Buku 24 Resep Kue Dari Dapur Blogger Kece

Judul:
24Resep Kue dari Dapur Blogger Kece

Penulis:
Mechta Deera, Leyla Hana, dkk.

ISBN:
978-602-0997-15-5

Jumlah Halaman:
139

Terbit:
September 2015

Penerbit:
Sixmidad

Bonus:
7 Jurus Jitu Menulis Artikel How To

Buku 24 Resep Kue dari Dapur Blogger Kece ini bisa memiliki dua keistimewaan. Yang pertama, proses penyusunannya dilakukan dalam suasana kompetisi. Ya. Buku 24 Resep Kue dari Dapur Blogger Kece ini memang merupakan kumpulan resep peserta sebuah lomba, tepatnya Giveaway Mini: Sepotong Kue untuk Pakde yang diprakarsai oleh blogger yang penuh energi, Pakde Abdul Cholik.

Keistimewaan yang kedua, seluruh resep dalam buku ini telah diuji coba langsung oleh para blogger yang bukan blogger spesialis masakan. Tentu saja sebagian besar blogger penyusun buku ini sudah terbiasa terjun ke dapur, tetapi sungguh pun demikian, memasak bukan topik utama dalam blog mereka. Tengok saja, ada nama Leyla Hana yang penulis novel di sana.

Berhubung buku ini berisi resep untuk kompetisi membuat kue, aneka macam versi kue pun bermunculan. Ada kue-kue a la Barat seperti cake, browmies, cookies dan kastengel; ada juga kue khas Indonesia seperti cilok, awuk-awuk ubi dan kue kolak.

Uniknya, di sini beberapa resep betul-betul merupakan kreasi baru. Misal, kreasi Sri Wahyuni "Gabin Goreng Fla Tape". Kue ini memanfaatkan bahan yang ada di dapur si penulis (halaman 44).

Ada juga "Bobonkar" kreasi Irowati. Bobonkar ini singkatan dari Bolu Abon Mekar yang mengkombinasikan bolu mekar dengan isian abon (halaman 63).

Kelebihan buku ini adalah semua resepnya telah teruji dan disertai langkah-langkah pembuatannya yang jelas. Bahkan ada bonus rahasia cara mengolah bahan atau trik untuk mengakali kesulitan yang dihadapi di masing-masing resep.

Kekurangan buku ini, tampilannya yang hitam-putih barangkali membuat kurang menggoda selera. Selain itu resep tidak serta merta langsung dihadirkan di awal paragraf. Pembaca mungkin akan bertanya-tanya, "Resepnya di mana nih, kok preambule resepnya panjang banget." Ya, maklumlah, namanya juga blogger, pasti senang bercerita dong.


After all, buku ini menarik namun tak layak dibaca saja. Seyogyanya buku ini dikoleksi untuk dipraktikkan di dapur pembaca.

Tertarik? Sila pesan ke penerbit Sixmidad melalui email: sixmidad@gmail.com atau kunjungi situs www.penerbitsixmidad.com .

Selamat memasak!

Comments

  1. Seneng bisa satu buku dengan blogger2 kece..., semoga bisa bikin buku sendiri suatu hari nanti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiiin. Kayaknya Mbak Ika dah siap nih.

      Delete
  2. blogger itu bukan cuma bisa nulis di blog, tapi masak juga bisa :)
    Selamat ya mba...

    ReplyDelete
  3. aku belum punyaaaaaa
    pesen ahhhh

    ReplyDelete
  4. Koleksi resepnya pastiiii okeee nih... Udah ngileeer liat bukunya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua resep telah diuji di dapur masing-masing, Mbak. Monggo...

      Delete
  5. Resep-resepnya mudah dipraktikkan dan bahannya sederhana. Punya Mbak malah namanya unik banget. Kapan-kapan mau saya coba ah. Terima kasih dan selamat!

    ReplyDelete
  6. Mbak..ibu di Jogja dikirimi bukunya aja......pasti senang :-) trus sering bikin kue.....

    ReplyDelete
  7. berarti resep-resepnya gak susah kan ya :D
    bisa dicoba dong ya

    ReplyDelete
  8. Wah congrats bukunya ya Mak blogger keceh semuaaa :*

    ReplyDelete
  9. Buku resep sebaiknya memang color tetapi biayanya memang menjadi mahal. Itulah sebabnya buku resep color walau tipis tetap mahal harganya.
    Saya memang sengaja menampilkan artikel secara utuh, edit kecil2an saja. Buku ini memang hanya untuk kenang-kenangan bagi sahabat agar kelak para cucu mengetahui bagaimana kakek-neneknya menyusun resep masakan. Mungkin mereka akan mengernyitkan dahi:" Ihhhhh...apaaan sih. Buku resep kok pakai cerita segala..."
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya, Pakde. Ini kapaaan mau mulai masaknya.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts