KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Buku Islami Nonpopuler, Teman Di Zaman Akhir

8 komentar
Buku-buku Islami nonpopuler akhir-akhir ini menjadi pilihan saya. Buku Islami yang saya maksud adalah buku yang berisi pengetahuan dan tuntunan berislam yang dapat dibaca kapan saja tanpa terikat tren di masa itu. Yang termasuk di dalamnya adalah: sejarah, tafsir Al-Quran, kitab-kitab ulama terdahulu, kumpulan hadits, tata cara beribadah. Buku-buku yang bermanfaat menurut saya untuk menemani sisa usia di zaman akhir ini.

Membeli dan membaca buku bernuansa keagamaan memang bukan kebiasaan baru saya. Sejak mahasiswa saya suka baca buku keagamaan namun lebih pada buku populer. Seperti buku-buku Harun Yahya, buku tentang Hasan Al-Bana, kisah-kisah inspiratif mempertahankan keimanan, jihad angkat senjata dan sejenisnya. Ya, maklumlah, usia muda itu penuh dengan antusiasme dan idealisme.

Selepas kuliah, saya suka membeli dan membaca buku berbau filsafat, konspirasi dan sejarah Islam. Belum beranjak jauh dari buku idealis deh. Juga feminisme dalam Islam.

Sebagian besar buku-buku itu saya tinggalkan di rumah orang tua di kampung halaman. Biarlah jadi catatan sejarah pergolakan batin dan perkembangan berpikir saya. Kelak mungkin buku-buku itu akan berguna juga bagi penerus saya. Semoga begitu

Selepas masa lajang, saya menggemari buku parenting. Bersiap siaga isi amunisi sebelum berjihad membesarkan anak.

buku-parenting-bagus

Seperti yang saya ceritakan di awal, buku pilihan saya kini condong ke buku Islami nonpopuler yang hampir semuanya saya miliki dengan cara membeli secara daring. Ada yang lewat teman, ada pula yang lewat toko buku daring.

buku-sejarah-islam-kekhalifahan

Dengan penuh kesadaran saya memilih mengoleksi dan membaca buku-buku Islami jenis ini demi memberantas kemiskinan ilmu saya akan agama. Sudah jadi muslim sejak lahir tidak menjamin pemahaman agama saya. Meski tertatih-tatih karena faktor usia, saya tetap bertekad membaca buku jenis ini.

buku-tata-cara-sujud-sahwi

Buku Islami Nonpopuler yang Ternyata Sesuai Keadaan Zaman

biografi-imam-empat-mazhab

Di masa gonjang-ganjing politik seperti saat ini, ternyata buku Islami nonpopuler tetap bisa menyajikan jawaban atas persoalan kekinian. Ketika saya membaca buku Biografi Imam Empat Mazhab (Imam Hanafi, Maliki, Syafii dan Hambali), saya menemukan kemiripan situasi yang dihadapi dalam masa pergolakan kekhalifahan Islam. Di masa Imam Malik, beliau memilih tidak ikut dalam huru-hara politik di masanya, meski belakangan beliau terkena imbasnya juga.

buku-biografi-imam-empat-mazhab

Kemiripan situasi bisa menjadi pelajaran bagi yang membaca. Meneladani sikap salafus sholih pun bisa dijadikan pilihan.

Buku yang bermanfaat menurut saya adalah yang dapat membawa perubahan ke arah kebaikan bagi pembacanya, baik cepat maupun perlahan. Buku yang sarat ilmu hendaknya dijadikan pilihan mengisi hari, di antaranya buku Islami nonpopuler.

Related Posts

8 komentar

  1. Wah aku jg ada mb buku tema ini, walau bahasanya rada berat, tapi insyaalloh banyak manfaat buat bekal ke depan ya baik urusan fidunyawalakhirat

    BalasHapus
  2. Iya Mbak Nita. dibaca kapan aja bisa.

    BalasHapus
  3. Koleksi buku ibu banyak ya, aku juga pernah pada suatu masa, mengkoleksi banyak buku-buku bertema keagamaan.

    Kalaus ekarang banyak parenting, karena sudah menjadi ibu :)

    BalasHapus
  4. Lama aku nggak beli buku. Knp klo ke toko buku..jadinya justru beli buku dongeng. Klo nggak gitu novel..tapi yang obral😀

    BalasHapus
  5. Wow bacaannya berat Mbak Diah. Diresensi, nggak buku2nya? Pengen baca resensinya. Moga menang yaa GAnya

    BalasHapus
  6. Mba, aku juga suka buku seperti yg mba baca. . Filsafat juga suka karena dulu kakakku bnyk buku ttg itu, sedikit tertular hihi..
    Sukses ya mba. moga menang ^^ GAnya

    BalasHapus
  7. Terimakasih sudah mengikuti GA Kisah Antara Aku dan Buku. Nantikan pengumuman pemenangnya di tanggal 15 Nopember 2016.


    Salam,

    Izzah Annisa

    BalasHapus

Posting Komentar