Takut Ulat

Sungguh saya takut ulat! Takut banget! Ulat yang kecil pun saya takut apalagi yang gemuk besar ginak-ginuk kloget-kloget. Huaaa...!!!

Seperti hari Minggu ini (2/8) pas saya ke rumah mendiang mertua yang sekarang jadi kantor perusahaan keluarganya suami saya. Usai beberes njemur daun sirsak untuk jamu suami saya, tiba-tiba saya merasa ada yang nggak beres di jilbab saya. Kok kayak ada suara 'kresek-kresek' gitu.

Refleks saya kabur minta tolong suami untuk ngecek pakaian saya. Alhamdulillaah, untung di sana cuma ada saya sekeluarga dan si mbah yang bertugas bersih-bersih.

Ternyata memang ada ulatnya! Huaaa...!!!

Tapi sudah disingkirkan oleh si mbah. Hhhh... lega.

Gara-gara itu ponsel suami yang sedang saya pegang rusak kameranya karena saya lempar akibat ketakutan. Retak gitu kaca pelindungnya. Waduh, gimana coba mbetulinnya? Apa dicopot aja, ya? Ada ide kah teman-teman?

Balik ke urusan ulat, ya. Berhubung rasa takut ini mengganggu saya, maka saya dengan sengaja tidak mau menanam tanaman yang berpotensi berulat. Daripada daripada lah. Bahkan sayur yang kira-kira ada ulatnya juga saya hindari kecuali kalau penjualnya bersedia ngecek untuk saya.

Pernah dulu saya maksa mas sayur untuk ngecek lembar per lembar sawi hijau gara-gara pernah saya beli sawi berulat. Huaa...!!! Saya lempar tuh sawi ke tempat sampah! Wis, refleks deh pokoknya.

Tapi meski takut berat saya berusaha untuk jaim di hadapan anak-anak saya. Karena takut ini menular. Dan saya nggak mau anak-anak saya ikut takut sama ulat. Ya masak anak laki kabur kalau ada ulat? Jangan dong...nanti yang nolongin saya siapa??? Hehe...

Konon ada cara ampuh mengatasi rasa takut ulat, yaitu dengan shock therapy. Adik teman saya hilang rasa takutnya sama ulat dengan cara ini, tapi saya nggak! Pas SD dulu saya pernah disodorin ulat oleh teman saya. Ceritanya pas lagi belajar bersama di rumah saya. Kebetulan di rumah tuh ada pohon kol bandang yang dihuni ulat keket ijo-kuning. Sewarna dengan daunnya. Ulat keket tahu, kan, ya? Ulat yang nggak berbulu itu lho. Apa ya namanya dalam Bahasa Indonesia? Kalo di Bahasa Jawa namanya uler keket.

Berhubung teman saya itu pingin saya sembuh, pas istirahat belajar dia ambil satu ulat trus diletakkan di bagian dalam buku tulis saya yang saya taruh di lantai. Belajarnya dulu nggak pakai meja, sih, cuma di lantai aja. Begitu mau mulai belajar lagi, saya buka buku dan "Aaaaaa!!!" langsung saya kabur! Ya Alloh...mengerikan! Bukannya sembuh, malah tambah parah. Uh, jangan ditiru, ya...

Shock therapy yang mengerikan!

Sebetulnya ada cara lain yang nggak shocking. Yaitu dengan cara dikenalkan sejak kecil. Nah, ini yang saya nggak bisa lakukan ke anak-anak saya. Nggak selalu harus pegang ulat, sih, yang penting tahu caranya ngusir ulat. Lha masalahnya sayanya udah ambil langkah seribu duluan, gimana mau ngenalin? Hahaha...

Sudah, ah. Ngomongin ginian jadi tambah takut. Kalau teman-teman gimana, takut nggak sama ulat?

Comments

  1. aku juga takut ulat mbak,geli aja hehehe...

    ReplyDelete
  2. saya juga geli sama ulat, apalgi kalo liat gambar ulat yang diperbesar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uh, ga dipwrbesar aja saya takut mbak. Haha

      Delete
  3. aku pernah uler keket nempel di tangan... duuuuh gatal plus rasanya panas banget, hiii rasanya kok langsung merinding inget kejadian waktu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uler keket tetep gatel ya mbak? Hiiiy

      Delete
  4. Aku gak takut mbak, justru malah takutnya sama kaki seribu hahaha geli liat kakinya gerak gerak bersamaan -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaki seribu juga geli sij mas tp ga separah ulat.

      Delete
  5. Replies
    1. Hehe...saya malah nggak takut cuma kadang sebel liat cicak kl pas ngrubungin nasi gitu.

      Delete
  6. Hi..hi, takut ulat yaaa.... Aku nggak ki mbak.....biasa wae. Dulu pas kecil, takute sama luing soale ktnya ngisep darah....btw, luing makan apa tho?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luwing yg ngentup itu ya? Apa sing merah kl dipegang mlengkuwer?

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts