Periksa Kehamilan Di RSI Siti Aisyah Madiun

Periksa kehamilan di RSI Siti Aisyah Madiun sudah dua kali saya jalani. Kenapa bisa berlabuh ke sini karena dapat rekomendasi dari dua orang teman. Dan periksa di sini harus sabar karena antrinya panjang. Laris? Iya. Soalnya di sini tempat Dokter Santi berpraktik. Iyes, dokter kandungan perempuan selalu ramai dikunjungi pasien.

RSI (Rumah Sakit Islam) Siti Aisyah Madiun ini terletak di Jalan Mayjen Sungkono Kota Madiun. Karena saya dari arah Selatan, maka di perempatan Pasar Sleko belok kiri. Lurus, melewati Hotel Aston sampai ketemu tugu PDAM, belok kanan. Lurus saja nanti ketemu RSI Siti Aisyah di kiri jalan. Gedungnya tinggi, jadi cukup terlihat. Di jam pagi jalanan di depannya selalu padat.

Harus maklum ya, kebetulan memang jalanan di kota Madiun lumayan sempit. Ditambah arus keluar-masuk kendaraan dari dan ke rumah sakit, makin padatlah suasananya.



Ada masjidnya di gedung paling kanan di lantai 2
Foto dari rsimadiun.com


Untuk yang baru pertama kali mendaftar, bisa langsung masuk lewat pintu utama di Gedung Ahmad Dahlan. Persis di situ adalah tempat pendafraran pasien baru dan lama sekaligus ruang tunggu poliklinik, kasir dan apotek. Ruame, jelas.

Pendaftar langsung mengambil nomor antrian yang disediakan di mesin antrian, lalu tunggu nomor panggilan yang juga tertera di layar ruang pendaftaran. Pasien baru bisa mendaftar dengan KTP, kemudian mengisi formulir dan mendapat kartu periksa. Pas pendaftaran juga bisa disampaikan bagi pengguna BPJS atau asuransi lain. Kebetulan saya mendaftar sebagai pasien umum. Bagi pasien lama, pendaftaran cukup dengan menunjukkan kartu periksa. Biaya pendaftaran 10.000 rupiah, dibayar bersamaan dengan biaya periksa dan obat (jika ada) setelah selesai periksa.

Oya, bagi yang memerlukan mesin ATM, di depan RSI Siti Aisyah Madiun tersedia ATM BNI, BRI dan Mandiri. Kalau butuh ATM BCA, bisa jalan ke seberang, ke Alfamart. Di sana ada ATM BCA-nya.



Gedung Ahmad Dahlan
foto dari rsimadiun.com


Setelah didaftar, pasien mendapatkan secarik kertas berisi nomor antrian di poli yang dituju. Selesai itu sila cari tempat duduk di ruang tunggu poli. Asal tahu saja, ruang tunggu ini dipakai untuk pasien dari beberapa poli: Kandungan, Anak, Spesialis (sesuai jadwal), Umum, Gigi dan Penyakit Dalam. Jadi sangat mungkin pasien Poli Kandungan dapat tempat duduk tidak pas di depan poli yang dimaksud. Agak kurang nyaman sih, apalagi kalau bawa anak kecil. Tapi karena pemanggilan dilakukan melalui mesin pemanggil dan ada layar penunjuk nomor panggilan, masih bisalah pasien memperkirakan kapan akan dipanggil.

Periksa Kehamilan di RSI Siti Aisyah Madiun Dengan Dokter Perempuan

Kembali ke Dokter Santi yang laris manis. Dokter yang menurut saya masih tergolong muda ini bernama lengkap dr. Susanti Mintarsih, Sp. OG. Praktik Senin-Sabtu di RSI Siti Aisyah Madiun mulai jam 8 pagi. Untuk lebih rincinya bisa ditanyakan via telepon RSI Siti Aisyah Madiun (0351) 462-212.

