KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Followers Blog Berkurang? Perubahan Kebijakan Google Friend Connect

18 komentar

Follower merupakan salah satu aset penting bagi sebuah blog. Semacam pengakuan akan eksistensi blog, gitu. Asumsi sederhananya banyak follower berarti banyak pembacanya. Punya follower segudang juga meningkatkan kredibilitas blog di mata perusahaan calon pemberi job review. Maka, blogger pun berbondong-bondong memasang tombol 'follow' di blog mereka yang kalau untuk blogspot adalah tombol 'Join This Site with Google Friend Connect'. Bahkan beberapa saat lalu di salah satu komunitas blogger terbesar di Indonesia ada gerakan saling follow. Viral banget, sampai-sampai kolom komentar du grup itu panjaaang kayak kereta di musim lebaran.

Pembaca blog yang suka dengan suatu blog bisa langsung klik tombol 'follow' tersebut dan memasukkan data untuk sign in. Bisa dengan akun Google, Yahoo, Twitter, Open ID. Beres. Tapi, mulai 11 Januari ini ada perubahan kebijakan Google Friend Connect. Calon follower hanya bisa follow blog dengan akun Google-nya. Ini pun berdampak pada jumlah follower di blog sebab secara bertahap follower yang sign in dengan akun non-Google akan dihapus. Jadi, ada kemungkinan jumlah followers blog berkurang karenanya. Jangan panik, ini terjadi bukan karena adanya gerakan unfollow masif, tapi karena perubahan kebijakan Google Friend Connect.

Jadi, gimana? Ya, sesuai saran Blogger Buzz, saya menuliskan update ini agar follower yang tiba-tiba terhapus tidak merasa di-PHP sama saya. So, please, bagi follower blog damarojat ini yang dulu sign in pakai akun lain selain akun Google-nya, klik tombol 'Join This Site' lagi, ya. Masih bertengger di bawah area postingan, kok.

Akhir kata, terima kasih banyak untuk followers blog damarojat. Tanpa followers tentu blog ini jadi sepi. Sekali lagi terima kasih. Semoga pertemanan kita bermanfaat. Yang mau follow, boleh banget, lho. *tetep ngiklan*

Related Posts

18 komentar

  1. Oh pantes punyaku juga berkurang, tapi kok sebelum 11 januari ya? berarti memang diunfollow ya? yasudahlah blog isian curhat ini ya tapi aku masih follow dirimu lho Mak hihihi

    BalasHapus
  2. Oh ada kebijakan baru rupanya. Makasih infonya ya Mbak Diah.
    Ya mudah2an setelah ini followerku nambah deh kalo hbs berkurang. Maklum follower masih seuprit xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tidak termasuk wilayah terdampak ya mbak. *apaan sih*

      Hapus
  3. Oh..begitu ya mbak. Aktual sekali beritanya..followersku dah tak cek nggak ga yang ilang sepertinya...tp yo msh dikit..:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dini hari tadi buka dashboard ada berita ini. Sepertinya sih udah lama di dashboard tapi kucuekin. Itu aja tanggal postingnya blogger buzz 21 Desember 2015.

      Hapus
  4. oo gitu ya, saya baru tahu, tapi selama ini follower saya tdk atau belum berkurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Saya juga baru baca pengumumannya di dashboard blogger. Semoga nggak kena penurunan ya mbak.

      Hapus
  5. punyaku masih sama..masih under 50. BUahahahah.

    BalasHapus
  6. Huum, nih. mesti sabar ya. :D

    BalasHapus
  7. Ohh gitu ... Punyaku tetep sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya juga masih tetep sih mbak. Bertahap soalnya.

      Hapus
  8. Oh iya bener Mak, mungkin selain GFC udah nggak efektif ya, aku dari 102 jadi 81 hehehe

    BalasHapus
  9. Hillang buanyak 50 huaaaaa. ... >,<

    BalasHapus
  10. Aku ga merhatiin sih, Mak. Tapi aku pakai gfc juga. Aduh, aku mah gaptek. Yang penting posting ma bewe

    BalasHapus
  11. berarti bagi yang nggak pake akun google nggak bisa jadi follower dong, hadeuh manaan saya mah nggak pake akun google pula.
    terimakasih pencerahan ilmunya kak

    BalasHapus

Posting Komentar