KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Masakan Ringkas Dengan Modal Kecap

Sudah pertengahan bulan ya ini? Persiapan masuk masa pengiritan dimulai hehehe... Eh, tapi ini ga berlaku untuk yang tertib mengatur pengeluaran ya. Untuk sementara ini saya termasuk yang belum tertib, jadi masih merasa harus sedia kecap di dapur terutama di tanggal tua biar tetap bisa eksis, eh, biar bisa bikin masakan ringkas dengan modal kecap.
Ngomongin soal kecap, jenis kecap itu ternyata ada bermacam-macam. Ada yang kental, ada yang encer, ada yang manis, ada pula yang asin. Cairan penyedap masakan ini rupanya banyak dipakai di negara-negara Asia. Sebut saja Indonesia, Korea, Jepang.
Kecap yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan soy sauce ini memang sudah punya sejarah yang panjang. Penggunaannya pun sudah di bermacam-macam masakan. Nah, buat saya kecap itu bisa jadi penolong di saat harus memasak enak dengan bahan seadanya atau waktu yang mepet. Bisa juga kecap ini jadi jalan pintas saat ga bisa berlama-lama di dapur.
Menu 1: Sambal Kecap
Kalau dulu pas saya masih bersekolah, cukup sering tuh sarapan dengan telur dadar plus sambal kecap. Berhubung ibu saya dulu bekerja sebagai guru, jadi kalau pagi seringkali rempong banget. Ya mengurus suami yang mau berangkat kerja, ya menyiapkan tiga anak yang mau ke sekolah, ya musti bergegas berangkat kerja juga. Sambal kecap? Oye.
Bikinnya gampaaang banget. Cuma cabai rawit diiris tipis plus kecap manis. Udah, itu doang. Dimakan sama nasi hangat dan telur dadar atau tempe tahu goreng. Uwahhh...jangan tanya enaknya!
Menu 2: Nasi Goreng
Keberadaan kecap juga terasa saat lagi punya banyak nasi dingin.  Dibikin nasi goreng! Wah, kalau ini anak-anak saya sukaaa banget. Kadang malah mereka yang masak. Ya gimana lagi, saking mudahnya sih.  Cukup bermodal nasi dingin, bawang merah dan bawang putih yang diulek atau dirajang halus, sejumput garam, sedikit minyak goreng plus kecap manis.
Tumis bawang merah dan bawang putihnya sampai harum, tambahkan kecap manis, aduk-aduk, tambahkan nasi. Aduk sampai kecapnya merata. Beri garam, aduk lagi. Sudah. Siap dihidangkan. Mudah banget kan?
Menu 3: Ayam Kecap Instan
Ada juga resep nekat yang jadi andalan saya: ayam kecap instan. Ampuuun...ini nekat banget. Ayamnya rasa ayam bakar tapi cuma digoreng.  Masakan ini dikreasi karena sering terburu-buru saat di dapur. Maklum deh, adek bayi sekarang udah merangkak. Kadang kalau saya lagi masak dia ikut juga ke dapur. Serem kan ya. Saya juga jadi ga konsentrasi. Maka, jadilah ayam kecap instan ini yang kata anak-anak, "Mmm...enak!"
Ini curang banget bikinnya. Ayam dicuci bersih dan dipotong. Direbus dengan garam sampai matang dan lunak. Tiriskan.
Siapkan wajan dan sedikit minyak goreng, masukkan ayam, tambahkan kecap. Masak sampai terkaramelisasi alias kecoklatan rada gosong sedikit gitu.
Mirip sama ayam bakar kan? Cocok buat makan siang di sekolah deh. Hahaha...
Masih ada banyak masakan ringkas dengan modal kecap selain yang saya ceritakan tadi. Tapi boleh dong gantian teman-teman yang bagi cerita soal kecap ini. Punya resep nekat andalan juga? Cerita yuk, cerita.

Related Posts

4 komentar

  1. Boleh juga nih tips ngiritnya, hahahaha. Tapi meskipun cuma pakai kecap rasanya udah endes :D

    BalasHapus
  2. Sambal kecap favorit banget tuh, enak dicocol sama tempe, hehe.

    BalasHapus
  3. Yang ayam bakar ala2 itu aku sering bikin juga mba.. tapi ayamnya tak bumbu bacem dulu. Ntar klo mo "bakar", tinggal taruh teflon, trus kasih kecap

    BalasHapus
  4. Kalo menu andalan saya Tempe Sambal Goreng yang mengandalkan kecap. Jadinya kecap di rumah cepat habis haha.

    BalasHapus

Posting Komentar