Sekolah

Selama ini berlengan panjang. Dan kendalanya adalah gerah saat cuaca terik dan bagian siku serta pergelangan tangan harus dikucek ekstra sebab di situlah yang paling terlihat kotor.

Untuk seragam atasan putih ini insya Alloh mudah didapatnya, soalnya modelnya standar di mana-mana. Ga kayak seragam pramuka yang kini beda tampilannya.

Sekalian juga bisa sih pas pulkam ke Jogja mampir ke Toko Kedai Pramuka yang legendaris itu. Di situ koleksi perseragamannya komplit-plit!

Alat Tulis

Apalagi yang perlu diperhatikan untuk persiapan semester baru? Alat tulis. Iyes, tentu saja.

Pensil, penghapus, wadah alat tulis, buku tulis adalah yang utama. Untuk kelas 3 dan 4 baru itu saja. Di kelas 5 dan 6 nanti mungkin perlu juga busur derajat dan jangka.

Kalau urusan beli alat tulis, gampanglah. Di warung dekat rumah juga ada. Tapi kalau mau cari yang unik-unik, bisa juga beli di toko stationery online, kayak Carin Stationery ini. Pensilnya lucu-lucu!



Materi Pelajaran

Nah, ini yang ga kalah penting dalam persiapan semester baru. Materi pelajaran.

Dulu pas saya masih sekolah di SMP-SMA, kalau mau ganti semester kadang saya cari bocoran materi berikutnya di toko buku.

Mampir ke Gramedia terus cari buku pelajaran semester berikutnya, lalu baca di bagian daftar isi. 😄

Kalau zaman sekarang mah cari lewat internet aja, ya. Lengkap tersedia sama soal-soal dan tutorial videonya juga. Bahkan mungkin ada aplikasinya juga.

Baca juga: Pekerjaan Rumah Yang Bisa Mulai Diajarkan Kepada Anak Kelas Satu SD

#

Oke...lumayan banyak, ya, hal yang perlu diperhatikan untuk persiapan semester baru. Intinya sih tergantung kondisi dan kebutuhan aja, ya. Bisa jadi semuanya harus disiapkan, bisa juga hanya sebagian saja karena barang-barang yang dari semester lalu masih layak dipakai.

Gimana dengan teman-teman? Ada hal khusus untuk persiapan semester baru?Boleh lho bagi ceritanya di kolom komentar. Yuk, yuk!

Comments

  1. He eh ya...pensilnya lucu. Alat tulis ini yang termasuk kudu beli. Biasanya libur, trus naruhnya sembarangan...tau2 pas butuh mau sekolah lagi ilang

    ReplyDelete
  2. Terkadang kalo persiapan untuk alat tulis tidak menjamin besok akan ada kembali :(, kenapa setiap beli selalu menghilang dengan sendiriinya.. heum

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts