KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Surat-surat Favorit

15 komentar
Surat-surat ini bukan suratnya R.A. Kartini, bukan pula surat-surat zaman saya suka surat-suratan. *eh* Tapi surat-surat favorit itu mengingatkan saya pada sosok-sosok penting dalam hidup saya. Surat-surat favorit yang sering dibaca dalam sholat. Ya. Surat-surat dalam Al-Quran.

Surat Al-Lail, Ar-Rahman dan Al-Waqi'ah
Ini surat-surat favorit ibu saya. Ibu menghapal surat Al-Lail karena penasaran dengan isinya yang ternyata menitikberatkan pada manusia yang ingin kebaikan dimudahkan jalannya, sedangkan yang menghalangi kebaikan disukarkan jalannya.

Selanjutnya, Surat Ar-Rahman. Ini fenomenal. Waktu itu ibu menghapalnya sambil mendengarkan kaset qiroah. Jadi ibu membacanya pakai dilagukan padahal napasnya putus-putus. Walhasil anak-anaknya pun ikut terbawa cengkoknya. Tiap kali baca Ar-Rahman langsung larinya ke qiroah yang itu. Tempat putus-putus napasnya pun sama! :-D

Sedangkan surat Al-Waqi'ah dihapalkan ibu karena dapat ilmu setelah ikut pengajian. Tapi belum seluruh ayat dihapal oleh ibu. Bagusnya, ibu tak segan membaca surat ini saat jadi imam sholat meski harus berhenti-berhenti karena lupa-lupa ingat.

Surat Al-A'la, Al-Ghosiyah, At-Tiin, Adh-Dhuha dan Al-Anfal ayat 1-4
Ini favorit bapak saya. Sebetulnya lumayan banyak yang bisa dihapal bapak dari juz 'amma, tapi yang berkesan bagi saya adalah surat-surat itu. Ada bagian-bagian tertentu yang menurut saya unik karena cara bapak melafalkannya. Lucu, gitu, walau benar (tidak keliru).

Yang paling membekas di hati saya adalah surat Al-Anfal. Pernah suatu ketika setelah saya menikah dan jauh dari orang tua, saya begitu terharu ketika mendengar empat ayat itu dilantunkan. Langsung ingat bapak.
Yas aluunaka 'anil anfaal.

Surat Alam Nasyroh
Surat ini sering banget dibaca mbak saya kalau pas jadi imam. Surat ini meyakinkan manusia bahwa setelah kesulitan ada kemudahan. Tampaknya itu juga yang menginspirasi mbak saya sehingga (menurut saya) menjadikannya surat favorit. Tiap kali membaca surat Alam Nasyroh, saya langsung ingat mbak saya.

Surat An-Nashr
Kalau ini favoritnya suami saya. An-Nashr artinya pertolongan (dari Alloh). Surat yang mengisahkan pembukaan kota Makkah ini memang menggetarkan. Sungguh pertolongan Alloh itu dekat bagi hamba-Nya yang bersyukur.

Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Naas
Ini favorit siapa, ya? Saya. *tersipu malu* Tiga qul lagi, tiga qul lagi. Tambah Al-Kafirun deh. Jadi empat qul. Duh...

Nah kalau teman-teman gimana? Surat-surat favorit teman-teman apa aja nih? Dan adakah yang mengingatkan teman-teman kepada seseorang?

Related Posts

15 komentar

  1. Ooo...aku yang terakhir mb..:-) prasaan dulu pas sekolah disuruh menghafal annas mpe ad dhuha.... Tp dlm prakteknya.....yang muncul di sholat kok ya yang pendek, cepat aja yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita terjebak pd istilah 'surat pendek' kali ya. Haha...

      Hapus
  2. Empat Qul itu favorit daku Mbak... Trus tambah satu surat lg favorit yaitu surat Qursyi..

    BalasHapus
  3. Al Ikhlas dong, simpel, mudah diingat, bisa dibaca di mana saja, pahalanya banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mudah diingat ya mbak. Padahal isinya berbobot banget.

      Hapus
  4. kalo saya surat favourite al ikhlas mbak..sering terharu kalo membacanya...terasa sekali Allahlah Maha segalanya..Ar rahman juga, karena disitu ceritanya Allah kasih kita Qur'an sebagai tanda kasih sayangNya, supaya dalam kehidupan ini kita nggak tersesat, tau jalan hidup yg jelas..kalo yang buat saya mau mengkaji Islam lebih rutin..itu surat al a'rah ayat 179...tegurannya kenak banget..salam kenal mbak

    BalasHapus
  5. Naudzubillaahi min dzaalik ya mbak. Semoga kita jadi manusia betulan, bukan manusia berderajat lebih rendah dr ternak.

    BalasHapus
  6. hehehe... bisa aja ya istilahnya, ada empat qul segala :)

    BalasHapus
  7. suka sama surah Al Waqiah, tapi Al Baqarah juga suka, suka semuaaaa :D

    BalasHapus
  8. saya suka surat an naba dan al fajr

    BalasHapus

Posting Komentar