KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Situs Astronomi Yang Asyik


Situs-astronomi-yang-asyik-dibaca-dalam-bahasa-indonesia


Apa sih astronomi itu? Astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit dan fenomenanya. Termasuk di dalamnya adalah bintang, planet, satelit, komet dan sebangsanya. Pengamatnya disebut astronom.

Peminat astronomi biasa disebut astronom amatir. Amatir artinya memang penyuka. Kalau saya belumlah bisa disebut astronom amatir, lha wong modalnya cuma main ke situs-situs astronomi saja kok. Haha... Situs astronomi yang asyik apa yang sering saya sambangi? Ini dia:

Info Astronomy


Situs-astronomi-bagus


Iya. InfoAstronomy.org . Pakai 'y', bukan 'i'. Situs berbahasa Indonesia ini lahir pada tahun 2012 dengan tujuan agar masyarakat Indonesia bisa belajar astronomi secara online agar tidak 'buta astronomi'. Situs ini menyediakan kabar berita terbaru,artikel, foto dan video.

Di sini kita bisa belajar astronomi dengan lebih mudah. Bahasa yang dipakai cukup membumi sehingga relatif mudah dipahami. Editornya cukup bekerja keras, menurut saya. Pada awalnya situs ini dikelola oleh seorang Riza Miftah Muharram saja, namun kini sudah ada penulis lain dan editor baru.

Yang menarik juga di situs ini ada Fase Bulan Hari Ini. Asyik ya bisa tahu malam nanti akan bertemu dengan wajah Bulan yang seperti apa. Hanya saja jika dilihat dari ponsel tidak bisa.

langitselatan[dot]com

Situs-astronomi-bahasa-indonesia

Nama yang keren menurut saya. langitselatan.com seolah memberikan altetnatif pandangan ke langit. Langit selatan. Bagian dari langit yang biasa saya kagumi. Didirikan oleh Avivah Yamani, seorang astronom bidang sistem keplanetan yang menyebut dirinya 'Pendongeng Astronomi'. Kereeen. Situs ini dikelola Ibu Avivah bersama dengan krunya.

Di situs ini, saya merasa bahasa yang digunakan lebih resmi daripada InfoAstronomy. Namun bukan berarti tidak komunikatif lho. Situs ini menyediakan ruang khusus astronomi untuk anak: space scoop yang menginduk ke space scoop di UNAWE.

Selain itu ada juga tab Astro Praktis yang antara lain berisi informasi fenomena langit setiap bulannya. Jadi bisa tahu ya bulan ini akan ada gerhana atau tidak, ada hujan meteor atau tidak.

Nah, kalau masih punya banyak pertanyaan seputar astronomi, bisa baca-baca di Tanya LS.

Jangan heran, ya, di sini banyak pertanyaan yang terjawab. Ada soal gravitasi, mengapa bulan tidak punya atmosfer, hingga pertanyaan tentang masa depan lulusan astronomi. Hehe...

Situs-astronomi-dalam-bahasa-indonesia


space[dot]com

Situs yang ini, space.com , berbahasa Inggris. Di sini banyak informasi terkini diulas. Tulisannya pun panjang-panjang dan 'ilmiah'. Maklumlah, situs ini berkantor di New York, AS. Dekat lah sama NASA. Hehe... Situs ini didirikan pada tahun 1999. Sempat berpindah tangan, kini dimiliki oleh Purch.

Situs ini didirikan oleh Lou Dobbs dan diluncurkan pada peringatan 30 tahun misi Apollo 11 yang sukses mendaratkan manusia di Bulan. Neil Armstrong pun, manusia pertama yang berjalan di muka Bulan, sempat masuk dalam jajaran board of directors di sini.