Ruang periksa Dokter Santi di Poli A (Obsgyn), dari meja pendaftaran, maju sedikit, belok kanan dekat ruang kaca. Harus sabar ya antrinya. Karena dekat dengan Poli Anak, jadi biasanya antrinya bareng bayi-bayi dan anak kecil. Sambil menunggu, pasien bisa baca-baca majalah yang disediakan di sana. Atau boleh juga main ponsel asal tidak lupa bawa powerbank. Yang butuh ke toilet, di sana ada dua toilet tersedia.

Oya, di ruang tunggu itu juga ada Ruang Laktasinya lho. Ibu-ibu menyusui bisa memanfaatkan ruang ini jika ada 'panggilan darurat' dari buah hati.

Ruang Poli Obsgynnya nyaman, dokternya juga cukup ramah meski agak pendiam. Masuk ruang periksa, ibu hamil menyerahkan buku KIA, lalu ditimbang berat badannya dibantu asisten dokter. Setelah itu dipersilakan rebahan di tempat tidur untuk dilakukan pemeriksaan kandungan melalui USG. Selesai diperiksa, pasien bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan yang dirasakan atau kendala yang ditemui. Tanya-tanya, curhat dikit juga boleh asal tidak makan banyak waktu, maklum, yang antri puanjaaang. Oya, selain periksa kehamilan, di sini juga melayani urusan kandungan lain, misalnya KB.

Selesai diperiksa, buku KIA pasien dan hasil cetak USG diberikan oleh satu asisten lagi. Pasien dipersilakan duduk mengantri kembali untuk menerima panggilan dari bagian apotek. Dari sana pasien diberi pengantar untuk membayar ke kasir. Tunggu di depan kasir untuk membayar. Selesai membayar, bisa pulang, kecuali jika ada obat yang harus ditebus, pasien menunggu panggilan kembali dari apotek untuk pengambilan obat. Biaya periksa kehamilan di sini tidak sampai 100.000 (tanpa obat).

Nah, yang sedang mengandung dan cari dokter kandungan perempuan di Madiun, bisa periksa kehamilan di RSI Siti Aisyah Madiun.

Comments

  1. wduh enaknya mbak, murah pula, ditempat saya dokternya cuma satu, laki-laki jadi gak ada pilihan, paling murah tanpa obat Rp. 150.000

    ReplyDelete
  2. Wah Kak Damar dan Kak Darojat mau jadi kakak nih.. Aku heran meskipun kita pelanggan tetap tapi kenapa ya tiap mendaftar selalu dikasih rincian biaya pendaftaran? hehe

    ReplyDelete
  3. Numpang lewat deh di postingan ibu-ibu :D

    ReplyDelete
  4. RS-nya nyaman ya, mba, masjidnya juga bagus, jd nggak usah khawatir kalau berobat ke sana ya

    ReplyDelete
  5. Selamat untuk kehamilannya ya mbak Diyah, semoga lancar sampai hari kelahiran dan ibu serta dedeknya sehat, aamiin :)

    Iya saya sebenarnya juga lebih sreg dengan dokter kandungan yang perempuan mbak, tapi jarang ya..

    Dulu waktu ke dokter kandungan wanita pasiennya banyak dan nunggu lamaaa sekali, suami jadi nggak sabar, akhirnya ke dokter kandungan laki-laki deh :)

    ReplyDelete
  6. Rumah sakitnya enak banget keliatan bersih. Sejuk yaa warnanya hijau, beda dengan rumah sakit kebanyakan. Dan mesjid di rumah sakit? Astaga, di Bekasi mah gak tau deh ada apa ga. Secara kebanyakan mushola kecil :(

    ReplyDelete
  7. Kalau rumah sakit bersih dan nyaman, kita jaid tenang ya mba untuk memeriksa kesehatan khususnya kehamilan. Sehat-sehat ya mba :)

    ReplyDelete
  8. Mbak dyah..kpn lairan? Smoga lancar n sehat semuanya..😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts