Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu Yang Pelupa

Ibu-ibu-ngeblog


Halo, assalamu alaikum.

Bulan Maret hampir habis, ya. Tidak terasa tahu-tahu blog ini hampir berlumut.

Lupa menulis? Enggak juga sih sebetulnya, tapi entah kenapa draft yang sudah disusun tidak kelar-kelar juga. 😅

Malah ada juga draft yang sudah selesai tapi calon gambar-gambarnya tidak sengaja terhapus. Waduh...

Meski itu adalah kabar buruk, tapi ada kabar baik juga kok yang mau saya bagikan. Yaitu...lahirnya buku antologi 'Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu' yang dikomandoi oleh komunitas IIDN alias Ibu-Ibu Doyan Nulis yang diasuh oleh Teh Indari Mastuti.

Momblogger
Bagi yang ingin bergabung dengan IIDN, boleh banget klik gambar ini. Eh tapi khusus perempuan, ya.

Buku ini menceritakan jatuh-bangunnya, suka-dukanya para ibu yang punya hobi ngeblog. Nama saya ikut terpajang di sana.

Aih, cerita soal apa, sih, saya di buku itu? Insya Alloh saya ulas bukunya di kesempatan mendatang, ya. Sekaligus ada kejutan kecil, insya Alloh. Sekarang cerita soal kisah lucu di baliknya dulu, ya.

Kalau yang ini bukan antologi, tapi kumpulan cerpen: In the Land of Strangers

Jadi begini. Pada suatu ketika di tahun 2018 saya lihat pengumuman untuk bikin antologi soal ngeblog di grup IIDN di facebook.

IIDN pingin juga dong membagikan pengalaman ibu-ibu ngeblog ke dunia luas supaya menjadi inspirasi bagi jutaan ibu lainnya.

Ibu-ibu anggota IIDN yang punya blog dipersilakan mengirim naskah bertema ngeblog. Naskah yang lolos uji nantinya berhak tampil di buku antologi 'Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu'.

Pilihan topiknya adalah: latar belakang ngeblog, cara menjaga konsistensi ngeblog dan monetisasi blog. Jadi buku ini bukan buku panduan teknis ngeblog, tapi lebih ke soal motivasi dan kisah-kisah menarik seputar ngeblog.

Berhubung saya merasa fakultas saya bukan di soal konsisten ngeblog dan atau monetisasi blog 😅😅, maka saya mengirim tulisan berjudul 'Ibu-Ibu Harus Ngeblog'.

Ini judul maksa banget, yak?! Harus Ngeblog!

Setelah menulis beratus-ratus kata di MS Word, saya kirim deh naskah itu ke IIDN. Ya siapa tahu rezeki, gitu.

Buku antologi saya juga: Hati Ibu Seluas Samudra

Hari demi hari, bulan demi bulan, tak terasa saya sudah lupa dengan kegiatan itu. Sampai suatu ketika di akhir trimester ketiga, eh...akhir tahun 2018, ada yang mencolek saya di grup facebook IIDN.

Katanya naskah saya lolos.

Saya pun bingung, bertanya-tanya. "Naskah yang mana, ya?" Maklumlah, saya ikut banyak grup di facebook, jadi sering bingung sendiri.

Saya membaca pengumuman itu berkali-kali, mengamati nama-nama lain yang disebut naskahnya lolos, kok ya nggak muncul juga ingatan itu.

Akhirnya saya menyerah. Lalu saya lihat ada seorang teman blogger yang sangat familiar buat saya: Mbak Mugniar, yang namanya juga disebut di sana.

Saya memberanikan diri menyapa beliau lewat WA, karena kebetulan saya dan Mbak Mugniar bergabung dalam satu grup WA yang sama.

Mbak Mugniar membalas chat WA saya. Kami berbalas chat, tapi lagi-lagi ingatan saya tentang naskah itu belum muncul. Sempat terlintas di pikiran kalau seseorang telah salah mencolek saya di grup IIDN.

Saya juga ada di buku antologi ini: 24 Resep Kue dari Dapur Blogger Kece

Setelah bersuuzon seperti itu, tiba-tiba Masya Alloh, saya mendadak ingat.

"Ooo...iya...saya dulu pernah ngirim naskah lewat email." Hahaha...

Mbak Mugniar ikutan tertawa lega.

Alhamdulillaah.

Nah, inilah penampakan sampul buku 'Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu' karya anggota IIDN.

Buku-antologi-tentang-blogging
Sampul buku antologi 'Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu'

Teman-teman bisa temukan tulisan keren dari bloger ternama seperti Mbak Mugniar, Mbak Helena Safitri,  Mbak Widyanti Yuliandari dan sederet nama bloger beken lainnya.

Mbak Widyanti Yuliandari ini sendiri adalah Buketu kami alias Ibu Ketua kami di grup IIDN. Beliau juga yang menyemangati para penulis di buku ini untuk selalu berpromosi.

Menurut Mbak Wid, pre-order buku yang berlangsung Februari hingga 1 Maret kemarin terbilang sukses. Duh, saya ikut terharu.

Saat ini buku sedang dalam pengiriman dari penerbit ke pemesan.

Rasanya nggak sabar ingin segera pegang buku antologi ini. Karya sendiri, gitu lho, meski cuma beberapa halaman, hehehe...

Teman-teman sudah pesan juga kemarin? Atau ada yang baru tahu dan kepingin pesan juga sekarang? Pemesanan insya Alloh bakal dibuka lagi di bulan April.

Oh iya, saya mau bagikan buku antologi 'Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu' ini secara gratis. Ga banyak, sih, 2 eksemplar aja. Mau? Mau? Tunggu informasi selanjutnya di blog ini, ya.




Comments

  1. Wah ada yang mau bagi-bagi buku gratis nih. Yuk pantengin terus blognya

    ReplyDelete
  2. Mauuu dong buku gratisnya hehe. Harus pantengin blog ini terus nih

    ReplyDelete
  3. Ngeblog itu memang seru banget lho ya Mbak. Semangat semangat

    ReplyDelete
  4. Bagus banget lho ya bukunya. Keren, semoga laris manis hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts