KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Mampir Sholat Di Masjid Agung Magetan

Akhir pekan yang panjang di sepertiga akhir bulan April ini mengajak saya dan keluarga berkunjung ke Magetan dalam rangka refreshing sekaligus menengok salah satu bibi yang baru sembuh dari sakitnya. Pekan ini anak-anak sudah harus menghadapi ulangan harian lagi, jadi sebelum berserius-serius ada baiknya berileks-rileks dulu.

Magetan terkenal sebagai kota yang bersih, setidaknya di masa sebelumnya. Kota yang berada di kaki Gunung Lawu ini punya berbagai tempat wisata yang menarik, salah satunya objek wisata Sarangan yang terkenal itu. Tapi hari ini kami tidak ke sana sebab pastilah jalanan macet luar biasa ke arah Sarangan. Kami hanya main ke Alun-alun Magetan dan mampir sholat dhuhur di Masjid Agung  Magetan.

Masjid ini berada di sebelah Barat Alun-alun Magetan. Setiap masjid yang berada di pusat pemerintahan di Jawa selalu berada di arah Barat alun-alunnya. Beberapa tahun sebelumnya saat kami mampir sholat di sini, masjid ini masih dalam tahap renovasi. Kali ini masjid ini sudah berdiri dengan gagah dan tampak anggun. Masjid Baitussalam namanya.

Baca juga: Masjid Yang Ramah Terhadap Anak

Lahan parkirnya terbagi dua, di sisi Utara dan Selatan untuk kendaraan beroda empat. Sedangkan untuk sepeda motor, bisa diparkir di bagian depan masjid.

Masjid Agung Magetan bernuansa kuning keemasan. Beberapa menara tampak menjulang menambah keindahannya.

Bagian jamaah putri ada di sebelah kanan masjid, tempat wudhunya pun juga di sayap kanan masjid. Pilar-pilarnya besar dan gagah. Tempat wudhu putri cukup bersih. Ada  dua deretan keran air wudhu yang dipisahkan oleh deretan wastafel dan cermin besar. Di ujung luar tempat wudu adalah toilet, masing-masing ada dua toilet, namun saat saya ke sana baru dua toilet di sisi kanan yang difungsikan.
masjid-agung-magetan

Ruang sholat jamaah putri dibatasi dengan penyekat seperti kebanyakan masjid. Bagian dalam masjidnya sendiri merupakan bangunan dua lantai dengan bagian tengah yang terbuka hingga ke langit-langit kubah.

Kubahnya dihiasi dengan ornamen khas bernuansa kuning keemasan.

Baca juga: Masjid Besar Kuno Taman Madiun

Di luar ada tangga menuju lantai atas, namun belum difungsikan. Di teras masjid banyak yang beristirahat di siang terik itu, sekadar duduk-duduk ataupun berbaring. Di dalam masjid dilarang keras untuk tidur-tiduran.

Selesai sholat, anak-anak minta main ke alun-alun. Baiklah, saya pun menemani mereka ke sana, sementara suami saya menghabiskan waktu ngobrol dengan tukang parkir masjid. Setelah capek bermain, kami pun pulang dengan rute baru hasil obrolan suami saya dengan tukang parkir tadi.

Bagi yang sedang berkunjung ke Magetan, boleh banget mampir sholat di Masjid Agung Magetan ini. Adem dan menenangkan di sana. Soal cerita di alun-alunnya, insya Alloh saya sambung di tulisan berikutnya. Teman-teman ada yang pernah mampir sholat di masjid ini juga?

Related Posts

3 komentar

  1. Belum pernah...ke Sarangannya ya belum juga mb....

    BalasHapus
  2. Interiornya mirip kayak masjid Oman di Banda Aceh mbak

    BalasHapus

Posting Komentar