KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Acara TV Yang Jadi Teman Saya Sehari-Hari

Kali ini nulis yang santai-santai aja, ya. Sambil nunggu kelahiran si dedek bayi, saya cuma mau cerita soal acara TV yang jadi teman saya sehari-hari.

Saya masih ingat perkenalan saya dengan siaran TV yang saya tonton sekarang. Saya memang jarang sekali nonton, bahkan bisa dibilang nyaris tak pernah berinteraksi dengan, TV nasional. Keputusan tak harus TV nasional memang sudah kadung saya nikmati. Jadi, lanjuuut aja deh.

Acara TV yang saya suka sebetulnya buanyak, tapi ada 2 stasiun TV yang paling sering saya tonton acaranya. Apa saja? Ini dia:

BBC Earth
Yang ini memang kesukaan saya dan suami saya. Iya, betul saluran TV ini miliknya BBC Inggris. Acaranya kebanyakan adalah pengetahuan dan petualangan. Ada banyak acara menarik dengan tampilan gambar yang luar biasa.

Misalnya acaranya David Attenborough. Pemegang gelar Sir yang sudah berusia 91 tahun ini (lahir pada 1926) sering tampil dalam acara wildlife dengan tokoh utama: binatang.

Attenborough membawakan acara dengan enak, sarat informasi dan rinci. Saya suka pembawaannya. Beliau juga pernah menjelajahi Indonesia di masa mudanya di tahun 1950-an dalam serial Zoo Quest.

Rekamannya pernah juga ditayangkan di BBC Earth. Wuih...asyik sekali menyaksikan Pulau Jawa, Bali dan NTT di masa itu. Masih alami.

Ini video pendek tentang David Attenborough. Lihat deh beliau di masa mudanya hingga berusia 90 tahun (dibuat tahun 2016).


Acara lain yang saya nikmati dan sering jadi bahan diskusi dengan suami adalah Trust Me I'm A Doctor.

Acara yang dibawakan Michael Mosley ini menyajikan permasalahan kesehatan yang kerap dihadapi masyarakat awam dengan penuh kebingungan, seperti apakah mengkonsumsi suplemen vitamin C bisa mencegah flu atau bagaimana cara menghilangkan sariawan.

Judulnya saja Trust Me I'm A Doctor, sudah tentu yang menjawab permasalahan itu adalah dokter. Ada beberapa dokter yang terlibat di acara itu.

trust-me-im-a-doctor
Tim Trust Me I'm A Doctor. Sumber gambar: http://www.bbc.co.uk/programmes/p01dgd9c
 
Asyiknya lagi, di tiap episodenya selalu ada percobaan yang tak jarang melibatkan kelompok orang awam.

Seperti pada percobaan kenaikan level gula darah pasca mengkonsumsi pasta. Manakah yang paling rendah peningkatan kadar gula darahnya, sesudah makan pasta hangat, atau sedudah makan pasta dingin, atau sesudah makan pasta dingin yang dihangatkan? Asyik banget mengikuti percobaan semacam ini.

Selain dua acara tadi ada juga acara petualangannya Steve Backshall, dokumentari tentang Sungai Mekongnya Sue Perkins dan banyak lagi. Intinya, saya suka!
sue-perkins-mekong-river-bbc
Sumber gambar: http://www.bbc.co.uk/programmes/p02c4xxm/p02c4xks



HGTV
Ya ampun, kalau ini sih karena berkaitan dengan cita-cita saya sekeluarga: ingin punya rumah sendiri. HGTV sendiri adalah saluran TV yang tayangannya 100% tentang rumah. Wah, asyik banget nonton saluran TV ini sambil berkhayal membangun rumah.

Yang paaaling saya sukai sekarang adalah tentang tiny house. Ada Tiny Luxury dan Tiny House Hunters. Kenapa? Soalnya lahan yang kami miliki mungil, hihihi... Jadi butuh inspirasi yang sesuai kenyataan.

Tiny Luxury mengisahkan satu keluarga yang terdiri dari 3 anak laki-laki beserta para istri mereka yang berbisnis membuat rumah super mungil di Amerika.

Mereka mendesain, membuat dan menjual rumah super mungil dengan ukuran kira-kira 250 square feet! Berapa meter persegi coba?

Tapi meski kecil mungil, rumah yang dibuat tampak elegan dan mewah. Dan tiap rumah yang dibuat didesain berdasarkan kehendak si pembeli, jadi tak pernah ada rumah yang sama.

tiny-luxury-rumah-super-mungil
Cuma segini luasnya. Sumber gambar: http://www.hgtv.com/shows/tiny-luxury#

Keunggulan tiny house adalah hemat tempat. Tangga difungsikan juga sebagai laci-laci penyimpanan, tempat tidur yang bisa dilipat, meja makan yang bisa dilipat dan dialihfungsikan sebagai rak-rak dan sebagainya.

Intinya, karena rumahnya kecil, maka harus pandai-pandai memanfaatkan ruang yang tersedia. Oya, rumah ini juga bisa dibawa-bawa ke mana-mana lho, ada rodanya sehingga bisa ditarik pakai truk kecil, gitu. Piknik dengan bawa tiny house kayaknya asyik, ya.

tiny-luxury
Interior tiny luxury house. Sumber gambar: http://www.hgtv.com/shows/tiny-luxury#

Acara-acara di HGTV inspiratif banget. Mulai dari renovasi rumah, rehab besar-besaran rumah tua, beli rumah, beli pulau dan sebagainya. Hampir semuanya saya suka.

Sayangnya, di HGTV belum ada renovasi atau membangun rumah di daerah tropis, kebanyakan ya rumah-rumah di Amerika sono, yang dindingnya berbahan kayu dan papan serta dilapisi insulator. Coba, ya, TV kita punya program kayak gini.

Ya, itulah teman-teman, acara TV yang jadi teman saya sehari-hari. Ada juga saluran TV yang sering saya tonton, yaitu acara kesukaan anak-anak, hehe... Kalau teman-teman, suka nonton acara TV apa?

Related Posts

10 komentar

  1. waah... sudah mau melahirkan ya... semoga lancar ya, dan sehat semuanya :)

    BalasHapus
  2. Yen acara tv kabel..pass aku mba..aku seringnya nonton MTMA aja plng klo sabtu..sambi setrika☺

    BalasHapus
  3. Wah, aku gak pernah lihat tv. Jadipenasaran pengen tahu. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena saya nggak ada kerjaaan lain di rumah mbak, hehehe... boleh deh dicoba nonton.

      Hapus
  4. Itu tuh baru acara tv yang bermanfaat. :D

    BalasHapus
  5. Iyaaa aku belum nonton acara tv di atas. Aku paling paling, kalau lagi pingin nonton, acara masak di afc. Seru ya mbaaak, menikmati acara tv yang disukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. AFC sama food network dulu saya paling suka, mbak. tapi semanjak hamil, eneg lihat masakan, lihat dua stasiun tv itu pun saya ga berani. gimanaaa coba? hahaha...

      Hapus

Posting Komentar