Tips Pilih Celana Rok Muslimah Ala Saya

Blunder berfashion pernah saya alami saat pertama kali harus sering berganti busana tiap hari, yaitu saat pertama kali menjadi mahasiswi. Kebayang nggak, setelah sekian belas tahun menjalani kehidupan sebagai pelajar yang tiap hari cukup berpakaian seragam, mulai kuliah harus berpikir ekstra keras soal pakaian yang mau dikenakan hari itu. Tidak jarang saya berlama-lama di depan lemari pakaian sambil berhitung baju mana yang sudah pernah dipakai minggu ini dan baju mana yang belum. Jangan sampai deh pakai baju yang sama dalam satu pekan, hehe...

Akhirnya untuk mengatasinya saya banyak melabuhkan pilihan pada setelan netral yang praktis, celana rok muslimah. Harap maklum, ya, saya waktu mudaan dulu bukan tipe yang suka pakai rok, kecuali seragam sekolah. Ya, iya lah, seragam sekolah mah memang wajib pakai rok.


Alasan utama saya melabuhkan pilihan berbusana pada celana rok muslimah alias kulot, selain karena saya tidak begitu suka pakai rok adalah karena saya tidak begitu suka pakai celana panjang, hehe... Jadi, saya ini berada di tengah-tengah antara rok dan celana panjang. Gimana ya, kalau rok buat saya waktu itu terlalu ribet, karena saya pergi ke kampus kadang naik sepeda motor, kadang naik kendaraan umum. Nah, kalau naik sepeda motor, rok jelas kurang praktis. Apalagi kalau naik bus umum, wah, repot deh kalau pakai rok.


celana-rok-muslimah
Kuliah dengan celana rok muslimah yang netral
Gambar dari https://www.mataharimall.com/p-237/celana
Sedangkan celana panjang meski praktis dan terkesan dinamis, bagi saya kok kurang syar’i, ya. Balutan celana panjang yang kadang agak mepet ke badan membuat lekuk-lekuk tubuh jadi tergambarkan. Iya, sih, saya bukan makhluk berbadan aduhai, tapi persyaratan pakaian yang syar’i tidak menuntut seseorang untuk berbodi molek dulu baru harus ditutupi secara sempurna.


Pakaian yang syar’i alias yang sesuai aturan agama bagi muslimah itu  adalah yang menutupi aurat, tidak menerawang, tidak membentuk lekuk tubuh, tidak menyerupai pakaian laki-laki maupun kaum fasik, bukan merupakan pakaian kesombongan dan ketenaran.

Beranjak dari masa kuliah, saya memasuki dunia kerja. Dalam dunia serius ini saya kembali ditemani oleh rok celana muslimah. Kebetulan sekali, kakak saya tersayang pas waktu itu sedang senang-senangnya belajar menjahit baju. Saya didesainkan dan dibuatkan setelan pakaian yang feminin tapi praktis yang bisa saya pakai ke kantor. Apalagi kalau bukan celana rok muslimah? Makasih kakak sayang. Muah, muah...


Pas kebetulan lagi, kantor tempat saya bekerja itu berlantai tiga dan tangga menuju lantai teratas berupa tangga putar. Wah, beruntung sekali saya punya rok celana muslimah yang praktis, nggak ribet dan tetap nyaman serta tampak cantik.

celana-rok-muslimah
 Bekerja kantoran dengan celana rok muslimah yang cantik
Gambar dari https://www.mataharimall.com/p-237/celana



Sekarang pun anak sekolah sudah pada pakai rok celana muslimah, ya. Saya pernah bertemu serombongan anak sekolah berseragam pramuka yang bawahannya berupa rok celana modifikasi. Dari depan terlihat seperti pakai rok, dilihat dari belakang, eh, bentuknya celana panjang. Asyik banget. Mau beraktivitas kayak apa dengan seragam pramuka seperti itu, nyaman.


Begitulah, bagi saya celana rok muslimah merupakan solusi yang tepat. Mengenakan rok celana muslimah yang longgar adalah yang saya pilih. Berbusana syar’i tidak berarti harus tampil tak menyenangkan lho. Sekarang banyak pilihan celana rok muslimah yang cantik-cantik dan tetap dalam koridor agama. Ah, asyik banget deh hidup di zaman sekarang, banyak kemudahan yang bisa diperoleh, termasuk informasi harus beli celana rok muslimah di mana.

Tips Pilih Celana Rok Muslimah Ala Saya


Untuk memilih celana rok muslimah, ada beberapa hal yang harus dicermati. Pertama pilih bahan yang adem. Bahan yang adem enak dikenakan dan membuat nyaman tentunya, ya. Kalau beli secara offline bisa diamati dengan menyentuh bahannya. Sedangkan kalau belanja online seperti di mataharimall.com bisa diamati dari spesifikasi yang disampaikan.
celana-rok-muslimah
Tampil santai dengan celana rok muslimah
Gambar dari https://www.mataharimall.com/p-237/celana






 





 
Kedua, pilih yang bahannya cukup tebal alias tidak menerawang. Bahan yang menerawang  jelas tidak sesuai syariat.

Ketiga, pilih yang modelnya longgar agar tidak mempertunjukkan lekuk tubuh.

Keempat, pilih yang tampilannya feminin. Pakaian muslimah yang sesuai syariat adalah yang tidak menyerupai pakaian laki-laki, jadi, pilih yang betul-betul kelihatan perempuan dari segi motif maupun asesoris.

Kelima, hindari memilih celana rok muslimah yang nganeh-anehi sehingga membuat orang melirik si pemakai sambil geleng kepala saking anehnya pakaian tersebut. Jangan, ya. Soalnya berpakaian yang menimbulkan kehebohan juga dilarang dalam agama, agar si pemakainya selamat dari gangguan atau sekedar tatapan mata jahil.

Keenam, cari celana rok muslimah yang harganya terjangkau. Kalau yang ini sih nggak usah dijelaskan juga sudah pada paham, ya. Pakaian yang bagus belum tentu yang mahal kok.

Nah, itu tadi cerita saya bersama celana rok muslimah yang syar’i dan praktis. Teman-teman yang muslimah juga suka pakai celana rok muslimah? Alasannya sama nggak dengan saya? Boleh dong cerita di kolom komentar. Yuk, yuk...

Comments

  1. Iyes, harga terjangkau dan nggak aneh2.. Itu biasanya yang tak lihat klo beli baju.

    ReplyDelete
  2. kalo model celana rok muslimah yg aneh2, malah kita yg makenya canggung sendiri ya mba... :)

    ReplyDelete
  3. sekarang muncul lagi ay celana kulot, dulu ngetrend saat aku kuliah dana ku suka kulot

    ReplyDelete
  4. celana roknya lucu-lucu yaaa mba...yang paling pentingadalah nyamannya itu ya mbaa

    ReplyDelete
  5. aku suka kulot soale ngimbangin pinggangku yg mirip2 beyonce *plakkkk*, pernah punya kulot yg sarung lilit gitu, berasa keren pas dipake tapi klo mau pipis agak susah kudu buka lilitannya dulu dari belakang ke depan

    pengin intip ah koleksi kulotnya mataharimall, kali2 ada yg sesuai size-ku

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mbak tipsnya, hehehe, iya juga ya harus memilih rok celana yang tidak aneh2, supaya orang nggk geleng2 kepala melihatnya. Jadi objek tontonan kalau begitu :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts