[Behind The Scene] Ikut Liga Blogger Indonesia 2016

Ikut Liga Blogger Indonesia 2016 merupakan pengalaman baru bagi blog ini. Dan saya. Dapur damarojat selalu 'ngebul' tiap pekan gara-gara ikut Liga Blogger Indonesia 2016. *apaan sih?* Maksudnya selalu ada ide untuk ditulis. Alhamdulillaah, meski Liga Blogger Indonesia (LBI) musim ke-4 ini baru saja usai pada 2 April 2016 dengan dimenangkan oleh Mbak Ririe Kayan, namun 'perolehan' blog ini tidak ikut berakhir.


Oleh-Oleh Terindah
Saya pernah bilang kepada tenan-teman peserta LBI 2016 dan Mas Admin bahwa gara-gara ikut LBI trafik blog damarojat ini naik 30%. Inilah oleh-oleh terindah dari LBI. Dan, alhamdulillaah, selepas LBI, yang 30% itu tetap ada sampai detik ini. Semoga bukan hanya tetap ada, tapi juga terus meningkat.

Dipaksa Maju
Di LBI, tiap pekan peserta wajib membuat satu artikel sesuai tema dan satu artikel bebas. Tentu saja bagi blogger yang sering terjebak macet ide ini sangat membantu. Disodorin tema dan clue bantuannya. Gimana nggak enak?

Postingan di LBI pun, menurut saya, tidak dinilai dari kualitas tulisan. Asal memenuhi jumlah minimal karakter, sesuai tema, didaftarkan sesuai jadwal, beres. CMIIW, Mas Min. Tapi ya namanya blogger, malu dong kalau bikin tulisan yang asal-asalan. Bisa menyesal di akhirat nanti. Jangan sampai!

Ada satu tema yang sempat bikin heboh para peserta: VLOG. Alamaaak! Ngarti juga kagak, disuruh bikin vlog! Temanya selfie pula! Pada mulanya saya sudah mau mutung. Nggak bikin lah. Kenapa? Karena saya nggak biasa selfie. Tapi...tapi...setelah dipikir, sayang juga ah kalau nggak ikut. Akhirnya setelah buat vlog beberapa kali dan gonta-ganti pokok bahasan, saya berhasil membuat vlog!

Baca juga: Selfie Saat Gerhana Matahari Total

Karena tuntutan bikin vlog itu pulalah saya berkenalan dengan aplikasi pengedit video: Vidtrim (versi gratisan). Nah, jadi tambah ilmu kan? Iya. Sejak itu saya berani mengisi kembali channel YouTube saya dengan video bertema, nggak asal kayak dulu lagi. Daaan...ada satu postingan di blog yang juga saya sisipi vlog! Kemajuan!

Yang mana? Yang ini lho: Indahnya Jembatan Kayu di Pedesaan

Hadiah
Hadiah yang indah dari ikut LBI adalah teman. Dari 40 peserta, banyak yang saya belum kenal sebelumnya. Yang sudah saya kenal antara lain Mbak Siti Nurjanah, yang saya ikuti GA-nya sebelum LBI; Mbak Amma Chemist; Mbak Nurul Rahmah; Mbak Anggarani, yang dulu sering komen-komenan di blog fiksi; Mbak Kayla Mubara, yang ternyata tetangga beda kecamatan sama saya di Jogja. Emak-emak kabeh ya? Haha...maklum saya blogger kuper.

Uniknya, selain mendadak dapat banyak follower baru di twitter, baru kali ini seumur-umur jadi blogger saya berani mention teman-teman untuk baca dan komen di tulisan saya. Nyepam pula! Haha...

Ada Juga yang Saya Sesali...
Yaitu adalah saat saya menjadi blogger egois yang nyepam link tulisan saya ke sana-sini. Kenapa ya saya terlalu kaku? Seharusnya saya juga menshare tulisan sesama peserta di medsos. Hitung-hitung saling mendukung peserta LBI biar maju bersama.

Akhir Kata
Entah LBI akan dihelat lagi atau tidak tahun depan, bagi saya LBI jelas sudah memberi saya, blogger apalah ini, sesuatu. Nah, bagi yang penasaran dengan LBI, intip saja blognya ya. Jangan ketinggalan info!

Catatan:
Tulisan ini hanyalah sekedar curhat tentang keikutsertaan saya di LBI, bukan tentang LBI itu sendiri. Kalau mau tahu lebih banyak tentang LBI, sila main ke blognya di ligabloggerindonesia.blogspot.com .

Comments

  1. waah... saya kalo tau kayaknya pengen ikutan juga nih mba...

    ReplyDelete
  2. hehe, akhirnya berani buat ngasih link postingan ya, mba. semoga makin semangat ngeblognya.

    ReplyDelete
  3. banyak manfaatnya yah Mbak :)
    semoga kalo ada lagi saya bisa ikutan, amin..

    ReplyDelete
  4. Gara2 LBI..problem macet ide lmyn terpecahkan ya mbak..

    ReplyDelete
  5. Baru tau ada liga blogger jejeje, lucu dan seru juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts