Minta Mahar

Menikah adalah salah satu hal yang paling mendebarkan sepanjang hidup. Apalagi bagi perempuan. Menikah bukan hanya soal ganti status tapi juga karena dapat hidup bersama dengan pujaan hati secara legal. Sungguh, yang legal itu menyenangkan :-D . Oke, status sudah berubah dari available menjadi unavailable anymore. Selanjutnya apa yang perlu dilakukan setelah lamaran dilangsungkan? Urus dokumen dari RT sampai KUA, berburu gedung, pilih catering, booking perias, dll. Sudah semua? Ada yang terlewat? Jangan lupa minta mahar!
Mahar adalah syarat sahnya nikah dalam Islam. Tanpa mahar, nikah tidak dianggap. Nah, lho. Kayaknya sepele tapi pentiiing banget. Jika jadi calon pengantin lelaki, jangan lupa bertanya ke calon istri, mau mahar apa.
Eh, memangnya boleh calon istri minta mahar? Boleh dong! Bahkan tidak ada batasan dalam mahar, artinya boleh minta apa saja. Namun, calon istri yang baik tentu akan minta mahar yang sesuai dengan kemampuan calon suaminya.
Kalau saya dulu pada awalnya minta mahar yang umum: mukena, sajadah dan kitab suci Al-Quran. Ih, biasa banget ya. Seperangkat alat sholat, gitu, termasuk masjidnya. Hehe...nggak kok. Teringat pesan seorang alim pas pengajian pada acara midodareni saya dulu (H-1), beliau berpesan, "Kalau menyebutkan mahar jangan dengan kata-kata seperangkat alat sholat. Sebab yang namanya masjid itu juga termasuk alat sholat."
Jamaah pun tertawa semua.
"Lebih baik dirinci. Sebutkan saja mukena, sajadah, dst."
Betul juga, ya. Etapi pas akad nikah saya dulu tetap disebutkan 'seperangkat alat sholat'. Hehe... Ga papa lah. Maksudnya juga sudah jelas.
Kembali ke soal mahar. Mahar kedua yang saya minta adalah cincin pernikahan. Perempuan mana yang tak suka dengan perhiasan hayooo... Kenapa minta cincin? Karena menurut saya romantis sekali kalau dikasih cincin pernikahan sama calon suami. *love love*

cincin-pernikahan

Cantik banget, ya, cincinnya!

Pertamanya saya ragu mau minta tambahan mahar. Takut dikira cewek matre hihihi... Tapi akhirnya berani juga. Waktu itu saya dan pujaan hati sedang belanja barang seserahan. Ada sepatu, tas, kosmetik dan mahar. Kok beli sendiri? Iya, pihak keluarga suami memang menyerahkan urusan ini ke saya. Asyik, asyik.
Nah, di tengah-tengah acara belanja itu saya bilang minta dibelikan cincin. Pujaan hati saya mengiyakan. Saya pun langsung memintanya meluncur ke toko perhiasan dan saya langsung menunjuk cincin yang saya inginkan. Kok cepet banget, nggak pakai milih? Hihi...saya sudah survey dulu dua hari sebelumnya, jadi langsung main tunjuk aja di toko.
Nah, buat yang sedang ragu mau minta mahar, jangan bingung lagi, ya. Boleh kok minta mahar asal yang masuk akal.
Artikel ini merupakan artikel bersponsor.

Comments

  1. Itu cincinnya bagus mbak :) Tapi begitu hilang matanya, jelek dehhh :p

    ReplyDelete
  2. Saya dulu nikahnya jaman masih susah Mbak, ndak pake cincin kawin. :)

    Etapi itu udah yakin banget mau dikasih cincin ya kok udah survey sebelumnya :)

    ReplyDelete
  3. perempuan yang baik adalah yang maharnya tidak berat.... lelaki yang baik adalah yang mampu memberikan mahar semaksimal kemampuan dirinya... KLOP deh :D

    ReplyDelete
  4. calon istri saya minta mahar seperangkat alas shalat juga, Bunda, tapi saya berencana membeli cincin juga buat dia. KLOP haha

    ReplyDelete
  5. Kalo mahar nya rumah gmana mba.... temen saya ada loch yang mahar nya rumah... entah itu permintaan siapa saya tidak mau ikut campir hihi

    ReplyDelete
  6. Wah jadi punya gambaran mbak, pengen dikasih mahar apaan :D

    ReplyDelete
  7. Saya dulu nikah pertama mahar uang 20 ribu, kedua mahar 50 ribu, ketiga mahar alat sholat :D

    BTW, sudah follow blognya ya?

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum, salam kenal mbak,

    Asyiiiknya cincin cinta cantik sdh lgsung didapet.

    Mahar bisa bernilai rendah atau tinggi. Sesuai keridloan kedua belah pihak. Betul tidak ?

    Ijin follow blog-nya mbak, Terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Istri saya dulu g mau tak kasih seperangkat alat sholat, langsung minta emas

    ReplyDelete
  10. Oh..ya mbak...cincin pernikahan, harus sepasang...pa boleh satu ya? Cowok boleh make?

    ReplyDelete
  11. Ada juga seorang bapak, memperingati begini, Mbak .... katanya kalo maharnya seperangkat alat shalat itu berarti suami, sebagai imam benar2 membimbing istrinya untuk senantiasa melaksanakan shalat. Dosa besar kalau kemudian istrinya ternyata shalatnya bolong2 ... kan rata2 orang Islam sekarang begitu tuh, Mbak, maharnya alat shalat padahal belum tentu semua orang Islam shalatnya penuh. Jadi menurut bapak itu, suaminya yang berdosa kalo istrinya ternyata tidak shalat dengan baik, apalagi dirinya sebagai suami pun tidak ...

    Iya tuh, mahar memang harus diminta :)

    ReplyDelete
  12. Mudahan-mudahan saya bisa memberi mahar yg banyak buat calon istri saya. Aminn, doakan mbak ya.

    ReplyDelete
  13. Oh baru tahu klo cewe berhak tuk minta mahar. Klo saya mah disesuaikan dengan kondisi keuangan calon pasangan aja dah.

    Kayak udah punya aja...

    #Someday

    ReplyDelete
  14. di daerah tempat tinggalku biasanya pake mahar satu set perhiasan gitu. Kalung, cincin, gelang. Ngomong-ngomong, cincinnya cantik banget mba. Jadi kepengen :)

    ReplyDelete
  15. saya ngg minta mahar tapi dapatnya lumayaaan mba hehe..cincinnya kereeen ya #salahfokus :)

    ReplyDelete
  16. Sama, sy juga dulu nyari berdua sama suami.
    Hehe betul, jgn minta mahar yg syusyah krn urusan nikah ga cm mahar aja.

    ReplyDelete
  17. kalau mahar dalam bentuk mobil atau kendaraan boleh kan ? asal suami mampu kan ? hehehehe

    ReplyDelete
  18. Mahar itu akan menjadi hak si istri. Dalam perjalanan rumah tangga, terkadang mahar ini dapat berperan dalam membantu perekonomian di tengah asam garam (bila si istri ridho menggunakannya)

    Berkunjung juga ya ke blog sy http://bit.ly/ayomaubertanya dan meninggalkan jejak/komentar di sana, agar pada kesempatan lain saya dapat kembali membaca tulisannya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts