Mengajak Anak Belajar Bahasa Inggris Tanpa Pusing



“Dapat berapa nilai Damar untuk ulangan Bahasa Inggris kemarin, Mbak?” tanya seorang wali murid teman anak saya.

“Seratus. Alhamdulillah,” jawab saya.

“Hmm...anakku kok susah sekali ya untuk bisa dapat nilai bagus di Bahasa Inggris. Belajarnya gimana, Mbak?” tanyanya lagi.

“Lewat TV, Mbak,” jawab saya.

Teman saya itupun diam terbengong-bengong. Saya lalu menjelaskan maksudnya belajar lewat TV itu. Anak-anak saya beri tontonan film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Banyak kok film yang mengajak anak belajar Bahasa Inggris secara menyenangkan. Penasaran pingin mengajak anak belajar Bahasa Inggris tanpa pusing? Asyik dong, bisa belajar tanpa perlu buka buku paket? Iyaaa.


Sumber gambar: pixabay


Saya memang tidak pernah mengajak anak belajar Bahasa Inggris dengan cara bertanya, "Apa Bahasa Inggrisnya 'Terima kasih'?" tetapi saya lebih suka mengajak langsung anak-anak bercakap atau sekedar mengungkapkan ekspresi dalam Bahasa Inggris. Ngerti nggak ngerti, mudheng nggak mudheng, pokoknya ngomong saja. Nggak mikir ini grammarnya bener apa salah, toh yang diajak bicara juga sama nggak ngertinya. hehe...

Mungkin ada yang membatin, "Iyaaa...situ bisa Bahasa Inggris. Lha saya?" Idih, saya juga nggak bisa-bisa amat kok, cuma saya memang suka sama Bahasa Inggris. Nah, ini ada satu cara untuk mengajak anak belajar Bahasa Inggris tanpa pusing. Emak dan bapaknya juga bisa sambil ikut belajar lho.


Memilihkan Materi Agar Bisa Mengajak Anak Belajar Bahasa Inggris Tanpa Pusing

Pada awalnya anak-anak saya tak paham saat menonton film anak di TV dengan Bahasa Inggris. Berhubung emaknya berprinsip ‘tak kenal maka tak sayang’, maka meski mereka nggak paham, program menonton itu tetap saya lanjutkan. Benar juga, setelah beberapa lama akhirnya anak-anak mulai paham. Bahkan kemudian mereka bisa ikut tertawa saat si tokoh film menertawakan sesuatu. Pertanda bagus, bukan?


Bagaimana caranya membuat mereka bertahan pada awalnya? Yang jelas, pilihkan film berbahasa Inggris yang menarik bagi mereka. Film apa saja. Bahkan bukan film juga bisa asal anak-anak tertarik. Dokumenter, misalnya.

Sebetulnya film-film yang saya pilihkan itu adalah program acara di TV anak, seperti Nick Jr. dan CBeeBies. TV berlangganan, ya? Iya. Soalnya untuk mendapatkan DVD film-film anak yang bagus dalam Bahasa Inggris saya kesulitan. Kalaupun ada biasanya sudah disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia. Atau kalau mau agak repot bisa cari via Youtube lalu diunduh.

Film-film itu sesungguhnya di TV tersedia juga dalam Bahasa Indonesia. Tapi saya menyetel tampilan bahasa awal adalah Bahasa Inggris. Ketika anak belum mengerti, mereka menerima saja pilihan bahasa yang saya sajikan. Sekarang, mereka sudah tahu cara mengganti bahasanya, jadi seringnya diubah ke Bahasa Indonesia. Ya, nggak apa sih, toh mereka sudah cukup lama menyimak film-film itu dalam Bahasa Inggris.

Sebagai langkah awal saya memperkenalkan film animasi berdurasi pendek, sekitar 5-6 menit. Lama-lama mereka bisa juga menikmati film animasi berdurasi 20 menitan.


Baca juga: Tak Harus TV Nasional

Beberapa Film Pilihan Untuk Mengajak Anak Belajar Bahasa Inggris Tanpa Pusing

Apa saja film anak yang saya rekomendasikan? Ini dia:

HEY DUGGEE


Sumber gambar: http://www.nickjr.com/hey-duggee/



Film animasi yang tayang di CBeeBies ini tergolong pendek, sekitar 5 menitan. Cocok untuk anak TK. Selain pendek, juga lambat temponya. Kisahnya tentang Duggee seekor anjing yang jadi guru di sekolah binatang bersama murid-murid binatangnya. Tiap episode ada tantangan yang harus diselesaikan murid. Murid-murid pun berusaha keras menyelesaikan tugas, seperti menyiram tanaman, membawa buah untuk dibuat jus. Di akhir kisah, seluruh murid berhasil menyelesaikan tugas dan mendapat badge alias lencana.
Film ini dialognya pendek-pendek. Gambarnya menarik dengan warna kalem. Suara naratornya juga jelas dan alur ceritanya bagus untuk anak. Direkomendasikan banget.

Baca juga: Anak-Anak Boleh Menonton Film Romantis

CHARLIE AND THE NUMBERS

Film ini tayang di Baby TV, saluran khusus anak kecil banget. Durasinya pendek, dan ada muatan pelajaran matematikanya, yaitu pengenalan angka. Di sini diceritakan ada seorang anak laki-laki bernama Charlie yang hidup bersama teman-teman angkanya di dunia angka, dari angka 1 sampai 10. Di tiap episode Charlie bertualang bersama satu angka. Tiap angka punya keahlian masing-masing. Angka 7 suka bernyanyi, angka 2 seorang putri, angka 10 agak pelit berbagi.


Sumber gambar: https://mobile.facebook.com/Charlie-and-the-Numbers-259014914131598/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6942926225



Di tiap kisah, Charlie menghadapi permasalahan berkaitan dengan angka. Misalnya ketika angka 4 kehabisan warna saat melukis sehingga harus meminta warna kepada pelangi. Dalam perjalanan menuju pelangi, Charlie dan 4 melihat 4 batang pohon. Oleh pelangi dipersilakan mengambil warna sebanyak yang diinginkan. Karena ceritanya dengan angka 4, maka warna yang diambil pun hanya 4. “One, two, three, four.” Kata Charlie dan 4.

Unsur khayalannya tinggi di sini, tapi ya itulah film anak. Film ini cocok banget untuk anak yang sedang belajar angka, warna dan huruf.

MAX AND RUBY


 
belajar-bahasa-inggris-tanpa-pusing
Sumber gambar: http://www.nickjr.com/max-and-ruby/



Film yang diproduksi berdasar buku serial ini tayang di Nick Jr. Kisahnya tentang kelinci kakak-beradik, Ruby dan Max. Max yang masih balita, suka iseng tapi keisengannya selalu berbuah manis. Ruby adalah kakak perempuan yang super sabar. Ruby seekor kelinci pramuka (bunny scout) yang rajin. Ruby dan Max digambarkan tinggal berdua saja dengan nenek yang sering datang berkunjung.

Film ini banyak muatan positifnya. Bahasa yang digunakan juga santun. Max dalam film ini hanya berkata-kata satu patah kata atau satu frase saja tiap episodenya. Jadi anak akan mudah memahami topik yang dibicarakan. Misalnya pada satu episode Max hanya berkata “Grandma,” saja. Tiap berbicara hanya kata itu yang keluar dari mulutnya. Ternyata di akhir kisah neneklah yang menjadi misterinya.

Film ini berdurasi pendek, sekitar 5 menitan. Gambarnya bagus dan menarik dan pengucapannya jelas. Moral yang dibawakan pun bagus untuk anak-anak, yaitu tentang kesabaran dan kasih sayang. Direkomendasikan banget.

DORA THE EXPLORER

Ya, ini film bersejarah banget. Sudah berapa tahun ya film ini ditayangkan di TV kita? Jangan-jangan penonton awalnya dulu juga sudah menontonnya bersama anak masing-masing kini? Film ini bagus menurut saya, karena interaktif dan jalan ceritanya termasuk lambat, cocok untuk anak-anak. Selain itu dalam film ini kata-kata baru sering diulang-ulang, sehingga memudahkan anak mengingat.


Sumber gambar: http://www.nickjr.com/dora-the-explorer/



Film ini juga tidak mengandung unsur kekerasan atau pelecehan. Tokohnya pun ditampilkan sebagai tokoh yang mandiri, punya banyak teman dan pemaaf. Ah, yang suka nonton Dora pasti sudah hapal, ya.

Kekurangannya, film ini berdurasi panjang. Sekitar 20 menitan. Jadi mungkin cocok untuk anak usia SD. Anak TK sebaiknya jangan dikasih tontonan yang panjang dulu, biar ga kecanduan tontonan kayak anak sulung saya, hehe...

Selain itu, di film ini juga ada unsur magic-nya. Ada penyihir dan sihir. Jadi, perluuu banget pendampingan ya.
Oya, Dora the Explorer juga punya lanjutan lho. Judulnya Dora and Friends: Into the City. Di film seri ini Dora digambarkan sudah besar, hampir remaja. Film ini juga masih mengandung kekhasan Dora the Explorer, bedanya teman Dora sudah bukan lagi binatang-binatang seperti Boots dan Benny, tapi teman-teman manusia. Ceritanya juga mirip-mirip. Ada petualangan, memecahkan misteri, tolong-menolong dan lagi-lagi memaafkan.


Sumber gambar: http://www.nickjr.co.uk/dora-and-friends/



Kalau Dora yang ada di TV kita sudah pakai Bahasa Indonesia, di versi aslinya Dora berbahasa Inggris dan ada sisipan Bahasa Spanyolnya. Lumayan nambah kosa kata bahasa asing, kan? Coba deh cari film Dora the Explorer atau Dora and Friends ini dan tonton bersama anak. Asyik kok.

BLAZE AND THE MONSTER MACHINE

Ini tontonan cocoknya untuk anak laki-laki, mungkin, tapi tidak menutup kemungkinan anak perempuan juga suka.
Kisahnya tentang mobil monster (apa ya Bahasa Indonesianya?) bernama Blaze yang bertualang bersama teman-teman mobilnya dan pengemudinya, A.J. Kisahnya macam-macam, tetapi selalu berhubungan dengan ilmu alam, khususnya Fisika. Aih, anak kecil belajar Fisika? Justru di situlah keuntungannya. Selain Bahasa Inggris, ada juga Fisika.


Sumber gambar: http://www.nickjr.com/blaze-and-the-monster-machines/



Tak perlu khawatir film ini jadi terlalu berat, sebab pelajaran Fisikanya juga baru pengenalan. Misalnya diceritakan Blaze perlu keluar dari terowongan berbentuk silinder dengan buaya-buaya sebagai jebakannya. Blaze harus berkendara memutar dengan memanfaatkan bentuk terowongan yang bulat sempurna dengan mengandalkan gaya sentripetal. Wow, cara yang asyik untuk menerangkan soal gaya, kan?

Ada juga ilmu matematika dalam film ini, seperti menjumlah dan mengurangi. Soal-soal yang ditampilkan mudah semua, tapi lumayan menantang anak untuk terlibat menjawab. Oya, film ini juga interaktif seperti Dora the Explorer.

Kekurangan film ini adalah durasinya yang panjang, sekitar 20 menitan dan jalan cerita yang cukup cepat serta banyaknya tokoh yang terlibat. Juga ada contoh anak nakal di sini, yaitu si Crusher, mobil nakal yang tidak kapok-kapoknya membuat ulah. Perlu didampingi, ya kalau anak nonton ini.

Ya, itulah beberapa film yang saya rekomendasikan untuk ditonton bersama anak agar bisa mengajak anak belajar Bahasa Inggris tanpa pusing. Didampingi, ya, jangan dibiarkan sendiri. Jangan lupa orang tua harus ikut berinteraksi saat film diputar. Misalnya ikut tertawa, ikut menirukan ucapan tokoh di film, memuji perilaku baik dan mencela perilaku buruk.

Itu rekomendasi saya. Teman-teman punya rekomendasi lain? Sok atuh, monggo berkomentar di sini. Yuk, yuk!

Comments

  1. Gaya belajar anakku masih jadul mbak..aku inggrise pasif..kui wae sambi mbuka kamus.
    Tvku juga masih tv nasional dengan menu upin ipin, bo bo boi, jaman dahulu, sopo jarwo, kelurga somat....
    *ngenes yo..
    Tapi bijine yo blm mengkhawatirkan kok..bene sik.

    Dulu aku juga bljr bhs inggris pke tv..klo nonton film sambil bawa kamus, klo ada vocab yang nggak ngerti artinya buka kamus. Yang paling membuatku pening adalah bagian tenses dan grammar

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah jadi lihai buka kamus lis. ada untungnya juga.

      Delete
  2. Memang harus praktek langsung ya, ngajak anak-anak bercakap langsung dengan bahasa Inggris, tapi daku belum konsisten :(
    Selain dakunya juga nggak begitu pede berbahasa Inggris :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang soal pede jadi kendala ya mak. etapi anak sekarang pintar-pintar. belajar dikit aja bisa langsung on.

      Delete
  3. Meskipun dengan Porsi yang kecil, pembiasaan dengan praktik langsung akan lebih cepat diserap,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Pak. intinya pada praktiknya itu.

      Delete
  4. anak perempuanku belajar bahasa Inggris dari Chuchutv. AKupun gak ngeh ternyata anakku belajar banyak banget dari situ. Memang banyak pilihannya ya, Mbak. Aku mau cobain yang disebutkan di atas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. chuchutv malah baru dengar saya mbak. iya ya, akan-anak itu suka bikin orang tuanya terkaget-kaget.

      Delete
  5. Walah TFS banget nih Mbak sampai dikasih referensi film-filmnya segala. Hihihi, entar saya cari di Youtube untuk disetel offline deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak. iya, offline dan diulang-ulang hehe...

      Delete
  6. Wow, sangat informatif. Terima kasih, karena tidak pakai tv berlangganan jadi nanti coba dari youtube dulu deh, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bisa dicari di youtube :-)

      Delete
  7. kocak banget film2nya hehe... lewat nyanyi2 juga bisa ya mbak..saya biasanya kasih materi ke murid2 di kelas lewat nyanyi bhs inggris..cukup ampuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mbak. wah, guru kreatif ini.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts