KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Asal-Usul Nama Kucing

Kucing, mamalia dari suku Felidae ini memang suka mencuri hati. Kadang mencuri ikan juga sih. Sampai-sampai tetangga saya ada yang masang pagar dengan tujuan khusus mencegah kucing masuk. Maklumlah di lingkungan sini banyak kucing liar.

Ada pendatang yang entah dari mana datangnya, ada nomad yang numpang hidup di sini lalu tahu-tahu nggak ada lagi, ada kucing terlantar gara-gara sudah nggak disayang pemiliknya, ada juga bayi-bayi kucing yang sebetulnya merupakan penduduk asli sini tapi termarjinalkan akibat tidak diakui sama si empunya simboknya.

asal-usul-nama-kucing
Sumber gambar: Pixabay

Di luar segala cerita tadi, baik kucing liar maupun kucing peliharaan seringkali punya nama. Memang sih bukan orang tua, eh...kucing tua (baca: induk) mereka yang kasih nama melainkan manusia di sekitar mereka, tapi bolehlah itu disematkan kepada mereka. Tentang nama kucing, biasanya terinspirasi dari mana? Dari mana hayooo. Coba yuk kita telusuri.

Memang Nama Kucing
Pussy, Ketty, Kitty adalah contoh nama umum yang populer. Nama yang bagus ya? Enak diingat pula.  Pussy jelas berhubungan dengan cara manusia memanggil kucing. "Pus!" Gitu kan, ya? Ketty dan Kitty, diambil dari nama mereka dalam berbagai bahasa. Cat, Kat, apalagi, ya?

Nama yang Mengandung Pengharapan
Si Manis, adalah nama kucing yang juga sering dipakai. Maksudnya tentu untuk mendoakan agar si meong menjadi kucing yang berperilaku manis dan menyenangkan. Tetangga saya ada tuh yang suka menyematkan nama 'Manis' pada semua kucing tetangga yang belum dia ketahui namanya.

Baca juga: Kucing Pun Mengajarkan Kasih Sayang

Nama Berdasarkan Penampakannya
Si Gendut, Si Belang, Si Putih, Si Bundel dan sebagainya. Semua nama itu berdasarkan ciri fisik si pus. Kucing di rumah saya yang sebenarnya merupakan kucing tetangga juga saya kasih nama si Gendut. Nggak tahu dia dipanggil dengan nama apa sama si empunya, tapi saya memanggilnya Pus, eh... Gendut.

Kenapa Gendut? Soalnya dulu pas masih kecil gendut, sekarang sih nggak begitu gendut lagi. Nggak apa lah, biar tetap gendut dia, haha...

Baca juga: Pendekar dan Masalah Kucing Piatu

Nama Imut
Kimo, nama kucing teman saya. Artinya apa, ya? Yang penting nama imut deh. Ada juga kucing sepupu saya namanya Chipy. Artinya? Nggak tahu, hehehe... Ada juga kucing di sekitar rumah yang dikasih nama Kisi oleh anak saya.Macam-macam deh.

Nama Dari Tokoh Idola
Kucing-kucing saya dulu, Weslie dan anak-anaknya diberi nama berdasar nama tokoh kartun idola anak saya. Ada Marshall, Everest, Rocky dan Sky. Nama-nama itu diambil dari nama tokoh Paw Patrol.

Apa lagi, ya, asal-usul nama kucing? Ada yang punya cerita asal-usul nama kucing lainnya? Boleh dong bagi ceritanya di sini. Yuk, yuk!

Related Posts

2 komentar

  1. Your kitten is so cute if she really belongs to you. Sorry but your post is not in english language thats why dint get it clearly.

    BalasHapus
  2. Saya biasanya memberi nama kucing peliharaan dengan nama yang mirib dengan nama saya...

    BalasHapus

Posting Komentar