Nasi Kebuli Sapi Jogja 'Barokah'

by - April 03, 2020

resep-nasi-kebuli

Hai, assalamu alaikum.

Resep masakan berbahan daging sapi itu, sejauh yang saya tahu, kalau nggak diolah jadi masakan bercita rasa Indonesia, ya a la Barat.

Penasaran dong saya. Ada nggak resep berbahan daging sapi yang hasilnya beda?

Eh, ternyata malah nemu resep Nasi Kebuli Sapi dari bulik saya. Nah, ini nih. Bercita rasa Timur Tengah!

Disclosure: artikel ini mengandung tautan afiliasi

Nasi kebuli sendiri sebenarnya adalah makanan khas dari Indonesia. Lho gimana sih? Balik ke Indonesia lagi, hehe...

Aroma Timtengnya itu diperoleh dari minyak samin yang khas Pakistan. Wow, jauh juga, ya mainnya.

Nasi kebuli banyak dimasak oleh warga keturunan Arab di Indonesia. Di Jakarta, orang Betawi pun akrab dengan nasi kebuli.

Nasi kebuli biasanya berupa nasi kebuli kambing. Ini merupakan masakan nasi yang rasanya gurih dan beraroma rempah-rempah. Disajikan dengan daging kambing goreng yang crispy.

Wah, saya kok jadi lapar, ya dengan membayangkannya saja. 😅

Resep Nasi Kebuli Sapi

Kalau biasanya yang banyak kita temui itu nasi kebuli kambing, sekali-sekali boleh dong makan nasi kebuli sapi.

Berikut ini resepnya.

BAHAN:

1 kg beras
500 gram daging sapi
1,2 liter air panas
50 gram kismis
2 sdm minyak samin
1 sdt pala bubuk
4 butir kapulaga
4 butir cengkeh
5 cm kayu manis
2 batang serai, memarkan

BUMBU HALUS:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt jintan
1 ruas jahe
1 sdm garam

Untuk paket bumbu nasi kebuli yang lengkap juga bisa dibeli di toko online.

PELENGKAP:
Kerupuk emping
Acar timun


nasi-kebuli-jogja
Rempah bumbu nasi kebuli 

Cara Membuat

Rebus daging sampai matang. Angkat dan tiriskan. Potong-potong sesuai selera. Sisihkan.

Panaskan minyak samin. Tumis bumbu halus hingga harum.

Masukkan potongan daging sapi. Aduk rata hingga bumbu meresap.

Masukkan beras. Aduk rata.

Tuang air panas lalu masak hingga kaldu mulai meresap ke dalam beras.

Masukkan kapulaga, cengkeh, kayu manis, serai, pala bubuk dan kismis. Aduk rata. Kecilkan api dan masak hingga air terserap habis alias jadi nasi aron.

Pindahkan nasi aron ke kukusan, masak selama 20 menit hingga matang. Angkat.

Siap disajikan bersama emping dan acar.

Nasi Kebuli Sapi siap disantap. Oh ya, ini untuk 12 porsi, ya.

Untuk minyak samin bisa dibeli di toko online, ya

Nasi Kebuli Sapi Jogja 'Barokah'


nasi-kebuli-jogja
Nasi Kebuli Jogja 

Buat warga Jogja Timur, kalau pingin nasi kebuli sapi yang lezat bisa beli di Nasi Kebuli Sapi Jogja 'Barokah'.

Buka pagi hari jam 6 - habis. Harga per porsi 10.000 rupiah aja.

Lokasi di Jalan Wonocatur, Gedong Kuning Jogja, depan Toko Dellario Shop yang jual celana tactical (Pamella Swalayan 3 ke barat). Lokasi persisnya bisa dilihat di Gmaps yang saya sertakan di akhir artikel.

Ada juga cabangnya di Jalan Berbah Krikilan. Persisnya di Angkringan Bu Endang depan BRI Berbah (tapi lagi libuuur karena wabah virus corona, hiks).

Kalau lagi mager dan pingin nyicipin nasi kebuli, bisa pesan lewat GoFood di sini: Nasi Kebuli Barokah

Mau pesan untuk acara arisan, reuni, pengajian atau apa aja bisa kontak dulu ke nomor 08179402130.

Nah, mau cobain masak nasi kebuli sendiri, atau beli langsung Nasi Kebuli Jogja, atau pesan lewat GoFood? Monggo...


You May Also Like

33 comments

  1. Kapan kapan mau coba deh bikin sendiri ya. Meski akan ada banyak bumbu yang saya kurangi. Hehehe
    Semoga pandemi segera berakhir biar bisa main ke Yogyakarta dan coba icip nasi kebuli di depan BRI Berbah hehehe

    ReplyDelete
  2. sejak di rumah aja, saya jadi sering eksperimen bikin masakan hahahaa perlu di contek nih resepnya :)

    ReplyDelete
  3. Tau gitu waktu kejogja cari nasi kebuli ini, perna sih liat ad yg jual namun takut coba nanti nggak cocok dilidahku yg kampung ini.higihi

    ReplyDelete
  4. Astaga, aku orang Jogja malah gak tau. Aku suka banget nasi kebuli. Di Jogja ini rada susah nyari hidangan timteng. Nyoba ah, meski rada jauh, sekalian jalan2. Thanks infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya buka juga di sunmor jec, mbak, tapi lg wabah corona jd ga ada

      Delete
  5. Aku suka Nasi Kebuli ini dan ada resto khusus juga di Bandung.
    Tapi kepo pengen aah nyobain bikin sendiri di rumaah.
    Biar makin afdol sensasinyaaa..

    ReplyDelete
  6. Nasi kebuli itu cita rasanya khas sekali ya. Kaya dengan rempah. Selama ini bisanya beli belum pernah nyobain bikin. Saya pikir rempahnya bakalan susah di dapat dan hanya ada di timur tengah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bikin khasnya tuh minyak saminnya, kalau rempah lainnya msh mudah dicari

      Delete
  7. Saya agak jarang makan nasi kebuli. Tetapi, kayaknya pengen coba, ah. Mumpung semuanya lagi pada di rumah

    ReplyDelete
  8. Loh, kirain nasi kebuli dari Timur Tengah asalnya. Justru malah dari Indonesia, ya. Tapi lebih terkenal ala Timur Tengah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain juga gitu, mbak. setelah googling baru tahu, hehe...

      Delete
  9. Ya ampuuun, ini enak banget kliatannya. Kemarin pas ke Jogya gak nyobain, karena gak tau, huhu *nyesel baru tau sekarang :'(

    ReplyDelete
  10. Pertama kali denger nasi kebuli tuh pas nonton vlogger kuliner, tapi sayang gak ad info resepnyq, beruntung banget bisa mampir ke sini dapat resept yang mudah dipraktekin nih

    ReplyDelete
  11. Aku orang Jogja malah ga ngerti ini. Padahal deket sama kantor suamiku. Ntar ah kalo kondisi udah memungkinkan tak titip sama suami

    ReplyDelete
  12. Kalau baca resepnya kayaknya sih simpel ya mba, tapi entah ntar pas eksekusi sanggup apa endak nih. Mana rempahnya banyak banget gituuu... jarang belanja rempah2 yang ada di list itu. :)
    Udah jajan pake goput aja lah ya, beres tinggal maem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, saya juga suka gitu, mbak.

      pas baca resepnya pede, giliran eksekusi main intuisi

      Delete
  13. Belum pernah makan nasi kebuli aku mba wkwk jadi kalau bikin sendiri khawatir rasanya ga sesuai ntar cobain beli dulu ah

    ReplyDelete
  14. Duh pengen nasi kebuli, walau sebenarnya lbh suka daging kambing sih hehe :D
    Tapi kalau masak sendiri ya sementara daging sapi dulu lha ya. Kalau berasnya ada saran beras apa mbak biar kyk nasi kebuli beneran? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake beras biasa bisa kok, mbak. itu bulik saya pake beras biasa. tapi kl mau yg mantep pake beras basmati

      Delete
  15. Biasanya nasi kebuli adanya di restoran-restoran Timteng yang ada di ibukota eh ternyata di daerah juga ada ya.

    ReplyDelete
  16. Uihhh enak banget ini keliatannya, terus saking pengennya paraktik di rumah asik juga ya MBa
    aku jadi pengen praktik bikin wakakak.

    ReplyDelete
  17. wah belom pernah coba nih nasi kebuli sapi. kayanya bakal jadi favoritku deh, soalnya aku ga gitu suka kambing. jadi pengen cobain resepnya deh. mumpung di rumah aja

    ReplyDelete
  18. Aku senang banget dengan nasi kebuli mbak dan belum pernah kesampean buatnya di rumah, resep ini akan segera dieksekusi karena memang keluarga juga suka.

    ReplyDelete
  19. Nasi kebuli ini kesukaan keluargaku banget.
    Maka Ibu selalu stok bumbu nasi kebuli yang beli di pasar Arab. Ternyata 1 bungkus bumbu nasi kebuli, hanya bisa dipakai 1 kali masak.
    Bumbunya terbilang cukup berani dan pekat.
    Ini rahasia nasi kebuli yang endeeuuss~

    ReplyDelete
  20. kayaknya beraroma sekali ya nasi kebuli ini, aku belum pernah cicip mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan.

Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Komentar yang masuk tidak selalu saya balas.

Terima kasih.