Cara Mengganti URL Permalink Blogspot Yang Sudah Terlanjur Dipublish

Pernah suatu waktu saya publish artikel tanpa membuat judul terlebih dulu. Setelah selesai dan akan saya share ke media sosial, barulah saya sadar bahwa URL postingan saya merupakan kata-kata dari awal kalimat artikel. Waduh...gimana ini? Judul dan URL-nya nggak nyambung. Padahal penting sekali dari sisi SEO untuk membuat URL permalink yang 'nyambung' dengan judul dan keyword tulisan. Ada tidak sih cara mengganti URL permalink blogspot yang sudah terlanjur dipublish?

URL itu apa sih?Menurut Wikipedia, URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Yaitu rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Sedangkan permalink adalah istilah yang digunakan untuk URL sebuah halaman web baik itu berupa posting maupun halaman statis. Seperti namanya, Permalink bersifat permanen sehingga menjadi identitas sebuah halaman blog. (Wikipedia)

Ternyata untuk mengganti URL permalink yang sudah terlanjur dipublish ada caranya. Dan caranya cukup sederhana. Yuk, simak!

Pertama, Buka dashboard blogger. Pilih artikel yang akan diganti URL-nya, dengan cara klik Edit di bawah judul postingan. Nanti akan membuka jendela edit postingan.

cara-edit-url-blogspot


Kedua, klik Revert to Draft yang ada di sisi kanan judul. Tunggu sampai selesai me-revert.

cara-ganti-url-blogspot


Ketiga, klik bagian Permalink, pilih Custom Permalink, edit sesuai kebutuhan. Jangan lupa, antar kata diberi tanda strip (-). Setelah selesai, klik Done.

cara-mengganti-url-permalink-di-blogspot


Keempat, klik tombol Publish yang ada satu baris dengan Revert to Draft tadi. Selamat! URL sudah berhasil diganti.

cara-edit-url-di-blogspot-yang-sudah-dipublish


Mudah kan cara mengganti URL permalink blogspot yang sudah terlanjur dipublish? Selamat mencoba.

Comments

  1. Sip! Pernah juga nglakuin ini.. Gara2 judul artikel sama isi di postingan jadul kdng nggak nyambung☺☺

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah publish tp blm sempat promote ke mana-mana sih gak masalah mbak. Tapi kalau sudah sempat dishare, ada baiknya jangan ganti url. Kalaupun sampai ganti urlnya, siapkan juga redirection dari url lama ke url yang baru biar gak jadi error 404.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts