KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Persenjataan Untuk Ngeblog

6 komentar
"Aku pingin nulis, Mbak. Ajarin dong!"
Wuizz...GR berat saya pas ada yang komen begitu di status facebook saya. Apalah daku ini, tapi kok ya ada yang tanya begitu. Habis GR, bahagia. Ternyata aktivitas saya nulis di blog itu bisa diiriin juga. Susah banget mbacanya: di-iri-in. Hihi...

Yang lebih bikin bahagia lagi, si penanya adalah ibu-ibu. Emang kenapa kok ibu-ibu nanya bikin bahagia? Biasa aja kali. Ibu-ibu nawar juga biasa! Nggak, kali ini lain dong, kalau nggak lain nggak bisa jadi blogpost. :-D

Ibu-ibu gitu lho. Tahu sendiri kan yang namanya ibu-ibu itu jadwal kerjanya udah padat, eh kok ya masih merasa kelebihan energi dan kepingin nulis. Apa nggak bikin trenyuh itu? Karena trenyuh itulah saya pun menyarankan dia untuk bikin blog. Entah akhirnya dia jadi bikin atau tidak yang jelas saya mendadak merasa bangga sebagai blogger. Ada yang ngiriin.

Nah, terlepas dari iri atau tidak, kalau pembaca ada yang juga lagi kepingiiin punya blog, atau ada temannya pembaca yang pingin punya blog, bolehlah disimak persenjataan ngeblog berikut ini:

Niat

Siapapun tahu bahwa niat mendasari segala hal, termasuk ngeblog. Ngeblog dengan niat yang sungguh-sungguh tentu akan berdampak pada keseriusan seseorang mengelola blognya. Makin kuat niat, makin bagus. Niat juga perlu ditata agar tak keliru. Niat kuat, bagus. Niat kuat untuk kebaikan, jauh lebih bagus. Kalau kata Pakde Abdul Cholik, niatkan menulis untuk ibadah. Niat yang kuat dan benar insya Alloh akan melahirkan tujuan ngeblog yang benar.

Baca juga: Blog Saya Bermanfaat

Tujuan

Setelah berniat ngeblog, tetapkan tujuan. Ngeblog untuk sekedar curhat, ngeblog untuk menuangkan ide, ngeblog untuk dapat banyak followers, ngeblog untuk mengubah dunia, ngeblog untuk dapat duit dan lain-lain. Monggo saja tujuannya apa, yang penting halal dan baik. Tak usah khawatir kalau merasa belum punya tujuan yang pasti. Lambat-laun insya Alloh jalan menuju ke sana akan terbuka seiring meningkatnya aktivitas ngeblog kita.

Baca juga: Jadi Blogger Tuh Nggak Ada Duitnya

Ilmu

Segala perbuatan hendaklah didasarkan pada ilmu. Sebagaimana mau bisa setir mobil harus tahu ilmunya, mau ngeblog pun harus tahu ilmunya. Ilmu pertama yang harus dikuasai adalah mengerti dan memahami apa blog itu. Pemahaman yang keliru bisa mengakibatkan salah jalan. Dari mana kita tahu pengertian blog yang tepat? Belajarlah dari blog-blog yang sudah mapan dan menayangkan hal-hal baik. Baik-buruknya dilihat dari mana? Dari isinya yang tidak melanggar hukum dan norma.

Ilmu kedua yang wajib dikuasai adalah cara membuat blog. Iya dong. Setelah mantap dengan niat dan tujuan ngeblog serta paham betul apa blog itu, cari tahu cara bikin blog. Bikin blog itu mudah sekali. Googling saja. Blog bisa dibuat dengan platform gratisan di blogspot (blogger), wordpress, tumblr atau blog komunitas seperti kompasiana dan blogdetik. Tinggal pilih. Kalau tidak cocok juga bisa ganti platform dengan mudah.

Ilmu ketiga adalah cara membuat postingan di blog. Mulai dari menulis postingan, editing, menyisipkan gambar, link, hingga publishing.

Baca juga: Mengatasi Writer's Block

Ilmu keempat adalah sharing tulisan di medsos atau yang lainnya.

Otak-atik Blog

Setelah berhasil bikin blog dan menulis di dalamnya sebetulnya itu sudah cukup memenuhi persyaratan sebagai blogger. Cuma, untuk menjadi blogger yang baik harus bisa juga mengotak-atik blog. Mulai ganti template, ganti warna theme, pasang widget dan seterusnya. Untuk keperluan ini, googling saja. Banyak tutorialnya di dunia maya.

Sudah? Belum, sih, sebetulnya. Masih ada kegiatan blog walking, blog maintaining, SEO, dll, dkk, dst. Tapi sebagai langkah awal, persenjataan tadi saya rasa sudah cukup. Selanjutnya tinggal belajar dan belajar. Tidak ada kata instan di dunia ini untuk meraih kesuksesan, termasuk dalam dunia blogging. Tekun dan sabar adalah amunisi yang tepat untuk menjaga kelangsungan hidup sebuah blog.

Oh ya, untuk menunjang kegiatan ngeblog, seseorang mau tak mau harus punya akses ke gadget yang mumpuni, bisa dengan komputer, laptop ataupun ponsel cerdas. Nah, yang sudah ngebet pingin ngeblog, selamat mencoba, ya. Ngeblog itu bukan cuma asyik dan keren tapi juga potensial membuka ladang amal.

Related Posts

6 komentar

  1. Saat beralih dari tab ke hp...bagian paling lama trnyata editing mb...cilik-cilik...jadi perjuangan sbg blogger smkin terasa..

    BalasHapus
  2. cilik-cilik tapi tambah asyik kan? apalagi kalo sinyalnya lagi meliuk-liuk trus dikejar dead line. wuh...makin cihuy deh! haha...

    selamat berjuang lis!

    BalasHapus
  3. Yeah!!! Ayo maju berjuang buat blog! Semangat untuk para blogger Indonesia.

    BalasHapus
  4. intinya jangan bosan untuk terus belajar yah Mbak :)

    BalasHapus
  5. nah yang otak atik blog ini yang rumit, harus extra keras belajarnya :)

    BalasHapus
  6. Kalau mau terjun ke medan perang Ngeblog, amunisi kudu lengkap ya mbak :)

    BalasHapus

Posting Komentar