Hubungan Broken Link Dengan Page Authority

Baru 3 bulan blog ini memakai alamat domain sendiri. Dampaknya tentu pada skor blog yang masih rendah. Nilai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) pas baru pindahan adalah 1 (dari skala 100). Sedih, jelas, tapi ya tahu diri, wong ya baru lahir.
Beberapa waktu setelah pindah ke dot com, ada update skor DA dan PA dan alhamdulillaah ada peningkatan. DA jadi 12 dan PA 18. Seneng banget dong! Tapi ga jadi terlalu hepi karena kata seorang teman blogger, DA naik drastis pada update pertama itu biasa. "Setelah itu untuk naik lagi susah," kata teman itu. Dan memang benar, pada update selanjutnya DA blog damarojat turun jadi 11 sedangkan PA naik jadi 22 kalau tidak salah.
Kata teman lagi, "Sabar. DA akan naik kalau blog sudah berumur." Baiklah. Sabar saja. Yang penting blog tetap diupdate.
Sebelumnya, apa sih Domain Authority dan Page Authority itu? Ringkasnya, DA dan PA menunjukkan tingkat kepercayaan search engine terhadap domain dan halaman suatu situs. Nilainya dari 1-100. Sudah barang tentu semakin tinggi nilai, semakin bagus situs tersebut.
Lalu apa hubungan broken link dengan Page Authority?
Setelah googling sana-sini, saya menemukan bahwa broken link bisa menyebabkan skor Page Authority susah naik. Begitu banyak saran untuk menghapus broken link demi meningkatkan nilai PA.
Nah, broken link itu sendiri apa? Broken link adalah link yang mengarah ke link mati. Link mati bisa terjadi karena link itu sudah dihapus, diganti url-nya atau domain yang berisi link tadi sudah kedaluwarsa. Sudah tentu broken link menghasilkan pengalaman buruk pada para pembaca blog. Selain itu, mesin pencari juga akan menganggap situs dengan banyak broken link sebagai situs berkualitas rendah dan tak layak dipercaya.
Oya, broken link ini bisa diketahui menggunakan jasa tool pendeteksi broken link seperti brokenlinkcheck.com.

Memutus Hubungan Broken Link Dengan Page Authority



Setelah cek dan ricek, saya menemukan sumber broken link terbanyak di blog ini adalah dari link mati yang saya cantumkan dalam blog dan link mati dari komentar teman-teman blogger.
Link mati yang saya cantumkan dalam blog biasanya saya letakkan sebagai sumber gambar. Ya, maklum, dulu masih suka berburu gambar dari blog-blog. Solusinya, saya bongkar link hidup itu dan dibuat tidak hidup. Selanjutnya, saya lebih suka pakai gambar sendiri baik hasil jepretan sendiri maupun hasil olahan dengan Picsart, atau ambil gambar dari situs penyedia gambar gratis berlisensi (Creative Common Zero atau CC0) seperti pixabay.
Ada juga link mati yang muncul gara-gara saya pernah ikut lomba yang mensyaratkan link hidup ke situs atau blog penyelenggara, yang belakangan alamat url yang dituju sudah tidak ada lagi. Banner lomba yang ditautkan ke alamat url penyelenggara juga lalu menjelma jadi broken link.
Solusinya adalah menghapus link-link itu. Seandainya merasa berat untuk menghapus link hidup karena link itu menuju blog teman, misalnya, cukup diarahkan ke homepage blog (jika blog masih eksis).

Bebersih Broken Link Sungguh Bisa Meningkatkan Page Authority

Betul begitu? Pengalaman bebersih broken link dan dapat hadiah kenaikan PA betul-betul dirasakan sobat ngeblog saya, Sulis, dengan blognya www.coretanbunda.my.id. Demi blog yang bersih, Sulis mengerahkan segala upaya selama 3 hari untuk membersihkan 800-an broken link! Dan di akhir kisah, PA blognya yang semula keukeuh bertengger di angka 1 selama kurang lebih 3 bulan, akhirnya melonjak naik menjadi 32! WOW...!!! Coba deh baca kisah bersih-bersih broken link
-nya.

