Selfie Saat Gerhana Matahari Total

Sembilan Maret nanti kita yang di Indonesia berkesempatan memyaksikan sebuah fenomena alam yang menakjubkan: Gerhana Matahari Total. Namun hanya beberapa propinsi yang beruntung menikmati kolaborasi penuh matahari dan bulan ini, antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Meski demikian tidak semua daerah di propinsi-propinsi tersebut dapat menikmati gerhana matahari total. Wilayah di luar itu hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.
Fenomena luar biasa ini juga pernah mampir di Indonesia pada tahun 1983. Saya masih ingat, dulu Bapak saya punya kaos bertuliskan Jangan Tatap Aku Merangsang Buta. Tampaknya kampanyenya gencar sekali sampai menimbulkan kepanikan karena masyarakat dilarang melihat gerhana kecuali dari layar televisi. Padahal sesungguhnya gerhana matahari bisa dinikmati asal tahu alat pendukung yang tepat dan prosedurnya. Berikut ini infografis yang terpercaya yang bisa dijadikan pedoman.



Sumber: http://gerhana.langitselatan.com/infografik-cara-aman-mengamati-gerhana-matahari/

Berhubung sekarang zamannya medsos, tampaknya bakal banyak yang berniat selfie bersama si gerhana. Boleh tidak? Boleh saja asal mengikuti pedoman tadi.
Daaan...inilah pesan dari si mamak:

Comments

  1. Alat yamg aman buat lihat gerhana matahari apa ya?
    @guru5seni8
    Http://hatidanpiliranjernoh.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai kacamata khusus yang ada filternya mbak. Atau teropong juga bisa asal dikasih filter khusus. Bisa juga dengan kotak lubang jarum yang fungsinya membuat refleksi gerhana jadi yang dilihat adalah bayangannya bukan gerhananya.

      Delete
  2. Hihii... jadi tau deh wajahnya. Kalau ketemu di jalan kita bisa saling sapa ya, Mak Dwi

    ReplyDelete
  3. Weiiis ada videonya. Keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'terpaksa' ini mbak gara-gara admin LBI :-D

      Delete
  4. Benar, nih.
    Hati-hati lihat gerhananya. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Jawa cuma GMS aja. Tapi tetap waspada karena pada intinya menatap matahari berlama-lama itu bahaya baik pada saat gerhana atau tidak.

      Delete
  5. kalau mau lihat gerhana matahari, bisa gunakan pantulan air di dalam ember.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mas. Air di ember cuma menyerap sedikit dari radiasi matahari. Takutnya terlena mengamati matahari sampai kelamaan akhirnya retina terbakar.

      Delete
  6. (atasku) Pantulan air dari ember, baru tau :D

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pas SD metode ini ngetop mbak. Tapi ternyata berpotensi bahaya jadi tidak direkomendasikan.

      Delete
  7. Kasihan Bulan, Gerhana tetiba jadi idaman semua orang. *keinget sinetron gerhana* *jebakan umur* XD

    ReplyDelete
  8. Saya juga mau lihat gerhana, apa daya si bocah belum bisa ditinggal

    @amma_chemist

    ReplyDelete
    Replies
    1. GMS juga lumayab mbak. Lihat GMT-nya lewat tv aja. Saya malah berencana ngurung bocah. Takutnya pada amazed trus starring at the sun terus-menerus. Whaaa...bahaya.

      Delete
  9. Suara emak halus kayak pembawa berita di tivi-tivi :) Kalau Gerhana matahari total pasti siang hari jadi gelap gitu ya, ngeri :'(

    @gemaulani

    ReplyDelete
  10. Hi..hi, tumben mbak diah..pake video... Pertama kali deh kayaknya nongol... :-) Biasanya foto aja jarang....

    ReplyDelete
  11. Aku pingin lihat gerhana juga. :( Tapi gak punya TV

    ReplyDelete
  12. Gerhana matahari 83 saya udah mau brojol Mbak. Semua orang ngungsi di rumah warga yang ada plafonnya. Nah takut saya lahir pas ngungsi, emak sama Bapak diumpetin di kamar yang dikasih jarik atasnya. Takut buta katanya

    Ternyata bisa ya liat gerhana asal caranya bener :)

    ReplyDelete
  13. Ah ya, udah mulai rame pembicaraan gerhana bulan dpn.

    ReplyDelete
  14. kalo di kampung saya, saat terjadi gerhana biasanya orang dilarang keluar Mbak, katanya kalo keluar saat gerhana mata kita bisa buta..

    ReplyDelete
  15. Saya belum pernah lihat gerhana. Tungguin ah nanti.

    ReplyDelete
  16. iya ya jaman dulu kalo ada gerhana pasti dikasih tau, "jangan lihat dengan mata telanjang, bisa buta." gitu...

    ReplyDelete
  17. nggak sabar ya nunggu munculnya gerhana :-)

    ReplyDelete
  18. setahu saya urusan gerhana matahari total yang heboh pas saya masih TK sampe diliburkan dan gak boleh keluar rumah. Haduh segitu dangerousnya ya..hehehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts