Tips Agar Anak Doyan Minum Susu Bubuk Indomilk, Susu Dengan Nutrisi Lengkap

Optinutri

"Aku ga mau minum susu," Mas Kecil menolak tawaran saya membelikannya susu dengan nutrisi lengkap, susu bubuk untuk anak 9 tahun ke atas.

"Kenapa? Susu kan bagus untuk tubuhmu," tanya saya kaget.

Anak ini dulunya doyaaan banget sama susu. Tapi kali ini kok...?

Mas Kecil diam tidak mau menjawab. Anak ini kalau sudah bilang tidak, ya berarti tidak. Kalau mau membuatnya berubah pikiran, harus bisa 'mengalahkannya' dengan mengedepankan logika.

Begitulah anak laki-laki. Apa-apa maunya dilogika.

Senang sih, berarti anak tanggap terhadap permasalahan yang ada. Tapi sedih juga kalau tidak bisa menemukan jawaban yang masuk akal baginya.

Baca juga: Anak Masuk SD Seharusnya Sudah Bisa Ini

Bahkan wali kelasnya di sekolah juga merasakan hal yang sama. Mas Kecil adalah anak dengan kemauan keras. Sedikit kaku, gitu.

"Kalau sudah bilang A, ya harus A," kata ustadzahnya saat saya berkonsultasi ketika pengambilan rapor semester satu kemarin.

"Terus, bagaimana, Ustadzah?" tanya saya.

"Ya harus saya lunakkan dulu, Bunda. Saya ajak berpikir, saya pancing logikanya. Kalau sudah 'kalah' baru Ananda ini mau menerima pendapat lain."

Ahaha...sifat kayak gini ini menurun dari siapa, coba. Perasaan saya ini ga kaku-kaku amat. 😄

Baiklah. Saya harus berputar dulu sebelum mengorek keterangan darinya.

"Dulu Mas suka banget, lho, minum susu. Apalagi yang rasa coklat."

"Iya. Tapi sekarang enggak lagi."

"Tahu nggak, Mas, susu itu salah satu sumber apa?" tanya saya memancingnya.

"Mmm...kalsium?" tebak si anak klas 3 SD itu.

"Betul. Kalau Mas mau tumbuh tinggi, tulang dan giginya kuat ya sebaiknya minum susu," lanjut saya.

"Jangan kayak Ibu nih. Gigi Ibu keropos gara-gara kurang kalsium. Masih inget kan gigi Ibu yang dicabut waktu itu? Item, keropos."

Baca juga: Eksperimen Cabut Gigi

Mas Kecil manggut-manggut. Dua gigi saya memang keropos dan salah satu di antaranya terpaksa dicabut.

"Kalau Mas ga minum susu, kira-kira dari mana dapat kalsiumnya?"

"Makan tulang?" jawabnya.

"Yeee...emang kuat gitu makan tulang?" canda saya.

Mas Kecil tertawa.

"Tapi kata temanku, minum susu itu kayak anak kecil!" katanya tegas.

Oooh...jadi ini penyebabnya. Perkataan temannya sangat membekas di hatinya.

"Temanmu itu siapa?"

"Si V," katanya.

"Si V satu kelas sama Mas?"

"Dulu. Pas kelas satu."

Oooh...

Ya, begitulah. Di usia segini memang pengaruh teman mulai terasa.

Mas Besar saja, kakaknya Mas Kecil, pernah ngotot minta dibelikan pomade gara-gara sebagian besar temannya pakai pomade.

Sepertinya perkara sepele, ya? Cuma omongan teman aja kok dipikirin.

Tapi ya gitu. Orang tua tidak boleh menafikan perkembangan mental yang satu ini.

Perasaan ingin diterima dalam kelompok itu sungguhan ada. Kalau beda dengan mayoritas rasanya ga nyaman.

Duluuu...saya juga pernah merasakan itu. Pingin cantik kayak si Anu, pingin kalem kayak si Inu. Padahal saya ga bisa jadi seperti Anu dan Inu karena saya ya saya.

Cuma, perasaan 'saya ya saya' itu muncul belakangan, setelah dewasa. Jadi pas masa-masa galau itu ya tetap aja labil. Hahaha...

Susu-bubuk-indomilk-dengan-optinutri-agar-anak-tinggi-tangguh-tanggap

Kembali ke Soal Susu dengan Nutrisi Lengkap

Sebetulnya susu yang baik itu yang seperti apa sih? Yuk, kita sedikit review susu bubuk.

Tergantung ya. Ada susu formula untuk bayi, ada juga susu pertumbuhan untuk anak di usia di atasnya, misalnya susu untuk anak 4 tahun ke atas.

Ada juga susu untuk ibu hamil, susu untuk ibu menyusui dan susu untuk usia lanjut. Semuanya dirancang sesuai kebutuhan nutrisi tubuh di periode itu.

Susu dengan nutrisi lengkap untuk anak sekolah, misalnya. Susu yang baik adalah yang bisa mendukung pertumbuhan anak agar #TinggiTangguhTanggap .

#SusuBubukIndomilk susu dengan Optinutri yaitu susu dengan Omega 3, sumber protein dan kalsium tinggi, bisa membantu anak tumbuh tinggi, tangguh dan tanggap.

Susu-bubuk-indomilk-tinggi-protein

Anak dengan tubuh tinggi normal berarti punya peluang lebih besar untuk meraih cita-cita di masa depan yang berhubungan dengan fisik. Misalnya, jadi pilot, tentara, atlet, bahkan perawat.

Saya baru tahu lho kalau ternyata untuk mendaftar di sekolah perawat ada syarat minimal tinggi badan.

Untuk apa ada syarat tinggi badan? Sebab nantinya perawat bekerja dengan alat-alat di rumah sakit yang mengharuskannya bertubuh tinggi. Yakali perawat mau pasang infus kudu naik meja?

Susu dengan Optinutri yang mengandung protein tinggi juga bisa membantu anak punya tubuh tangguh menghadapi tantangan agar tidak mudah sakit.

Dulu pas masih gadis saya sering heran kalau ada ibu-ibu yang repot saat anaknya sakit. Apalagi anak yang masih kecil.

Batin saya, lebay amat ibu-ibu itu. Dikasih obat aja kan beres.

Ternyata setelah punya anak dan merasakan sendiri punya anak yang lagi sakit, duuuh...serasa dunia gelap gulita.

Sudahlah anak cuma mau nempel ke emaknya melulu, sedikit-sedikit nangis, dikasih obat ga mau. Hhh...😣

Beneran deh, anak sakit itu bikin sedih. Selain anak jadi rewel, pertumbuhannya juga bisa terganggu.

Sekarang saya percaya banget kalau protein tinggi itu sangat penting dikonsumsi dalam masa pertumbuhan anak agar anak punya tubuh yang tangguh menghadapi tantangan dan ga gampang jatuh sakit.

Omega 3, salah satu asam lemak esensial, membantu mendukung kerja otak.
Punya anak yang tanggap, cerdas dan kritis itu salah satu cita-cita terbesar orang tua. Anak yang tanggap bisa punya prestasi yang bagus di sekolah.

Nilai akademik bagus konon bukan satu-satunya tolok ukur kesuksesan anak. Tapi prestasi akademik bisa membuka peluang di bidang-bidang yang diminati anak. Betul, ga?

Tips Agar Anak Doyan Minum Susu Dengan Nutrisi Lengkap

Susah-susah gampang memang menaklukkan pendirian anak.
Jadi apa tipsnya agar anak suka minum susu?

Pertama, ajak anak untuk mengenal nutrisi apa saja yang diperlukan tubuhnya. Buat daftar nutrisi makro dan mikro lalu minta anak menyebutkan jenis makanan atau minuman apa yang menyediakan nutrisi tersebut. Masukkan Susu Bubuk Indomilk ke dalam daftar minuman dengan kalsium tinggi.

Selanjutnya, minta anak menyebutkan mana saja jenis makanan atau minuman yang sudah dikonsumsinya dan yang belum dia konsumsi atau sudah dikonsumsi namun kurang jumlahnya.

Jelaskan kepada anak risiko yang terjadi jika tidak atau kurang mengonsumsi suatu jenis sumber nutrisi. Misalnya tubuh tak bisa tinggi karena pertumbuhan tulang kurang optimal gara-gara kekurangan kalsium.

Bukan cuma mengandung kalsium tinggi. Susu Bubuk Indomilk juga tinggi akan protein yang bisa mendukung anak tumbuh dengan badan yang tangguh menghadapi tantangan.

Omega 3, salah satu asam lemak esensial, tersaji dalam Susu Bubuk Indomilk. Ini penting banget, ya, karena yang namanya Omega 3 itu tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Harus didatangkan dari luar dalam bentuk makanan dan minuman.

Buat apa sih Omega 3 ini kok kayaknya penting banget? Penting dong, karena Omega 3 berperan dalam mendukung fungsi otak.

Baca juga: Membuat Helm Astronot Dari Kertas Beserta Jetpack-nya

Biarkan anak membuat gambaran dalam pikirannya untuk meyakinkan dia bahwa susu termasuk jenis minuman yang penting dikonsumsi.

Kedua, pilihkan varian rasa susu yang digemari anak. Mas Kecil misalnya, suka sama susu rasa coklat. Maka cara yang paling bijaksana adalah dengan memberinya susu coklat yang lezat.

Rasa-susu-bubuk-indomilk

Susu Bubuk Indomilk dengan Optinutri kini hadir dengan 3 varian rasa. Ada Full Cream, Instant dan Choco.

Untuk yang varian Full Cream dan Instant tidak ada tambahan gula. Aman buat gigi-geligi anak-anak. Juga menghindarkan tubuh anak dari gula yang berlebihan.

Susu-bubuk-indomilk-dengan-optinutri-tinggi-tangguh-tanggap

Oya, Susu Bubuk Indomilk selain tersedia dalam ukuran kotak, ada juga yang berukuran sachet.

Ini saya punya gambar tentang takaran dan cara penyajian Susu Bubuk Indomilk kotak dan sachet.

Cara-penyajian-susu-bubuk-indomilk

Itulah dua tips yang bisa saya sampaikan seputar membuat anak doyan minum susu. Menjadi orang tua memang harus punya banyak strategi, ya. Juga stok sabar yang banyak 😄.

Nah, teman-teman ada juga yang punya pengalaman serupa menjadikan anak doyan minum susu dengan nutrisi lengkap? Cerita, yuk di kolom komentar. Yuk, yuk!

#SusuBubukIndomilk
#TinggiTangguhTanggap




Comments

  1. Seru ya adu pendapat sama mas Kecil, hehhe... Untungnya sekarang mau minum susu biar makin sehat ya mas Kecil..

    ReplyDelete
  2. Infonya sangat bermanfaat kak. Boleh nih jika punya anak aku cobain. Terima kasih infonya kk

    ReplyDelete
  3. Raka itu juga sudah susah minum susu nya mba. Padahal pas bayi, 4x800 gram...kadang lebih.
    Tak siasati mba..yang coklat. Ya, mesti cuma 1x klo pagi...lumayan lah.

    ReplyDelete
  4. Negosiasi dengan si kakak itu seru yaa. Apalagi kl doi udah keukeuh.haha emak harus kreatif cari cara biar lunak hatinya. Hihi. Sehat sehat ya kak

    ReplyDelete
  5. anakku juga awalnya gak suka minum susu hangat mbak. tapi ketika tahu rasanya susu bubuk indomilk yang plain, dia jadi suka. bahkan tiap pagi sebelum sekolah selalu habis satu gelas. sesuatu yang amazing buatku. karena selama ini hanya mau minum susu kotak yang dingin saja.

    ReplyDelete
  6. anakku doyan susu, waktu masih denagn aku sukanya susu bubuk tapi setelah merantau mereka sukanya susu cair karena kalau bubuk malas bikinnya

    ReplyDelete
  7. Dua anak saya, laki-laki semua, pada doyan susu semua. Ya bubuk ya cair, semuanya dilahap :D. Jadi, so far, enggak ada kesulitan ngasih susu ke anak-anak :).
    Tips ini bisa saya rekomendasikan ke teman-teman yang anak-anaknya sulit minum susu bubuk, terimakasih untuk sharingnya..

    ReplyDelete
  8. Setuju, nilai akademis bukan segalanya. Tapi tetep, nutrisi untuk anak harus yang terbaik. :)

    ReplyDelete
  9. Emang harus pinter2nya kita yah kalau urusan seperti ini, kalau anakku susunya UHT dan Alhamdulillah dia doyan.

    ReplyDelete
  10. Weih, saya masih suka susu sampai setua ini. Walaupun kerap pula dikomentari sebagai bayi.. Hehehe .... Anakku pun sampai SMP ini masih rutin nyusu merk apa pun

    ReplyDelete
  11. Balada ibu-ibu banget ya, mbak urusan bujuk membujuk ini.

    Untungnya adekku pada doyan susu, jadi gak perlu ada drama diantara kita kalo waktunya minum susu 😅

    ReplyDelete
  12. Mas Kecil harus sering minum susu lho mas...biar cerdas, sehat, dan tinggi..:)

    ReplyDelete
  13. ayo semangat mas buat minum susu. selain semakin sehat, bisa buat nambah nutrisi juga.. semangattt

    ReplyDelete
  14. Membuat mereka mengerti bahwa hal yang mereka nggak suka kadang justru mereka butuhkan, adalah tantangan tersendiri ya mbak.

    ReplyDelete
  15. Adikku juga kadang nggak mau minum susu gara-gara brand-nya beda dari susu temannya. Korelasi pertemanan memang unik 😃

    ReplyDelete
  16. Mbak Inung kadang juga enggan minum susu. Kalau sedang begitu, biasanya susu dimodif jadi makanan atau minuman lain. Smooties, misalnya. 😁

    ReplyDelete
  17. Wah... akhirnya mau minum susu lagi ya Mas Kecil? Tips bundanya keren sih 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts