KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Cara Mengelola Stres Akibat Keadaan yang Kurang Menyenangkan

2 komentar

Cara mengelola stres akibat keadaan yang kurang menyenangkan. Pasca wabah Covid-19 yang menimbulkan banyak pertanyaan itu, membuat orang stres, depresi, jenuh, merasa sendirian dan perasaan negatif lainnya.

Bukan melulu masalah penyakit dan vaksin tetapi juga masalah ekonomi. Padahal para ahli telah mengetahui bahwa stres bisa menurunkan kekebalan tubuh. 

Stres Dan Soal Imun Tubuh

Sebelum membahas cara meningkatkan imun tubuh, ada baiknya kita bahas dulu mengenai stres. Apa itu stres?

Stres adalah reaksi tubuh terhadap perubahan. Stres dipicu oleh pikiran yang timbul saat seseorang putus asa, marah atau bahkan saat bersemangat.

Ternyata bukan hanya pikiran negatif yang bisa memunculkan stres, perasaan gembira pun bisa melahirkan stres.

Ciri-ciri tubuh yang stres antara lain: tekanan darah meningkat, jantung berdegup lebih kencang, napas lebih cepat.

Akibat yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, seperti sulit tidur, kehilangan nafsu makan, mengalami perubahan perilaku, suasana hati sangat cepat berubah.

Sebetulnya stres bisa berakhir saat penyebabnya menghilang. Namun stres juga menurunkan imun tubuh sebab stres memicun keluarnya hormon adrenalin dan kortisol yang, antara lain, menekan jumlah sel darah putih.

Lalu, Bagaimana Agar Kita Tetap Bisa Mengelola Stres? 

Dekatkan Diri Kepada Tuhan

Terimalah keadaan kurang menyenangkan ini sebagai sesuatu yang sudah digariskan Tuhan. Perbanyaklah quality time dengan-Nya. Berpikirlah positif bahwa ini cara Tuhan mendekatkan kita kepada-Nya.

Lakukan ibadah dengan sepenuh hati dan tepat waktu. Ini saat yang tepat untuk bersedekah, membantu sesama dan memperdalam ilmu agama termasuk di dalamnya membaca dan menghafal Al-Quran bagi kaum muslimin.

Pasrahkan diri kepada Tuhan dan yakinlah bahwa Dia akan mengangkat kesulitan ini nanti.

Konsumsi Makanan Bergizi

Sayur dan buah bisa menguatkan imun tubuh. Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin dan serat. Tubuh yang sehat bisa membantu kita tetap fit saat mengalami perubahan.

Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula dan kurangi makanan olahan serta gorengan.

Buah dan sayur bisa jadi pilihan utama. Buah tidak harus yang mahal. Buah musiman bisa jadi solusi, saat jumlahnya di pasar melimpah biasanya harganya jadi bersahabat.

 Kita ingin tetap menjaga kesehatan, bukan? Apalagi bagi Anda yang menjelang atau sudah menopause.

Cara-mengelola-stres


Berhenti Mencari Berita Negatif

Saat keadaan kurang menyenangkan, hindarilah mencari berita negatif. Misalnya menjelang pemilu seperti sekarang memang banyak berita aneh-aneh berkeliaran. Ada berita betulan, ada juga berita buatan. Kadang keduanya dibungkus dengan kalimat bombastis nan memancing. Hal-hal begini kalau diikuti bisa bikin stres. Jadi, lebih enaknya kita hindari saja. 

Melakukan Hal-Hal yang Menyenangkan

Salurkan energi kita ke hal-hal positif kita sukai. Memasak kue, misalnya, kini saat yang tepat untuk mencoba resep masakan yang selama ini hanya tersimpan di folder ponsel.

Menemukan hobi baru juga bisa membantu kita terhindar dari stres.  Carilah ilham di YouTube atau Instagram. Ada banyak hal baru yang bisa kita coba.

Ikuti kegiatan komunitas daring sesuai passion. Banyak aktivitas di dunia maya yang bisa kita jadikan teman pengusir stres.

Olahraga Agar Imun Tubuh Kuat

Berolahraga ringan di rumah sangat mungkin dilakukan saat ini. Senam, misalnya, bisa dilakukan bersama keluarga ataupun sendirian.

Tujuan berolahraga di sini selain untuk membakar kalori agar tak menumpuk, juga bisa menyebabkan badan bugar dan pikiran rileks.

Membersihkan rumah, meskipun menghasilkan banyak keringat bukan termasuk olahraga. Pilihlah olahraga yang benar-benar olahraga.

Itulah beberapa cara mengelola stres yang bisa kita lakukan. Keadaan kurang menyenangkan memang tidak enak. Namun stres yang timbul akibat keadaan itu juga bisa berbahaya bila tidak kita tangani dengan baik. 

Related Posts

2 komentar

  1. Di bawah tekanan dari pekerjaan maupun lainnya dalam kehidupan pasti stres terpicu. Tidak bisa dipungkiri kalau mulai ada beban pikiran, kegiatan lainnya juga terhambat dan menimbulkan stres berlebih. Apalagi di masa sekarang yang serba maju dan penuh persaingan. Hal yang terpenting memang memulai gaya hidup sehat. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Sip, menarik banget tips nya. Iya mba...usia2 rawan stress... kudu di maintance sendiri, pie carane bene tetep sehat. Wis, pokoke anugrah terindah dan termahal ki sehat

    BalasHapus

Posting Komentar