KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Pengalaman Beli Film Di Online Shop

12 komentar
Online shop, siapa sih yang sekarang nggak kenal dengan nama ini? Sebagai netizen, saya pernah mencicipi belanja di online shop meski baru kelas online shop di facebook. Satu-satunya barang sebelum ini yang berani saya beli adalah buku. Yoi. Menurut saya buku adalah jenis barang yang sudah jelas keadaannya. Kita bisa baca review-nya dulu atau bisa dengar dari teman. Saya belanja buku lewat teman dan lewat sebuah akun khusus jualan buku. So far so good, alhamdulillaah. Nah, setelah berani belanja buku, saya mencoba belanja barang lain: film anak. Pengalaman beli film di online shop ini agak beda. Ternyata ada satu hal fatal yang lupa saya cermati sebelum membeli.

Seperti ketika membeli buku, saya beli film ini lewat akun di facebook. Penjual yang ini adalah temannya teman. Saya dapat rekomendasi ya dari teman itu. Setelah dapat nomor kontaknya, saya pesan satu kumpulan film anak muslim yang dikemas dalam flash disk. Wah, sudah nggak pakai CD lagi, ya, sekarang. Lebih memudahkan, gitu.

Setelah tanya harga dan ongkos kirim, saya langsung transfer hari itu juga. Lima hari kemudian, kiriman itu tiba. Dengan penuh semangat, saya colokkan flash disk itu ke pemutar DVD. Terbayang sudah bagaimana gembiranya anak-anak saya. Tapi... tidak mau mutar. Waduh...salahnya di mana nih?

Saya pun menghubungi penjualnya. Setelah saling menjelaskan baru ketahuan kalau film yang dijual tadi berformat mp4, sedangkan pemutar DVD saya tidak bisa membaca file berformat mp4. Astaghfirullaah. Sia-sia dong.

Usut punya usut ini adalah kesalahan saya sejak awal, yaitu kurang teliti. Seharusnya saya menanyakan terlebih dulu format filmnya, bukan asal pesan saja. Memang sih saya khilaf bertanya karena begitu berbinar-binar saat dapat informasi dari teman saya tadi. Sekali lagi: kurang teliti.

Sayangnya penjualnya pun kurang teliti dengan alpa menginformasikan spesifikasi barang yang dijualnya. Dan saat saya komplain pun penjualnya kurang bisa memberi solusi yang melegakan. Ya, husnuzhon saja lah, siapa tahu ada hikmahnya. Dan betul, saya jadi punya bahan untuk ditulis di blog ini. :-D

Terpaksalah saya mengubah format film tadi dari mp4 ke mpg pakai software Format Factory.

Pinjem laptop suami.

Terus gimana? Rugi dong? Ya dan tidak. Rugi waktu dan biaya, iya. Tapi juga dapat tambahan ilmu: teliti sebelum membeli.

Gimana, ada yang juga punya pengalaman beli film di online shop? Bagi ceritanya, yuk di sini. Yuk, yuk!

Related Posts

12 komentar

  1. Alhamdulillah iso diputer akhirnya. Baru tau klo formatnya bisa diubah... Met nonton film damar n rojat? Eh...isinya brp film mbak, kok pke flashdisk? Tp harganya jd lebih mahal drpd dikemas dlm cd/ dvd ya pastinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa diubah pakai software. Lha dulu pernah bawa flash disk ke jogja, dah diformat mpg, ee jebul di sana ga bisa diputer juga.

      Hapus
  2. saya nggak pernah beli film, saya selalu download atau nonton streaming online, Bunda. haha.

    Saya selalu nonton streaming berhubung kecepatan internetan saya lancar jaya tanpa hambatan *ini mulai sombong* saya biasanya streaming atau download di http://putlocker.is/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur ya Mas punya koneksi yang cepat. Di sini bisa nonton video kalo nebeng wi-fi kantor si ayah. Berhubung perusahaan keluarga, jadi kalo hari libur anak-anak minta ke kantor buat internetan. Hehe..

      Hapus
  3. dvd punya suami merk polytron juga nggak bisa muter mp4 tu Mbak, terus aku format jadi mp3 masih nggak mau muter, salahku ng ndi? hehe jadi formatnya ke mpg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi pakai mpg Mbak. Atau kalau pakai TV yang model terbaru bisa langsung. Kata penjualnya gitu. Tapi karena TV saya bukan yang model sekarang jadi nggak bisa langsung colok ke TV.

      Hapus
  4. waah ternyata memang harus teliti banget ya.. saya blm pernah beli film secara online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Pengalaman memang guru yang killer tapi sayang betulan sama muridnya :-)

      Hapus
  5. Ooh... Bisa to mbak.
    Untung bisa ditonton akhirnya

    BalasHapus
  6. Pernah aku ngalami ketidaktelitian beli di Olshop juga Mbak, tapi beli gamis. Di gambar oke punya, tapi lupa nanyain panjangnya. Waktu sampe, agak kecewa karena ternyata gamisnya di bawah ekspektasi plus kependekan alias cingkrang. Alhasil ga bisa dipake, jadi rezeki ponakan yg masih SD, padahal tubuhku termasuk golongan pendek. Hbs itu mikir panjang kalo mau beli di OL shop

    BalasHapus
  7. at least nggak rugi-rugi banget karena dapet ilmu teliti sebelum membeli.. format factory ini emang cukup helpful untuk urusan convert-convert.

    BalasHapus
  8. Lain kali lebih teliti lagi ya, kak :)))

    Bantu share ya, kak: Yang hobi baca buku maupun tidak, boleh minta waktunya sejenak untuk mengisi kuesioner singkat mengenai minat baca di Indonesia. Untuk data pendukung untuk program mengenai minat baca. Mau buku gratis? Ada 3 buku gratis 3 pengisi kuesioner terpilih. berikut link formnya >>> Http://goo.gl/forms/8QdMG7KvZS
    Jawaban kalian sangat berarti. Tolong bantu share lagi ya. =d
    terimakasih :3

    BalasHapus

Posting Komentar