Skip to main content

Perlengkapan Yang Perlu Distok Saat Anak Masuk SD

Tahun Ajaran baru sudah mulai menampakkan ujung hidungnya. Bulan Juli ini, selepas Lebaran, anak sekolah akan memulai petualangan baru mereka. Orang tua pun harus bersiap agar seirama dengan sang buah hati. Nah, bagi yang akan naik ke jenjang Sekolah Dasar ada baiknya melakukan persiapan lebih. Ada barang-barang penting tapi sering terlupakan yang bisa menjadi penghambat kelancaran bersekolah. Jadi, yuk buat daftar perlengkapan yang perlu distok saat anak masuk SD bareng saya. Apa saja? Ini dia:

Pensil

Alat tulis satu ini sungguh penting. Tak bawa pensil ke sekolah pertanda kurangnya niat. Yang sering jadi masalah, ada sebagian anak yang belum terbiasa merawat milik pribadinya. Walhasil tiap hari selalu ada kejadian kehilangan pensil

Pensil ini bisa distok. Beli beberapa sekaligus. Ada banyak model. Bisa dipilih. Ada pensil model klasik yang diraut, ada yang mekanik dengan isian tipis, pensil mekanik dengan isian tebal, pensil dengan ujung yang bisa diganti-ganti dan tak perlu diraut (saya nggak tahu istilahnya pensil apa ini).

Kalau pensil klasik, saran saya pilih yang harganya cukupan. Anak SD pakai 2B sudah cukup saya kira. Boleh juga nyetok pensil yang sewarna supaya anak hapal. Bisa juga bagian atas pensil dikupas sedikit lalu diberi nama agar tidak tertukar.

Untuk pensil mekanik, pastikan juga untuk nyetok isiannya. Bawakan secukupnya ke anak. Jangan dibawakan satu wadah. Karena biasanya ada anak-anak yang begitu dermawan membagi-bagikannya kepada teman-temannya. Bagus sih, tapi kalau tiap hari? Pusing juga kan?

Karet Penghapus

Ini soul-matenya pensil. Wajib ada. Seperti halnya pensil, ada banyak model karet penghapus. Pilih yang sedang saja, tidak usah yang terlalu mahal, kecuali saat anak sudah benar-benar bisa menjaganya.

Ada trik khusus agar ngirit. Saya biasa beli penghapus yang kotak, bukan yang bentuk karakter tokoh. Lebih murah. Tinggal pilih warna saja. Kalau perlu potong penghapus yang lumayan panjang jadi dua. Satu dibawa ke sekolah, satu disimpan. Saya juga biasa beli barang yang ada bonus karet penghapusnya. Kebetulan shamponya anak-anak suka kasih bonus penghapus berbentuk irisan buah. Lumayan kan.

Benang

Selalu ada kejadian seragam sobek atau jahitannya lepas. Nah, untuk urusan sobek kecil ada baiknya diatasi sendiri, tidak usah minta bantuan tukang jahit. Untuk itu saya menyiapkan stok benang berbagai warna sesuai warna seragam yang dimiliki.

Ada merah seragam nasional, putih, coklat Pramuka atas dan bawah, hitam serta merah yang sesuai dengan seragam batik.

Kancing dan Pengait

Peristiwa kancing terlepas lalu hilang biasanya selalu ada. Siapkan stok kancing sesuai warna dan ukuran kancing seragam. Begitu juga dengan pengait. Siapkan beberapa pasang pengait untuk jaga-jaga.

Kaos Kaki

Aneh tapi nyata. Sebaiknya kaos kaki dimasukkan dalam daftar stok. Kenapa? Karena biasanya masalah yang timbul adalah kaos kaki hilang satu sisi. Terutama bagi yang bersekolah di sekolah terpadu, karena umumnya ada acara buka sepatu di kelas. Kalau sudah hilang satu sisi, tentu saja tak bisa dipakai lagi.

Selain hilang, umur kaos kaki biasanya cepat habis karena berlubang. Ya maklumlah, namanya anak-anak. Gerakan aktif mereka membantu kaos kaki cepat aus.

#

Nah, sambil nyetok, orang tua juga tetap mengedukasi anak agar mampu mengenali dan menjaga barang miliknya. Itulah perlengkapan yang perlu distok saat anak masuk SD. Ada yang mau nambahin? Monggo, boleh komentar di sini.

Comments

  1. Lihat kancing dan pengait, jadi ingat, dua benda ini boros banget waktu sekolah dulu hihihi .. soalnya termasuk anak yg lasak, bajunya sering sobek :))

    ReplyDelete
  2. sebanyak apapun pensil dan penghapus, pasti cepet abisnya karena tiap hari pasti ilang hiks

    ReplyDelete
  3. Iyo mbak. Pensil itu dulu aku pke yang klasik, 2B...boros bgt! Klo nggak ilang...dapetnya barang palsu. Di raut..patah...begitu sampe habis. Setelah nemu track pen ( mekanik)...lmyn irit. Aku nggak nyetok mb, cuma 2...soale klo sistem stok, bnyak sekaligus...anakku merasa aman klo ilang, ketinggalan, dsb. Strategiku...klo ketinggalan, tak suruh nyari dulu paginya. Klo ilang krn keteledoran...berlaku mekanisme potong uang jajan mbak..

    ReplyDelete
  4. Kalo dulu emak gw, nyetok nya pensil ama pulpen karna sering ilang heheh

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular posts from this blog

Kegiatan Ibu Rumah Tangga Saat Anak Sudah Beranjak Dewasa

Disclosure: Tulisan ini merupakan artikel bersponsor


“Kamu enak, Dek, masih punya anak kecil. Anakku udah remaja, apa-apa maunya dia lakukan sendiri,” curhat seorang saudara saya.

“Mau apa nanti aku, ya, jadi ibu rumah tangga saat anak sudah beranjak dewasa?”

Saya cuma bisa nyengir saja. Sama deh, saya juga ibu rumah tangga. Beberapa tahun lagi mungkin saya bakalan mengalami hal ini juga. Banyak tuh ibu-ibu yang bercerita, dulunya si anak mau diajak ke mana-mana. Sekarang? Boro-boro diajak, anaknya aja jarang ada di rumah.

Dulu, pas repot-repotnya mengurus anak balita, kita inginnya anak kita cepat besar, biar lebih enteng. Eh, setelah anak benar-benar besar dan mandiri, kita juga kebingungan mau ngapain di rumah seharian. Istighfar.

“Ngurus Posyandu aja, Mbak,” jawab saya iseng.

Saudara saya itu tinggal di perumahan model cluster di wilayah Solo Baru, Jawa Tengah. Kota satelitnya Solo ini termasuk yang cepat berkembang. Maklumlah, Solo memang salah satu kota besar di Jawa Tengah. Pen…

Mengurus Lapor Jual Kendaraan

Siang ini saya mengurus lapor jual kendaraan ke Samsat Polres Kabupaten Madiun. Untuk apa mengurus lapor jual kendaraan? Lapor jual dilakukan saat seseorang menjual kendaraan bermotornya. Mengapa harus dilaporkan? Hal ini berkenaan dengan pajak kendaraan bermotor. Kendaraan yang telah dijual namun belum dilaporkan akan tetap dikenai pajak atas nama pemilik lama. Jika pemilik lama memiliki kendaraan lebih dari satu, sesuai Peraturan Pemerintah dikenai pajak progresif.
Kendaraan yang dikenai pajak progresif adalah mobil dan sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc. Jika seseorang memiliki kendaraan dua buah, makai dikenai pajak progresif 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor. Jika tiga buah, pajak progresifnya 2,5%; dan seterusnya.

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Pada HP Samsung Galaxy Core Duo

Ini adalah cerita cara menonaktifkan fitur Talkback pada HP Samsung Galaxy Core Duo. Minggu lalu, tiba-tiba anak saya yang kecil lapor ke saya, "Bu, talkback itu gunanya untuk mengunci HP." Naluri saya bekerja, apa maksudnya mengunci? Ternyata betul, si Mas sedang berjuang mengembalikan settingan HP ayahnya yang dia utak-atik. Sejurus kemudian, dengan muka memelas, si Mas meminta bantuan saya.Kejadian ini bukan pertama kalinya. Sudah kesekian kali si Mas bikin kecelakaan pada HP. Kecelakaannya pun bermacam-macam. Anehnya, HP ayahnya pula yang kena, padahal HP itu lebih penting daripada HP saya. Iya sih, HP saya kalah canggih jadi baru dilirik kala HP si Ayah tak ada.