Penyebab Skor Rendah Page Authority Selain Broken Link

Selain broken link, apalagi penyebab skor PA rendah? Berikut ini rangkuman ringkas dari beberapa sumber yang saya baca:
  1. Situs Spam
  2. Situs spam menyebabkan skor PA rendah lewat akun-akun spam yang meninggalkan komentar. Mengapa? Sebab situs spam hanya berisi artikel copy paste. Situs semacam ini tidak disukai mesin pencari. Cukup mudah mengenali akun-akun spam ini, biasanya mereka menggunakan nama-nama aneh seperti 'Cara Cepat Hamil' atau 'Obat Darah Rendah'.
    Kalau untuk komentar semacam ini biasanya langsung saja hapus saja. Mohon maaf, ya, bagi yang komentarnya saya hapus, soalnya di pengantar komentar juga sudah saya sampaikan dengan jelas.


    Nilai PA juga bisa menjadi rendah jika blog kita mencantumkan link hidup ke situs spam, sebab sejatinya link ke luar yang kita cantumkan juga mencerminkan blog kita. Gampangnya, kualitas seseorang bisa dilihat dari kualitas temannya. Begitu juga dengan blog. Jadi, lebih baik kita mencari blog berkualitas baik untuk dijadikan teman.
  3. Kurangnya promosi di media sosial
  4. Setelah menulis, mempublikasikan tulisan,kegiatan selanjutnya biasanya adalah share ke media sosial. Ternyata cara itu sudah tepat. Kurang promosi menyebabkan blog kita kurang dikenal dan akibatnya skor PA susah naik.
    Tampaknya menulis saja tanpa berpromosi tidak bisa jadi pilihan, kecuali kita tidak peduli soal skor ini dan itu.
    Bagi blogger yang ingin merawat blognya, sudah tentu kita harus rajin berpromosi. Lewat facebook, twitter, G+, linkedin dan berbagai platform sosial media.
Nah, itulah hubungan broken link dengan Page Authority. Sesungguhnya angka-angka itu hanyalah angka, tergantung kita menyikapinya. Angka-angka itu memang punya andil dalam popularitas blog, meski begitu tak perlu sampai baper ya kalau nilainya turun. Yuk, bebersih blog!

Comments

  1. Bersih-bersih, beres-beres... Aku punya draft postingan jalan2 nggak kelar2 mbak..☺☺

    ReplyDelete
  2. aku juga masih merangkak mba DA&PA xixixi broken link males ngeceknya mau bebersih suka males :p

    ReplyDelete
  3. Udah lama nggak bersih2. :D Start sekarang ah.

    ReplyDelete
  4. Broken link emang nyebelin deh. :'D

    ReplyDelete
  5. Bersih2 ah. Kok aku jadi khawatir ya?

    ReplyDelete
  6. Aku belajar nih Diah, aku malah ngga tau ada DA dan PA cara ngeceknya bpleh tau nggaa 😊 makasih ya artikelnya..

    ReplyDelete
  7. Saya juga habis bebersih link terutama dari banner lomba yang kalau diklik sudah broken

    ReplyDelete
  8. aku lieur sm broken link mbaa....buanyak dan ngebersihinnya harus telaten duuuh! *lap keringet

    ReplyDelete
  9. saya baru tau klo link mati itu bs jadi broken link
    wah sudah harus bebersih lagi

    ReplyDelete
  10. wah .. harus lebih berhati-hati lagi ni dalam menerima komentar di blog

    ReplyDelete
  11. aku juga baru bebersih nih, Mba. Ternyata banyak banget broken link nya

    ReplyDelete
  12. Semakin banyak broken link nya semakin tinggi spam scorenya, biasanya saya menggunakan plugin tertentu untuk cek broken link di blog saya sehingga gak terlalu pusing

    ReplyDelete
  13. Haduh aku masa bodo ih sama broken link males ngurusnya. Bikin artikel aja udh puyeng hihihi 😥😥

    ReplyDelete
  14. Wah kayaknya kudu bin wajib bersih2 nih.
    Pantes PA ku gak beranjak dari angka 1 sejak 1 th yang lalu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts