Minuman 'Halal' Yang Mirip Minuman Beralkohol

Minuman-halal-beralkohol


"Temanku di kelas ada yang suka minum 'B**tang Zero', Bu."

"Kok bisa?"

"Katanya halal. Ga ada alkoholnya gitu."

Itulah obrolan saya dengan Mas Besar di siang itu soal minuman 'halal' yang mirip minuman beralkohol.

"Mas ga boleh minum yang seperti itu, lho, ya."

"Kenapa ga boleh, Bu?"

"Soalnya minuman itu tetap haram hukumnya."

Satu lagi persoalan agama yang harus saya sampaikan kepada anak-anak.

Dua, sebetulnya.

Pelajaran yang pertama soal minuman halal yang mirip minuman beralkohol tadi.

Setahu saya, sejak saya kecil, yang saya ketahui dari minuman bermerk 'B**ntang' itu, ya haram.

B**ntang itu identik dengan bir. Namanya saja Bir B**ntang yang kadang papan namanya ada di klub-klub malam itu.

Maka ketika saya melihat dan mendengar ada 'B**ntang Zero', yang ada di dalam benak saya, ya tetap saja ini minuman haram buat umat Islam.

Minuman-beralkohol-halal
Minuman halal yang mirip minuman beralkohol

Kok sekarang ada anak SD yang minum seperti itu, sedangkan SD-nya SD berbasis agama Islam?

Mungkinkah orang tuanya lupa? Atau mungkin belum tahu?

Baiklah. Yang jelas itu sudah terjadi dan saya harus mengabarkan perkara keharaman barang tersebut kepada anak laki-laki itu.

Hukum Minum Minuman Halal yang Mirip Minuman Beralkohol


"Minuman atau makanan yang berasal dari bahan yang halal tetapi menyerupai barang haram, hukumnya haram," kata saya.

"Kenapa?" tanyanya.

"Dikhawatirkan bisa membuat kita terbiasa. Lama-lama kita bisa-bisa ikut minum yang beralkoholnya beneran."

"Ooo gitu."

Menurut MUI, segala jenis makanan dan minuman yang menyerupai barang haram hukumnya tetap haram meskipun bahannya halal.

"Contohnya: keripik rasa kulit babi yang terbuat dari kentang dan tidak mengandung unsur babi sama sekali hukumnya tetap haram."

Lalu saya sebutkan merk minuman yang diklaim tanpa alkohol oleh produsennya tapi mengusung nama minuman beralkohol.

Penting sekali ini dijelaskan kepada anak-anak karena pada kenyataannya di rak mini market pun minuman jenis ini ada.

Merknya juga beragam. Asalnya juga ada yang dari dalam dan luar negeri.

Yang diharamkan agama adalah segala sesuatu yang memabukkan alias  khamr. Banyak atau sedikit tetap hukumnya haram.

Khamr tidak hanya berupa minuman beralkohol. Lem yang bikin mabuk, narkoba juga digolongkan dalam khamr.

Apa Saja Minuman yang Diklaim Halal Tapi Mirip Minuman Beralkohol?


Sepanjang yang saya tahu ada yang namanya sparkling alias wine tanpa alkohol. Ini ada beberapa merk dan sudah masuk ke Indonesia.

Kemudian bir tanpa alkohol seperti yang diceritakan di awal tulisan. Ada juga wiski halal dan sebagainya.

Janganlah tertipu dengan klaim bahwa minuman tersebut telah beredar di UAE atau negeri muslim lain. Kalau mirip, ya tetap haram.

Banyak yang Minum Minuman Halal yang Mirip Minuman Beralkohol. Jadi, Halal?


"Tapi kok teman-temanku minum itu?"

"Ya mungkin mereka belum tahu," jawab saya.

Ini juga yang mau saya sampaikan kepada Mas Besar.

Pelajaran kedua: tidak semua hal yang dilakukan banyak orang itu lantas menjadikan sesuatu itu benar.

Di usia jelang baligh seperti ini memang godaan untuk ikut-ikutan teman makin meningkat.

Saya kadang merasa khawatir, cukup tidak, ya pendidikan yang saya sampaikan ke anak-anak?

Padahal tidak boleh, ya orang tua merasa pesimis. Setelah berusaha membekali anak seoptimalnya, pasrahkan mereka kepada Sang Mahakuasa.

"Tapi, Bu. Kok tukang jaga malam sekolah juga ikut minum itu?" tanya Mas Besar sedikit protes.

Nah, ini.

"Barangkali dia belum tahu juga, Mas. Mas dong yang kasih tahu mereka."

Ah, saya kok jadi penuntut. Hahaha...

Nah, bagaimana pendapat teman-teman soal minuman halal tapi mirip minuman beralkohol ini? Ada yang punya pengalaman seputar ini? Cerita, yuk di kolom komentar. Yuk, yuk!





Comments

  1. Anakku sempat mau ambil merk ini juga mb, di indogrosir. Dikiranya minuman mirip2 pocari sweat gitu..wong letakinnya juga deketan. Trus tak bilang.."hush..ga usah. Itu mbikin mabuk"

    ReplyDelete
  2. Wah iya juga nih ya Mbak, kalau ku jadi ketagihan minum gitu bisa bisa minum yang beneran nih ya

    ReplyDelete
  3. Hmm memang nih ya Mbak ada beberapa minuman yang hampir mirip dengan alkhohol

    ReplyDelete
  4. Pencegahan nih ya Mbak biar nggak minum minuman keras yang beneran nih

    ReplyDelete
  5. Untungnya saya nggak pernah minum nih Mbak, soalnya juga nggak suka

    ReplyDelete
  6. Bener juga ya, kadang beberapa temen muslim juga minum itu loh, alasannya nggak haram karena non Alkohol.

    Saya sendiri familier banget ama Bir Bintang yang alkoholnya parah.
    Soalnya dulu waktu kecil tetanggaan semua non muslim, terus pas gede ngekos dengan non muslim yang isi kulkasnya ada bir bintang hahaha

    Saya kadang heran, apa enaknya coba.
    Surabaya itu panas, kok minum minuman panas juga :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts