KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Merdeka Atau Berhenti Ngeblog!

21 komentar
"Merdeka atau Mati!"

Gambar dari https://jurnalperigi.wordpress.com/2014/01/17/kekuatan-tipografi-sebagai-propaganda-partisipatif-yang-membangun-indonesia/?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7743806059

Coretan di dinding-dinding dan di berbagai tempat di masa perang kemerdekaan kala itu mencerminkan tekad yang pasti. Jika tak bisa merdeka, maka maju hingga mati tak dapat ditawar. Untuk apa hidup jika tak memiliki jalan hidup sendiri? Demikian juga dengan menulis. Apa guna ngeblog jika tak bebas? "Merdeka atau berhenti ngeblog" barangkali pilihannya.

Saya mulai ngeblog di tahun 2006 dengan fasilitas yahoo 360 yang kini sudah lama wafat. Tapi ngeblog saya waktu itu tak tentu. Tak terarah dan tak tahu maksud dan gunanya ngeblog. Blog bagi saya waktu itu cuma sekedar nulis curhatan saja. Di tahun 2007 saya buat blog di blogspot. Masih dengan pengetahuan yang sama, blog saya tak pernah jadi blog 'betulan'. Akibat nggrambyang alias nggak jelas, maka blog saya terlantar.
Di tahun 2009 usai melahirkan anak pertama, saya teringat lagi blog saya. Sempat posting dua-tiga tulisan,setelah itu mati suri lagi. Akhirnya di tahun 2013 saya mulai menulis lagi. Membangun blog damarojat ini dan mulai menekuni hari-hari sebagai blogger. Sebetulnya penyebab saya ngeblog lagi saat itu adalah sedang galau. Anak masih kecil-kecil, ART barusan minta berhenti. Mumetlah saya. Cenut-cenut di kepala tak bisa saya buang ke mana-mana. Mau diumbar di facebook jelas nggak baik. Alhamdulillaah saya dipertemukan kembali dengan kegiatan ngeblog. Jadi, bismillaahirrohmaanirrohiim, ngeblog.

Di awal-awal saya mencari komunitas blogger. Terrrnyata buanyak nian! Satu per satu saya ikuti dan belakangan saya bergabung dengan komunitas Blogger Muslimah. Makin banyak teman, tulisan saya pun makin beragam. Mulai dari curhat, ikut trending topic hingga ikutan lomba. Bahkan saya ikutan sok-sok ngereview produk. Trafik pun jadi sasaran tembak saya berikutnya. Belajar SEO sedikit-sedikit, belajar nulis yang bersifat viral sedikit-sedikit hingga akhirnya saya terjebak sendiri pada target yang, tanpa saya sadari, jadi 'kurang saya'. Ke mana saya di tulisan-tulisan saya sendiri?
Ramadhan tiba, masa perenungan dimulai, termasuk untuk blog saya. Hal-hal yang membuat saya merasa 'kurang saya' saya urai satu per satu. Bukan berarti target saya sebelumnya tidak penting. Penting, dong. Trafik, ranking, jumlah tulisan, jumlah komentar, followers. Penting. Tanpa target ngeblog bisa jadi kurang greget. Tapi ada satu yang hilang dari ruh blog ini: kebebasan.
Saya harus kembali ke tujuan semula. Saya ngeblog karena saya butuh menuliskan isi kepala dan hati saya. Saya ngeblog bukan untuk imbalan trafik atau followers atau menang lomba atau apapun. Saya ngeblog karena saya tahu bahwa saya harus ngeblog.
Harapan saya tulisan-tulisan saya bisa berguna, menginspirasi orang lain, memberikan jawaban atas pertanyaan orang lain, memberikan jalan keluar atas permasalahan orang lain dan juga menghibur. Harapan yang tak berlebihan, kan?
Maka, yuk ngeblog yang bermanfaat biar manfaat ngeblog pun kembali ke kita.
Tulisan ini dibuat dalam rangka "BW Spesial Blogger Muslimah" #‎BloggerMuslimah ‬‪#‎GerakanMenujuSholehah


Related Posts

21 komentar

  1. *manggut-manggut. Begitu ya mbak.... Soal pengalaman ngeblog yang beberapa kali mati suri..tosss...sama. Tekad ngeblognya masih labil juga aku mb. Btw, sukses lombanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ini bukan lomba kok. Ada hadiahnya sih tp intinya biar nulis dan nulis gitu.

      Hapus
  2. Iya kalo di target, alexa rank harus sekian misalnya, ngeblognya malah kurang asik, kadang-kadang jadi galau, mending nyantai aja :)

    BalasHapus
  3. Ngeblog itu harus bikin senang :))

    BalasHapus
  4. Wah udah lama ya ngeblognya, mbak. Dulu awal-awal ngeblog punya saya isinya geje alias ga jelas. Kadang pengen ketawa juga hehehe.
    Semangat terus dan enjoy ngeblognya ya mbak.

    BalasHapus
  5. bener mba, suka bagian "Apa guna ngeblog jika tak bebas?"

    BalasHapus
  6. Saya ngeblog karena saya butuh menuliskan isi kepala dan hati saya. Saya ngeblog bukan untuk imbalan trafik atau followers atau menang lomba atau apapun <----- toss mbak :D

    BalasHapus
  7. Semakin kesini saya jadi gak rajin posting, tapi yang saya terapkan walaupun jarang posting gimana caranya kalau sekali posting itu bisa bermanfaat dan memberikan ulasan yang baik (menurut saya)...Jadi, ngeblognya lebih nyantai saja sih...memang kalau ditarget dan harus posting setiap hari supaya a, b, c meningkat malah jadinya sayanya yg kurang nyaman hehe...Semangat mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap blogger punya cara sendiri.dlm mencari kenyamanan ngeblog ya mbak.

      Hapus
  8. Ayo semangat ngeblog lagi mba... Akupun senasib, udah ngeblog dari 2004 di boleh.com tau-tau blognya kehapus bersama segala kontennya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow lama bgt ya mbak sejak zmn boleh.com.dulu sy juga pk email di boleh.

      Hapus
  9. Sama, saya ngeblognya mulai tahun 2006, Mbak tapi waktu itu buat diri sendiri saja. Kalo liat tampilan blog sudah senang saja padahal diri sendiri doang yang liat hihihi. Maaf baru BW ke postingan ini Mbak ....

    BalasHapus

Posting Komentar