Kategori yang ada di sini adalah: tech, spaceflight, science & astronomy, search for life, skywatching, entertainment, video, shop. Situs ini tergolong lengkap menurut saya. Apalagi didukung foto, ilustrasi dan infografis yang memukau. Hanya saja saya belum pernah menonton videonya. Sayang kuota, hehe...

esa[dot]int


Situs-astronomi-bagus

Siapa yang masih ingat Rosetta dan Philae? Wahana antariksa dan lander-nya yang berhasil mendarat di permukaan komet 67P pada 2014 lalu? Iya. Misi ini diluncurkan oleh ESA alias European Space Agency yang berkantor di Paris. ESA sendiri didirikan pada 1975 dan kini terdiri dari 22 anggota yang hampir kesemuanya adalah negara di benua biru, kecuali Canada.
Sampai saat ini, artikel yang paling diminati adalah tentang Rosetta. Saya termasuk di situ.

Di situs ini ada artikel, informasi terkini tentang misi ESA. Ada foto-foto indah dan juga video.

Di sini juga ada pojok khusus untuk anak: esa kids. Isinya macam-macam. Ada informasi ringan, pengetahuan, mewarnai gambar astronot hingga kamus mini!
Bagi yang ingin berkarir di ESA, ada juga infonya lho. Lirik deh Jobs at ESA ini. Ada yang cocok?

Ekliptika

Situs ini bisa dikategorikan situs astronomi meski bahasannya tidak melulu soal astronomi melainkan ada juga soal geologi. Dulunya seingat saya judul blog ini adalah "Sudibyo dan Semesta". Ya, pemilik blog ini bernama Sudibyo.

Beralamat di ekliptika.wordpress.com, di sini dibahas banyak hal secara detil. Sungguhan detil karena tulisan Pak Sudibyo ini puanjang-puanjang dan ilmiah. Tidak seperti situs-situs yang sudah saya kenalkan sebelumnya, di ekliptika kita bisa menemukan kupasan hoax. Uraiannya pun, lagi-lagi, ilmiah. Sulit dibantah deh sama pembuat hoax. Pemilik blog ini barangkali seorang pengajar. Maaf, saya belum gali lebih lanjut.

Pakai Bahasa Indonesia? Iyaaa...asyik kan? Ayo, yang pingin belajar lebih banyak soal astronomi dan geologi, main ke situs ini ya.

#

Itulah situs astronomi yang asyik yang sering saya sambangi. Asyik-asyik, kan? Kalau teman-teman, referensinya sama atau beda?

Related Posts

8 komentar

  1. Ga pernah mengunjungi situs2 astronomi

    Etapi si Alfi cita2nya sekarang pingin jadi astronot (sebelumnya pingin jadi guru). :)

    BalasHapus
  2. Aku suka banget kalo udah pelajaran astronomi sewaktu SMA, baru tau juga kalo ada situs astronomi ini, thanks infonya mbak :)

    BalasHapus
  3. Yeaaay... Makasih infonya ya, Mbak. Keren banget situ2nya. Bakal bikin proses belajar astronomi jadi seru, nih ^__^

    BalasHapus
  4. Wah kalo ada pojok khusus anak itu kayanya patut di coba deh

    BalasHapus
  5. wah bagus juga ya bagi yang ingin belajar dan mau tahu. karena astromi itu suatu misteri yang harus banyak dipelajari lagi dengan akal manusia

    BalasHapus
  6. Jaman sekolah..inilah bagian dari mapel fisika yang paling suka dan cemantel di otak. Suka, karena nggak perlu ngapalin rumus. Sekarang...nggak pernah main ke situs astronomi.. :-( mtrnwn infonya mbak

    BalasHapus
  7. baru tau ada situs astronomi ini Mba (duh, selama ini saya kemana saja yah?)

    waktu sekolah dulu saya suka banget sama pelajaran yang membahas tata surya :)

    BalasHapus
  8. Ga prnh tau ttg situs ini sebelumnya.. aku juga hanya sekedar pengen tau gimana sbnrnya keadaan di luar angkasa itu, perasaan astronaut saat pergi kesana, pas menginjak bulan, melihat mars, yg begitu2 mbak :D. Tapi daridulu ga prnh punya cita2 utk mnajdi ahli begini apalagi jd astronaut krn sadar diri pelajaran2 IPA ku cm dpt rata2 semua :D.

    BalasHapus

Posting Komentar