Sulis Bunda Raka-Alya, Teman Di Sini Dan Di Sana

Di sini teman, di sana teman,
Di mana-mana kami berteman.
#

Manusia selalu butuh teman. Waktu SD-SMP dulu, niat saya ke sekolah bukan murni cari ilmu, tapi juga ketemu teman! Siapa yang seide sama saya? Pokoknya ke sekolah itu mau ketemu teman. Perkara dapat tambahan ilmu itu bonus. Apalagi jam kosong, wah makin senang. Hehe...

Setelah dewasa, teman tetap dicari-cari. Nyatanya banyak tuh pemuda-pemudi yang cari teman hidup. Iya, kan? Bahkan para senior pun (kakek-nenek) juga butuh teman. Makanya ada arisan pensiunan segala macam. Bahkan di pengajian-pengajian pun banyak kita jumpai para kakek dan nenek. Eh padahal ngaji nggak harus nunggu berumur dulu ya. *lost focus*

Pada intinya teman itu bagian tak terpisahkan dari diri manusia. Bersyukurlah Alloh menciptakan Hawa sebagai teman bagi Adam sehingga kita sebagai keturunan Adam dan Hawa pun juga punya kebutuhan berteman. Di dunia blogging pun saya butuh teman. Persis kayak waktu sekolah dulu, kalau ada teman ngeblog makin seru. Maka dari itu sebagai blogger yang masih nunak-nunuk dan grothal-grathul (baca: terjatuh-jatuh kayak anak belajar naik sepeda) waktu itu, saya mendaftarkan diri ke komunitas blogger. Malu-malu sih, tapi mau.

Seiring perjalanan, saya dapat banyak teman dari komunitas blogger. Tidak disangka, seorang teman dari masa muda dulu juga terjun ke dunia blog! Inilah dia orangnya: Sulis a.k.a. Bunda Raka-Alya, pemilik blog Coretan Bunda dengan alamat www.coretanbunda.my.id .

sulis

Tri Sulistiyowati alias Sulis @trisulis98 bersama Raka dan Alya.

Sebelum zaman mobile internet alias zaman warnet, Sulis yang cinta warna biru ini sudah ngeblog. Blognya waktu itu didedikasikan untuk merekam tumbuh kembang sang buah hati pertamanya, Raka, maka tidak heran kalau alamat blognya pakai nama raka-adhi. Saya ingat betul, waktu itu Sulis masih bekerja sebagai jurnalis di Jogja TV.

Selain sebagai jurnalis televisi, sebelumnya Sulis juga sudah jadi jurnalis di koran lokal. Makanya nggak heran kalau tulisan Sulis selalu bercerita. 'Liputannya' di blog pun beragam, mulai dari tempat jajan hingga tempat jalan-jalan yang nggak umum. Yang asyik, menurut saya, blog Sulis sudah mengerucut sejak awal. Meskipun Sulis bilangnya blognya belum ber-niche, kontennya asli dan beda. Makanya jangan heran ya kalau blog Sulis ini langsung diterima oleh Google Adsense pada lamaran pertama! Kalau nggak percaya boleh japri yang bersangkutan deh.

Blog Sulis bercerita tentang kisah seorang bunda mengarungi langkah bersama keluarganya, makanya diberi judul Coretan Bunda.

Soal keseharian, tips mengasuh anak, hubungan dengan suami dan keluarganya, hingga masalah anak sakit yang tidak biasa. Boleh dibaca di tulisan Sulis tentang sakitnya sang buah hati yang konon akibat ulah sesuatu yang tak tampak: Demam Tak Biasa.

Tulisan Sulis soal pengasuhan anak termasuk lengkap lho. Soalnya Sulis dikaruniai dua permata hati, yang satu laki-laki, yang satu perempuan. Komplit kan? Serunya, Sulis ini, menurut saya, tipe ibu Jawa yang ingin tetap membumi sebagai orang Jawa. Anak-anaknya pun diajarinya untuk tetap mengejawantahkan kejawaan dalam hidup mereka. Bukan berarti berpandangan sempit, ya, tapi lebih kepada memegang teguh nilai-nilai yang kuat dan terbukti bermanfaat.

Oya, dari tadi ngomongin teman, teman. Letak pertemanannya di mana? Sulis dan saya dulu pernah kerja sekantor di dunia kreatif yang bergerak di bidang advertising dan EO di Jogja. Kami berdua bersama dua teman lain lagi adalah karyawan pertama di perusahaan itu. Di situlah pertemanan kami tumbuh. Sulis yang romantis-idealistis sering berdiskusi dengan saya perihal idealisme masa muda dan realitasnya.

Setahun bersama, Sulis pindah kerja ke Jogja TV. Hidup berlanjut, masing-masing dari kami berkeluarga dan pindah dari kampung halaman. SMS adalah sarana komunikasi kami sampai akhirnya lahirlah Facebook. Di facebook kami juga saling sapa walau tak terlalu intens. Setelah terjun kembali ke dunia blog, wah, kami intens banget. Tak jarang di pagi buta pun kami inbox-an sekedar untuk ngabarin kalau ada giveaway! Hahaha... Maklumlah, kami ini IRT yang punya anak kecil. Jadi kalau siang pegang gadget malah jadi rebutan sama anak.

Ohya, Sulis ini teman coding saya lho! Ih, gaya-gayaan ya coding. Bukan coding beneran sih, cuma masalahnya kami ini sama-sama ngeblog pakai ponsel, sama-sama pakai aplikasi BlogIt! Jadilah kami mau nggak mau harus kenal kode html. Mulai dari kode untuk bikin teks di tengah, ngatur ukuran font, warna font, sampai ngatur paragraf biar justified. Asyik kan?

Ngobrolin soal kode, berita terbaru seputar blogging, ngomongin anak adalah bagian dari pertemanan kami. Mengatasi masalah juga lho. Masalah besar tergress yang menimpa saya adalah saat ponsel saya error. Semua data di SD Card lenyap termasuk aplikasi untuk blogging! Sudah begitu, diinstal ulang pun nggak bisa. Google Play Store macet di tengah jalan. Paniklah saya. Kebayang beli perangkat baru nih. Duh, berapa duit? Lalu Sulis memberi saran, "Coba di-factory reset dulu."
Eh? Factory reset? Iya deh, dicoba dulu. Dan betul, setelah saya reset, berhasil! Alhamdulillaah. Sujud syukur...

Sulis ini juga korektor saya. Paling berkesan pas saya posting pakai video yang berjudul Selfie Saat Gerhana Matahari Total di postingan untuk Liga Blogger Indonesia 2016. Baru sekali itu bikin vlog, salah ngupload video pula! Alhamdulillaah Sulis ngingatin saya via inbox, "Mbak, videomu kok di bagian akhirnya 'lari'?"
Huaaa...malu-maluin deh. Buru-buru saya cek dan saya ganti videonya. Makasih, ya, Lis.

Bagi kami, ngeblog mungkin bukan segalanya, tapi ngeblog itu bagian penting dari hidup kami. Dengan ngeblog, kami tetap bisa eksis sebagai pribadi yang utuh, bukan sebagai istri si anu atau ibu si anu. Meski yang ditulis di blog adalah cerita tentang keluarga masing-masing, bahkan nama pena kami pun bawa-bawa nama anak, tapi kami sungguh menikmati dunia kecil kami di jagad maya ini. Kecil, tak terlalu riuh, namun terasa lapang dan bermakna. Gitu, kan, Lis?

Penasaran sama Sulis? Ini dia kontaknya:
Facebook: Tri Sulistiyowati
Twitter: @trisulis98
email: t.sulistiyowati80@gmail.com

Comments

  1. Asyik ya bisa punya teman yang saling care, bisa ditanya2 soal ngeblog juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah mbak. Teman memang penting ya mbak.

      Delete
  2. Dengan nge-blog jadi tambah ilmu, semangat mau tau segalanya, dan tambah percaya diri. :)

    ReplyDelete
  3. Wiihhh kereeenn Mbak, baru dengat BlogIt ini loohh, bisa bikin justify postingan ternyata yaahh.. saya jg belakangan ngeblognya dari hp, rempong klo tiap mau ngeblog kudu nyalain lepi yg ada jd rebutan ma Si Bayi, xiixixix.
    Waahh peserta LBI yah Mbak? Sukses hingga ke final yah Mbak, saya gagal masuk 40besar gegara kecerobohan saya waktu submit link, huhuhuhh.. #eehhmalahcurhat maaf yahh Mbak :D

    Punya teman ngeblog yg asyik itu emang sangaaaaat menyenangkan ;)

    Noted as participants! Thanks yahh Mbak udah ikutan.. tunggu pengumuman yaahh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog pake hape sensasinya beda mbak. Hehe...woh iya to salah di link? Semangat mbak tahun depan nyoba lagi.

      Delete
  4. wiih seru, mba Diah punya temen sharing yang care :) Ahaha iya ya di Blog It mah harus tahu kode html buat mempercantik postingan :)

    ReplyDelete
  5. punya temen ngeblog jadi bisa saling menyemangati... hmmm temen ngeblog saya sapa ya...?

    ReplyDelete
  6. asyiknya punya teman ngeblog mbak,jadi ini ikutan LBI ya, saya nggak bisa bayangin mamak2 ikut lbi rasanya kok serem-serem keren :) keep blogging mbak
    kita tunggu kisah teman ngeblognya bunda sulis :)

    ReplyDelete
  7. Senang yaa punya teman ngeblog, dari blog jadi teman, dari teman jadi sahabat berbagi ^^

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau nih GA ini. Aku juga punya temen ngeblog yg asyik

    ReplyDelete
  9. OOh, ternyata teman kerja ya Mbak sama Mbak Sulis. Kirain dulu tetangga di Jogja hahaha!

    ReplyDelete
  10. wah keren nih... bisasaling support ya mbak..

    ReplyDelete
  11. Lha aku baru muncul... *maap, kemaren lagi flu berjamaah serumah. Ini malah dah rame... Soal adsense yang langsung di acc, mungkin krn blogku dah lama mbak..*padahal sempat mati suri

    ReplyDelete
  12. Aku juga ketemu buanyaaaaak sahabat dumay, yang ternyata cocok luar dalam!

    ReplyDelete
  13. Waah, teman ngeblog yang jadi sahabat ya mbak Diah... Nama blognya juga sama2 pake nama anak ^^ kompak nggak sengaja, so swit

    ReplyDelete
  14. Seru yaa..
    Berteman itu emang gak ada ruginya, idem nih sama Mbak Yanet, pada pakai nama anak buat blognya..kompak ^^

    Terima kasih sudah ikutan^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts