KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Bicara Soal Tanggung Jawab Laki-Laki Dengan Anak Laki-Laki

6 komentar

tanggung-jawab-laki-laki

Bicara soal tanggung jawab laki-laki dengan anak laki-laki itu bikin geli-geli trenyuh. Jadi ceritanya di suatu sesi menjelang tidur, seperti biasa saya dan duo krucil ngobrol ngalor-ngidul-ngetan-ngulon. Apa aja yang terucap bisa mengarah ke topik selanjutnya.

Malam itu kata kuncinya soal nafkah. Kenapa ayah mereka belum pulang, apa yang dikerjakan si ayah. Akhirnya menuju pada soal tanggung jawab laki-laki kepada keluarganya.

Dua anak laki-laki di hadapan saya itu saya jadikan contoh.
"Jadi, nanti kalau mas dan mas sudah dewasa dan punya istri, mas-mas harus bisa memenuhi minimal tiga hal ini," kata saya bergaya ibu dosen.

Jangan bayangkan duo krucil saya kaget. Memang sudah beberapa kali saya menyebutkan kelak mereka akan punya istri dan anak. Kadang saya heran sama diri sendiri, bocah umur 7 dan 6 tahun diajak bicara serius. Ah, biarin, daripada mereka dengar dari orang lain. Iya, kan?

Baca juga: Ketika Si Kecil Menemukan Pujaan Hatinya

Tiga Hal yang Menjadi Tanggung Jawab Laki-Laki Kepada Keluarganya

"Mas-mas nanti harus bisa memberikan istri dan anak-anaknya mas: satu, makanan; dua, baju; tiga, tempat tinggal. Paling sedikit tiga hal itu," lanjut saya.

Oya, tentang nafkah, bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini: Nafkah.

Dan obrolan berlanjut ke cara memenuhi kebutuhan itu. Saya tekankan mereka harus punya penghasilan. Biar dapat penghasilan harus bekerja. Biar bisa bekerja harus sekolah. Ya, buntutnya memang memotivasi mereka supaya rajin belajar, hehe...

Inipun Masih Menjadi Tanggung Jawab Laki-Laki

tanggung-jawab-laki-laki

Laki-laki bekerja
Sumber: pixabay

Lalu percakapan berlanjut ke soal tanggung jawab lain, terhadap ibu dan saudara perempuan. Saya memberi contoh orang yang harus ditanggung oleh ayah mereka, yaitu saya, mereka dan calon adik mereka.

Baca juga: Pacar

"Kalau Ayah sudah meninggal dunia, maka yang bertanggung jawab merawat Ibu adalah mas-mas."

Mereka terlihat agak terkejut, tapi kelihatan sumringah.

"Dan kalau ini perempuan (saya menunjuk perut saya), maka juga jadi tanggung jawab mas-mas nantinya kalau Ayah sudah meninggal."

Mereka makin takjub mendengar ini.

Saya beri contoh nyata, tante mereka, adik ipar saya yang ketika menikah dibantu saudara-saudaranya karena Bapak (dan Ibu) mertua sudah lama wafat.

"Tante itu jadi tanggung jawabnya Ayah. Nah, pas Tante sudah menikah, Tante ada dalam tanggung jawab suaminya," terang saya diiringi tatapan mata lucu duo krucil.

Menurut hemat saya, mereka paham dengan obrolan kami ini. Buktinya setelah Ayah mereka pulang, duo krucil langsung menyampaikan hasil kuliah dengan ibu dosen tadi. LOL.

Rasanya Menjelaskan Perkara Tanggung Jawab Laki-Laki Itu...

Saya pribadi tidak merasa gimanaaa gitu menjelaskan hal seperti ini. Asal dengan bahasa sederhana dan contoh nyata, insya Alloh anak-anak bisa menerima. Ya, gimana lagi, mereka butuh dengar hal semacam ini. Mereka laki-laki, harus tahu kewajiban mereka. Anak perempuan juga dong, cuma saya belum punya anak perempuan.

PR ibu-ibu memang banyak, ya. PR bapak-bapak juga. Orang tua wajib mengenalkan dunia seisinya sekaligus menuntun anak menuju akhirat yang selamat. Bukan perkara mudah, sama sekali tidak mudah, tapi senyatanya anak memerlukan bimbingan dari orang tua.

Tapi seserius-seriusnya obrolan, selaluuu saja ada celetukan lucu dari mereka. Pas saya menjelaskan tentang tiga perkara yang menjadi tanggung jawab seorang laki-laki, yaitu makanan, baju dan tempat tinggal, dengan polosnya si nomor dua nyeletuk, "Minumnya enggak, Bu?"

Hihihi...ya termasuk dong, Sayaaang... Iya, Ibu kurang lengkap nyebutinnya, ya.

Jadi gimana menurut teman-teman, saya kebablasan nggak nih bicara soal tanggung jawab laki-laki dengan anak laki-laki? Atau ada yang punya cerita yang lebih heboh lagi??? Cerita, yuk, cerita!

Related Posts

6 komentar

  1. Aku blm pernah ngomongin itu mbak... Bahkan klo Alya itu, dia nggak mau klo Ayah dan ibunya di sebut orang tua...dia pasti akan protes, "aku nggak mau ayah ibu tua" 😀😁

    BalasHapus
  2. wah, belum pernah nyoba bicara ini sih ke anak saya. Anak saya umur enam tahun, sekarang sih sudah diberikan tanggung jawab untuk ngerjakan pekerjaan rumah aja. Nanti kapan-kapan saya coba deh.

    BalasHapus
  3. Penting banget ya mendidik laki2 bertanggung jawab. Di Jogja kalau punya anak laki2 suka pada was2 kalau berantem. Kalau sudah pada lulus SMA itu teman2 pd sujud syukur anak laki2nya sudah bebas dari bahaya.

    BalasHapus
  4. Hihi.. pertanyaan polos "minumnya enggak, bu?" biar gak seret ya Mas.. Hehe..

    Sejak kecil diajarkan tentang tanggung jawab ya.. Kami di rumah diajarkan secara tersirat sih..

    BalasHapus
  5. Aku nyimak mbaaa.. karena punya anak cowok juga yang terus beranjak besar

    BalasHapus
  6. anakku juga cowok Mbaa, nanti tak coba bicarain ini juga aahh :)

    BalasHapus

Posting Komentar