Pencuri Kuota

Suatu hari, dan ini kerap terjadi, saya merasa kecolongan kuota. Sepertinya baru kemarin kuota internet diisi sepuluh ribu rupiah, kok tiba-tiba hari ini dapat SMS mesra dari operator kalau kuota hampir habis? Lah? Bukannya kemarin saya cuma pakai internet untuk browsing gambar, buka facebook, twitter dan gmail? Oke deh, kemarin saya juga nulis di blog, blog walking ke beberapa blog teman. Masak sih, kuota habis untuk itu semua? Secara saya pakai browser mini yang paling irit sedunia lho. Saya sengaja pakai yang mini karena memang saya pakai ponsel untuk keperluan internetan, termasuk ngeblog.

Oh, baiklah, kemarin saya juga main ke instagram, utak-atik foto di picsart...tapi...apa ya itu semua menghabiskan jatah kuota secepat itu? Kayaknya nggak sebanyak itu deh. Jadi...apa ada pencuri kuota?

Saya memang ngeblog pakai ponsel. Internetan ya pakai ponsel. Jadi saya memang tidak langganan paket internet dari provider. Saya pakai tri. Sejak pindah ke Madiun sampai sekarang saya pakai tri. Kenapa pakai tri? Karena paketannya murah dibanding operator lainnya.

akses dari *234#

Walau begitu, sinyal di sini sering timbul-tenggelam. Kalau di luar rumah mak nyusss, di dalam rumah hanya di spot tertentu. Ya masak saya harus jagongan di pos ronda biar dapat yang mak nyusss?

Kalau di Madiun sendiri menurut beberapa sumber, yang paling bagus sinyalnya adalah Telkomsel. Masih merajai ya. Lha kenapa nggak pakai Telkomsel saja? Hmm...paketan internetnya lebih mahal daripada tri dan sering ganti promo (pengalaman dulu pas masih di Tangsel pakai Telkomsel).

Di sini juga banyak yang pakai wi-fi. Yang lagi gencar promo adalah Indiehome. Kantor suami juga pakai yang ini. Saudara juga ada yang pakai Indiehome. Saya? Nggak dulu deh, meski sepaket sama saluran telepon dan TV, kebutuhan saya masih belum sampai ke sana. Woles aja. Lagipula anak masih kecil-kecil. Nggak baik kalau mereka sudah saya sediakan wi-fi nonstop. Soal tontonan di TV? Saya sudah langganan yang lainnya.

Kembali ke pencuri kuota. Betul ada? Ternyata ada! Pencurinya bocil saya sendiri. Main ponsel, main youtube...waduuuh...simbok langsung marah-marah. Ponsel diminta dan disimpan. Ponsel ayahnya juga. Wah, wah, main youtube itu bahaya besar. Tinggal ketik aja udah muncul macam-macam. Belum lagi home youtube Indonesia isinya aduuuh... Masih mending kalau mereka main ke channel saya, ya. Toh ada mereka juga di sana.

Comments

  1. hihi... saya udah panik kalo anak saya buka youtube dari HP saya, karena pulsanya pasti kesedot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan mbak. Pokoknya emak-emak sensitif banget sama yanf namanya pemborosan.

      Delete
  2. Whuahaaahaa...
    Senasib kita, Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dihabisin bocil juga mak? Haduuuh...

      Delete
  3. tri lumayan murah ya mba? eh itu teh koutanya 24 jam mba? sayang di sini ngga ada sinyal hohoho

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Yang di screen shot itu yang reguler 24 jam. Ada lagi yang paket kenyang download tapi mulai jam 00-06.

      Delete
  4. hihihi. saya juga pakai tri. meski jaringannya kayak begitu adanya, tapi murah. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Samaan ya. Memang kadang bikin tarik napas panjang tapi lebih baik dari yang lainnya.

      Delete
  5. ya memang ga berasa kuota tu bisa cepat habis kalau dipakai buat yang disebut itu mbak
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjenrih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Kesedot trus bye-bye deh.

      Delete
  6. Kirain pencuri kuota itu apa?ternyata bocil tohh... Setuju mbak, selain bsa ngabisin kuota youtube jga msihh sedikit tayangan edukasi. Memang ada sih, tapi yg kontroversi lebih banyak. Ditambah lagi youtuber indonesia hanya didominasi komedi saja.

    ReplyDelete
  7. Paket tri punya saya juga lbh byk dipakai main game COC oleh azka

    ReplyDelete
  8. Kebalikan dgn saya mbak, saya paling gak bisa nulis maupun BW pakai henpon. Kurang manteb klo gak megang tuts keyboard :))

    Hihihi sekarang saya larang anak2 maen henpon. Seperlunya aja, alasannya bukan krn kuota tp lbh ke sayang matanya :D

    ReplyDelete
  9. (((jagongan)) hahaha
    wah betahya ngeblog pake hp ya..klo aku mata bisa jereng heeheh

    ReplyDelete
  10. Kadang yang masih bikin bingung dengan sistem kuota, apakah kalau cuma sekedar notif saja bisa mengurangi kuota ya? Lalu, untuk upload foto ke medsos, apakah mahal ya? semangat buat internet-nya bu... :)
    @ge1212y

    ReplyDelete
  11. Ada yang lebih murah mbak...2 Giga...19.900... Aku pake itu... Tanya operator mana? Japri aja...ndak promosi....he2

    ReplyDelete
  12. di daerah saya gak ada tri Mbak :(
    saya kalo ngeblog pake kuota internet kantor, tapi kalo akhir pekan n buka-buka blog saya pakai kuota suami :)

    ReplyDelete
  13. walah! klo ponakanku blm ngerti yutub hp. msh aman lah

    ReplyDelete
  14. walah! klo ponakanku blm ngerti yutub hp. msh aman lah

    ReplyDelete
  15. Kalo saya pernah kehilangan kuota padahal belum pake pulsanya, Mbak. Masa .. 50rb menguap dalam sehari. Anak2 juga gak mainin HP :(

    Eh, Tri kalo beli perdana di sini, 10 GB masih di bawah Rp. 150.000, Mbak.

    ReplyDelete
  16. aku jg pake 3, rasanya skrg semakin mahal sih ya, jd agak bete juga kalo kecolongan di pake org haha.. untung anak2 ya mbak.. anakku gak pernah berani pegang hp ayah bundanya krn hrs ada aturan ngaji dulu, cuci piring dulu, dll hihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts