Alasan Tidak Mengajarkan Bacaan Sholat Kecuali Al-Fatihah Dan Surat Pendek

Sewaktu anak sulung saya masuk kelas 1 SD, di jenjang sekolah ini dia baru belajar sholat betulan. Sebelumnya dia hanya belajar perkenalan gerakan sholat dan sedikit bacaan sholat saja, yaitu Al-Fatihah dan surat pendek tiga qul (Qul Huwallahu Ahad, Qul A 'udzubirobbil Falaq, Qul A 'udzubirobbin Naas). Lho, kenapa? Ini dia alasan tidak mengajarkan bacaan sholat kepada anak kecuali Al-Fatihah dan surat pendek:

Pemula Sedang Belajar Sholat

anak-kecil-sholat

Berhubung masih pemula, saat itu umur si sulung baru 4 tahunan, saya tidak ingin terburu-buru mengajarkan bacaan sholat kepadanya. Maunya sih punya anak umur 5 tahun sudah ngerti sholat, ya. Bahkan dulu pas si sulung masih di kandungan, saya mencita-citakan dia sudah bisa baca juz amma di usia 5 tahun. Haha...emaknya punya mimpi super sekali. Walhasil saya yang sudah beli buku Iqro' sebagai persiapan ketika menjelang nikah pun bersiap siaga. Bacaan juz amma juga saya ajarkan setiap hari kepadanya. Tapi, sulung saya ini tipe pembelajar yang berbeda. Malah buku Iqro'-nya dicoret-coret. Oke, strategi harus diubah.

Baca juga: Belajar Mengaji Dari Masa Ke Masa

Di waktu umur 1 tahunan, si sulung sudah bisa sedikit-sedikit hapal Al-Ikhlash, lalu Al-Fatihah. Bahagia dong, ya. Alhamdulillaah lidah cadelnya bisa juga menghapalkan itu. Sayangnya, fokusnya bukan di bidang hapal-menghapal. Main bongkar-bongkar adalah kesukaannya. Urusan hapalan terbengkalai. Jadilah saat mengajak anak belajar sholat, saya menekankan terlebih dulu pada gerakan. Anak saya yang tipe anak kinestetik senang dengan kegiatan ini. Tapi juga jangan terlalu lama, nanti bosan. Maka saya ajak anak-anak saya belajar sholat dengan satu rokaat saja.

Baca juga: Mengajak Anak Belajar Sholat

Mengantisipasi Bacaan yang Berbeda-Beda

Terus terang saya tidak hapal bacaan iftiftah yang "Kabiro" karena sejak kecil saya belajar doa iftiftah yang "Allohumma ba'id bayni..." itu. Di rumah diajarinya itu, di sekolah pun itu.

Adanya perbedaan kebiasaan penggunaan bacaan sholat inilah yang menjadi alasan tidak mengajarkan bacaan sholat kepada anak kecuali Al-Fatihah dan surat pendek. Kalau Al-Fatihah kan di mana-mana sama. *Kalau berbeda malah bahaya*

Kakak saya pernah cerita ke saya tentang bacaan iftiftah di sekolah anaknya. Anaknya sudah terlanjur diajari "Allohumma ba'id bayni" eh pas di sekolah yang dipakai "Kabiro".

Jadi, saya pikir, sudahlah, namanya juga anak baru belajar. Bacaannya ini dulu saja. Bacaan lain biar diajarkan di sekolah. Betul juga, bacaan ruku', sujud dan tahiyatnya sedikit berbeda dari yang biasa saya pakai. Anak saya tahunya bacaan yang betul ya yang dia pelajari di sekolah. Saya ikut saja. Yang penting anak bisa. Dan alhamdulillaah, sekarang di kelas 2 sulung saya sudah lancar bacaan sholatnya, meski untuk urusan sholat masih harus diajak dan diingatkan. Semoga makin besar nanti makin rajin dan punya kesadaran sendiri untuk sholat. Aaamiiin.

Itulah dua alasan tidak mengajarkan bacaan sholat kepada anak kecuali Al-Fatihah dan surat pendek. Bukan karena apa, ini sekadar strategi agar anak senang sholat dan merasakan kegembiraan di dalamnya.

Comments

  1. Di kmpungku juga pke yang kabiro mb..anakku skul di tk, dan sd yang linkungan warga muhammadiyah...jd akhirnya sama. Klo beda, aku mlh ra iso ngajari juga...

    Di kmpungpun klo tarawih, tinggal milih. Satu 11 rakaat...satunya 21...

    ReplyDelete
  2. Jadi inget waktu dulu belajar sholat dari umur 3 tahun, walopun belum bisa bacaannya, mukena sama gerakan udah on :))

    ReplyDelete
  3. Aku jg pake kabiro tp ibuku pake allahuma baid bayni. Skrg anak2 aku ajari yg kabiro, kebetulan d sekolahnya diajarkan yg sama.

    ReplyDelete
  4. Makasih sharenya ya mbk, aku jd berpikir ulang mau ngenalin si kecil bacaan2 sholat skrg, :)

    ReplyDelete
  5. wah ilmu baru,, semoga anak sulungnya bisa jadi anak yang Soleh dan kalo bisa jadi Hafiz

    ReplyDelete
  6. Sekolahnya Alfi sebelum belajar baca alfatikah + 10 Surat terakhir juzz amma, sholat dhuha lanjut asmaul husna. Setiap hari ikut mendengar + melihat jadi mulai hapal sedikit2. Kalau diajari emaknya langsung mlipir pergi mbak. Setipe sama Damar kali ya ehehe

    Disini juga pakai kabiro Mbak

    ReplyDelete
  7. Anak jaman sekarang lebih percaya gurunya ketimbang orang tuanya sendiri ya mbak. Misalnya guru mengajarkan kabiro Sementara orang tuanya ngajarin allahuma ba'id baini...maka anak lebih menghafal ajaran gurunya ketimbang ortunya...jadi saya setuju dengan cara mbak mengajarkan dua hal itu ketika anak mulai mengenal sholat.....

    ReplyDelete
  8. Sama kaya anakku, :) Aku bebaskan dia pakai apa yang dia tahu dan pahami. Toh, sama saja. ^_^

    ReplyDelete
  9. Benar juga ya, Mbak? Kasihan juga kalau anak jadi bingung.

    ReplyDelete
  10. Semoga anaknya jadi anak yang soleh. ^_^

    ReplyDelete
  11. Aku pun begitu, Mbak. Awalnya aku ajari Al fatihah sama 3 surat pendek. :D Soalnya emang kadang beda sama yang diajat di sekolah. :o

    ReplyDelete
  12. kalo di sekolahku
    pake dua duanya
    terserah kita pake kabirau atau allahumma baid baini
    gurunya bisa semua, menyesuaikan dengan muridnya

    aku sih pake kabiro

    ReplyDelete
  13. Pelan-pelan mengajarkan anak untuk mengenalkan surat pendek

    ReplyDelete
  14. prnting sekali mengajarkan anak sholat sejak usia dini

    ReplyDelete
  15. Huum mba jangan dipaksakan nanti dia malah stress dan malas shalat jadinya😥

    ReplyDelete
  16. saya pakai kabiro, sedang anak saya di TK-nya pakai allahumma ba'id.. ya mesti menyesuaikan juga, toh dua-duanya bacaan yang benar kan.. tapi terkadang saya mengajarkan kabiro juga.

    kalau untuk surat yang dibaca waktu sholat, saya pakai surat yang cukup pendek. tapi karena anak saya sudah hapal beberapa surat, jadi saya selang-seling aja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts