Ayam Goreng Mbok Mi Ponorogo

Mau wisata kuliner Ponorogo yang bernuansa pedesaan di mana, ya? Di sini aja: Ayam Goreng Mbok Mi Ponorogo.

Lokasinya di Desa Babadan, Ponorogo. Kalau dari arah Madiun, setelah perempatan gerbang masuk Ponorogo lurus ke Selatan. Ada ancer-ancer Gudang Bulog Ngrupit di kiri jalan, masih terus. Lalu di kanan jalan ada Kantor Pos Purwosari. Nah, persis di sebelah kantor pos itu ada gang, masuk ke situ (belok kanan). Tidak perlu jalan jauh, di kiri jalan ada rumah tua ini. Inilah Warung Ayam Goreng Mbok Mi.

Bisa untuk parkir 6 mobil.

Ini di dalam banyak pengunjung tapi nggak kelihatan dari luar.

Ruangannya dibagi dua. Dalam keduanya tersedia meja-meja besar dengan bangku panjang. Cocok untuk makan bersama keluarga besar atau rame-rame dengan rekan-rekan.

Nah, kalau sudah sampai sana, pilih tempat duduk terus langsung aja ke dapur untuk pesan. Dapurnya terbuka dan jadi satu dengan ruang sebelah kiri. Menunya apa? Tentu saja ayam goreng. Ayamnya ayam kampung lengkap dengan sambal dan lalapan. Ada juga sayur tempe lombok ijo yang pedes dan sayur kacang tholo. Sebetulnya ada juga sayur terong, tapi pas ke sana sayur itu sudah habis.

Ini pesanan kami:

Penyajiannya pakai piring semua. Piringnya pun tidak seragam coraknya. Kayak makan di rumah deh. Satu porsi ayam goreng terdiri dari 6 potong termasuk kepala. Kalau kurang boleh nambah sejumlah yang diinginkan dan boleh milih mau nambah dada atau sayap atau paha.

Karena nggak tahu dan karena lapar, kami yang biasanya nggak doyan kepala jadi menghabiskannya. Belakangan pas mbayar ditanya, "Tadi habis semua?" Ooo...jadi boleh to nggak makan semuanya. Tahu gitu tadi kepalanya diganti yang lain.

Selain ayam goreng dan suasana ndesonya, yang nggak boleh dilewatkan adalah ini:

Es kunir asem!

Segeeer banget. Selain bisa minum di sana, tersedia juga kunir asem botolan 1L yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Di rumah tinggal nambahin es. Dan kami menyesal gara-gara tidak jadi ambil duluan. Jadi seharusnya pas pesan makanan juga ambil satu-dua botol kunir asem ini. Kalau nggak pasti kehabisan karena diborong pengunjung lain. Apalagi kalau ketemu rombongan besar, uh...harus rebutan! :-D

Makan di sini habis 85 ribu rupiah. Delapan potong ayam goreng, nasi putih sebakul, dua gelas es kunir asem dan dua gelas es teh serta lalapan dan sambel. Gimana, mahal atau murah? Kalau menurut saya cukupan lah.

Sudah, itu aja ceritanya. Bagi yang ngiler, boleh datang ke Warung Ayam Goreng Mbok Mi Ponorogo.Jangan lupa cicipin sayur terongnya ya, terus ceritakan di sini. :-D

Comments

  1. baca kalimat awal di postingan ini, kirain warungnya ada area outdoor-nya dengan nuansa pedesaan. rupanya karena piringnya :D

    ReplyDelete
  2. Es kunir asem...

    Jadi inget almh ibuku. Kalau beli jamu yang lewat pasti ditambah es batu deh

    Seger

    ReplyDelete
  3. Makanan favorit sy sejak kecil krn mudah didapatkan, gurih, dan renyah.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts