KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Mengatasi Bayi Bangun Di Malam Hari

3 komentar

Yang namanya kaum ibu (dan bapak) hampir semua pasti pernah mengalami masa 'glojokan' pasca melahirkan ini: bayi bangun di malam hari. Ada yang rewel, ada juga yang anteng tapi melek, ada pula yang asyik ngoceh atau bermain sendiri. Kesal? Iya, dong. Sudah shift pagi-siang-sore, kebagian jatah ronda pula! Kapan istirahatnya!? #lebay

Lalu, bagaimana mengatasi bayi bangun di malam hari secara baik?

Berdasarkan pengalaman saya punya dua anak, bayi memang punya kecenderungan bangun di malam hari. Bukan hanya terbangun, ya, tapi juga bangun dan beraktivitas. Biasanya kegiatan bangun malam ini ada pemicunya yang saya sebut sebagai 'gangguan'.

Gangguan non-manusia
Eits, jangan merasa horor dulu, ya. Yang dimaksud di sini adalah kegerahan, digigit nyamuk, cahaya terlalu terang atau keberisikan atau kaget karena suara dan semacamnya.

Kalau keberisikan TV misalnya, ya TV-nya dimatikan dulu. Kalau digigit nyamuk, ya olesi minyak anti nyamuk dulu. Yang penting kenali penyebabnya lalu atasi dan tidurkan kembali.

Gangguan dari si bayi sendiri
Misalnya bayi ngompol atau lapar. Kalau yang ini jelas, ya, diganti bajunya atau disusui. Soal bayi ngompol, saya punya kiat jitu (contekan dari mbak saya). Ketika bayi nangis minta diganti bajunya karena ngompol di malam hari, jangan langsung diganti bajunya. Lho, kok? Iya. Susui saja dulu sampai bayi tertidur lagi, setelah itu barulah dengan leluasa kita gantikan bajunya.

Ada juga bayi bangun malam karena sakit. Kalau sebabnya ini ya harus segera diobati atau dibawa ke dokter. Sudah jelas, dong, ya.

Gangguan dari orang lain
Nah...yang ini nih...kadang pelakunya adalah kita sendiri. Ketika bayi bangun di malam hari malah diajak bicara, dicium-cium, digelitiki, digendong-gendong, diajak jalan-jalan dan sebagainya. Ya jelas saja bayi bakal melek lebar.

Jangan. Sekali lagi, jangan ajak bayi beraktivitas saat ia terbangun di malam hari. Selesaikan hajatnya, lalu tidurkan kembali. Kalau pelakunya orang lain yang serumah dengan kita, mintalah mereka untuk berhenti mengajak bayi beraktivitas. Kan masih kecil, nggak papa lah. Ya, sekarang. Kalau jadi kebiasaan? Kita sendiri yang kewalahan, kan.

Gangguan kebiasaan
Kebanyakan begini ceritanya: bayi  tidur siang lamaaaa sekali, lalu waktu tidur malam terjaga. Solusinya mudah saja: berkorbanlah wahai para ibu dan pengasuh. Berikan seluruh tenaga Anda untuk mengajak bayi beraktivitas di siang hari. Jangan beri kesempatan bayi kenyang tidur siang. Batasi dan buat ia cukup lelah begitu malam tiba. Dengan demikian acara tidur malam bayi pun insya Alloh akan lancar.

Ada juga bayi bangun malam gara-gara pindah kamar tidur, pindah rumah atau menginap. Bayi mungkin merasa sensitif terhadap lingkungan baru. Solusinya: sabar. Peluk, belai dan tenangkan hatinya.

Berikan benda kesayangannya sebagai teman tidur. Kalau perlu turuti keinginan sesaatnya, misalnya minta tidur di kasur di lantai bukannya di tempat tidur. Yang penting buat bayi segera tidur lagi, baru pindahkan dia ke kasur yang seharusnya.

#

Inti dari semua itu adalah bagaimana cara menjaga bayi tidur betulan pada jam tidur malamnya. Kalau sudah terbiasa begini, insya Alloh sampai besar anak akan tertib pada jam tidurnya. Jadilah anak tenang, orang tua pun tenang.

Related Posts

3 komentar

  1. Wah... senang punya temen seperjuangan... Saya juga lagi punya bayi kecil nih, mba... lagi berubah pola tidurnya. Alhamdulillah, sekarang masuk masa transisi yang maksudnya udah mulai berkurang begadangnya...

    Salam kenal, mba...
    www.anggianirifani.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hehe.. wah postingan ini sangat bermanfaat buat bekal saya nanti kalau pny baby yang bangun di malam hari :D

    BalasHapus
  3. mbak Mona: penuh warna ya mbak jadinya. tp anak sy udah gede skrg. itu foto pas mereka bayi. :-)

    mbak Susan: hehe...besok kl sdh dititipi baby ga pk bingung2 lg ya mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar