Skip to main content

Pencapaian Saya

Setiap individu selayaknya memiliki tujuan dan target dalam hidupnya. Demikian pula dalam blogging. Pencapaian saya selama menekuni dunia blogging bolehlah saya paparkan di sini sebagai rekam jejak hidup saya.
Fiksi Hari Pahlawan (2014)


Judul: Fiksi Hari Pahlawan (Buku Dua)
Penulis: Uniek Kaswarganti, dkk.
Jumlah halaman: x + 194 halaman
ISBN: 978-602-7937-31-4
Cetakan pertama: Januari 2014
Penerbit: Paramarta Triwida, Tulungagung

Buku ini merupakan kumpulan karya anggota Fiksiana Community Kompasiana yang diterbitkan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2013. Bukunya sendiri terbit pada Januari 2014. Dalam buku antologi Fiksi Hari Pahlawan ini bisa dijumpai cerpen dan puisi bertema kepahlawanan.
Buku antologi ini terdiri dari dua buku: buku satu dan buku dua. Di buku dua ini terpajang 49 karya Fiksianer. Karya saya berupa cerpen ada di buku dua berjudul Ayah, Kakek dan Paman Osa.

Pemenang ke-7 Giveaway Hari Jadi Wonosobo ke-189 (2014)


Pada hari jadi Wonosobo yang ke-189, GoLokal Online Magazine menyelenggarakan sebuah giveaway seru. Peserta lomba blog Hari Jadi Wonosobo ke-189 ini diminta menulis potensi Wonosobo. Alhamdulillaah, tulisan saya yang berjudul "Yang Indah Tersentuh Tangan Terampil" diapresiasi dan berhak memenangkan juara ke-7. Bangga dong, baru pertama kali dapat e-sertifikat, ya dipajang deh.

Hati Ibu Seluas Samudra (2014)


Judul: Hati Ibu Seluas Samudra
Penulis: Susan, dkk
Jumlah halaman: xii+624 halaman
ISBN: 978-602-0997-02-5
Cetakan pertama: Desember 2014
Penerbit: Sixmidad, Bogor

Buku antologi super ini terbit pada Desember 2014 dalam rangka memperingati Hari Ibu. Kok super? Iya, soalnya buku ini tebalnya 624 halaman. Maklum, tulisan di buku Hati Ibu Seluas Samudra ini berasal dari 124 blogger yang ikut serta dalam hajatan giveaway -nya Pakde Abdul Cholik. Hayo, siapa yang belum kenal dengan blogger senior yang produktif itu?

Sebagaimana judulnya, tulisan-tulisan dalam buku ini berkisah mengenai kehangatan, kesabaran, keteguhan hati ibu yang terkenang di hati tiap penulis. Tulisan saya yang berjudul Ibu, Sosok yang Istimewa nangkring dengan manisnya di buku ini.

24 Resep Kue dari Dapur Blogger Kece (2015)




Judul: 24 Resep Kue dari Dapur Blogger Kece
Penulis: Mechta Deera, dkk.
Jumlah halaman: vi + 139 halaman
ISBN: 978-602-0997-15-5
Cetakan pertama: September 2015
Penerbit: Sixmidad, Bogor

Buku antologi 24 Resep Kue dari Dapur Blogger Kece ini termasuk yang spesial. Gimana nggak, ini adalah buku kumpulan resep kue! Ada 24 resep kue di buku ini yang kesemuanya, lagi-lagi, merupakan hasil sebuah hajatan giveaway Pakde Abdul Cholik (lagi) dalam rangka ulang tahun ke-65 Pakde. Setiap peserta giveaway diminta membuat kue spesial untuk HUT Pakde dan ditayangkan di blog masing-masing. Resep kue karya saya ada di halaman 34 berjudul Kue Kolak Bintang Satu .

Indonesianfolktales dot com (2015)



Indonesianfolktales.com adalah situs yang berisi cerita rakyat Indonesia yang ditujukan bagi anak-anak dan remaja, disajikan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Mengapa dwibahasa? Jawabannya adalah karena situs ini diluncurkan dalam rangka merayakan terpilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan di pameran buku internasional Frankfurt Book Fair 2015. Melalui situs ini, diharapkan cerita rakyat Indonesia dapat dikenal luas di dunia intetnasional.

Kisah legenda yang merupakan kekayaan budaya Indonesia dalam situs ini telah ditulis ulang sehingga sesuai dengan bahasa yang mudah dicerna anak-anak. Pengumpulan naskah, editing, penerjemahan dan pembuatan ilustrasi, serta pembuatan website dikerjakan seluruhnya oleh Komunitas Penulis Bacaan Anak.

Di sini saya ikut menerjemahkan tiga naskah, yakni Indu Palui Swallowed by Manganga Stone (cerita rakyat suku Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah), The Crying Dragonfly-Kinjeng Tangis (cerita rakyat Pekalongan, Jawa Tengah) dan Situ Bagendit (cerita rakyat Garut, Jawa Barat).

Menulis di RockingMama.id (2016)


Sebetulnya tulisan saya yang dimuat di rockingmama.id adalah tulisan lama yang mengisahkan pergulatan batin dan ikutannya saat hamil anak kedua. Aslinya tulisan ini diikutsertakan dalam sebuah giveaway (dan menang juga!) hajatannya Mbak Fenny Ferawati waktu pindahan dari dot com ke dot net.

Judul aslinya adalah Kehamilan yang Tak Direncanakan. Di Rocking Mama judulnya menjadi Saya Tak Ingin Hamil Lagi, Tapi Kemudian Saya Menemukan Cinta. Artikel ini diberi sentuhan ala Rocking Mama dan mengalami sedikit pengeditan. Boleh diintip lho...

Menulis di RockingMama.id (2017)

Setelah tulisan pertama saya nongol di rockingmama.id pada tahun 2016, alhamdulillaah di tahun 2017 ini ada lagi. Kali ini tulisan fresh content, bukan repost seperti yang tahun lalu.

Pada artikel ini saya membahas serunya punya anak laki-laki (semua). Mulai dari rumah yang tak pernah rapi, berisik, hingga TELOLET! Iya, telolet! Judul artikelnya Ah, Manisnya Punya Anak Laki-Laki! Apakah Mama Juga Merasakan 4 Hal Ini?

Comments

  1. Luar biasa ibu yang satu ini. Aku baca portofolionya nahan napas euy...keren keren.....

    ReplyDelete
  2. mantaaaap mbaaaa...great works indeed :)

    ReplyDelete
  3. wah pencapaiannya luar biasa mba, saya belum bisa nulis buku dan artikel setop di rockingmama itu mba, semoga sukses selalu ya mba.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.